Kotak Pencarian

Selasa, 08 Januari 2013

[Tips] Agar Kartu Memory HP Tidak Mudah Rusak.

Untuk ponsel-ponsel terbaru yang mendukung fitur Multimedia tentunya tak lepas dari memori untuk menyimpan banyak file. Selain ponsel yang mempunyai memori internal, memori eksternal juga dibutuhkan untuk menyimpan banyak file yang ditambahkan. Berbentuk kepingan kecil yang disebut Kartu memori atau Memory Card, menjadi salah satu perangkat tambahan untuk menyimpan file didalam ponsel.

Kartu memori sangat mudah sekali rusak, entah disebabkan kesalahan pemilik hape seperti membiarkan kartu memori kotor tidak dibersihkan. Atau juga disebabkan kesalahan perangkat yang menyebabkan error pada kartu memori sehingga tidak terbaca.

Bagaimana membuat Kartu Memori Ponsel anda tidak mudah rusak, silahkan ikuti tips dibawah ini:

   1. SELALU BERSIHKAN kartu memori anda. Mungkin anda tidak menyadari bahwa kartu memori yang kecil itu mempunyai banyak kotoran dan kerak yang disebabkan oleh lamanya kartu terpasang diponsel anda.

   2. JANGAN PAKSAKAN kartu memori anda untuk menyimpan file terlalu penuh. Asumsinya, jika memori anda berkapasitas 1Gb, sisakan 100mb dan jangan ditambah dengan file lagi. Jika anda paksakan, maka kartu memori anda akan berat dibaca oleh perangkat komputer maupun ponsel anda.

   3. JANGAN JADIKAN KARTU MEMORI ANDA SEPERTI FLASHDISK, maksudnya jika anda ingin menyimpan file selain file Multimedia & Dokumen seperti Mp3, gambar, maupun Video dikartu memori, ini sangat tidak disarankan karena bisa menyebabkan kartu memori bentrok dan menjadi berat ketika diakses.

   4. JANGAN PERNAH MEMODIFIKASI FOLDER KARTU MEMORY ANDA, secara acak, jika anda membeli Kartu Memori baru, disana sudah disetting dengan folder yang telah disediakan seperti Folder Musik, Video, Pict. Jadi saran saya jangan pernah memodifikasi bahkan menghapus folder yang ada. Jika anda lakukan ini akan berakibat memory anda korup.

   5. JANGAN PERNAH MENGINSTALL APLIKASI SEMBARANGAN, baik game atau aplikasi, jika anda ingin menginstall aplikasi sebaiknya membaca dulu review aplikasi tersebut diinternet. Siapa tahu anda menginstall aplikasi percobaan dan belum disempurnakan yang juga mengakibatkan kartu memory anda bentrok dan rusak.

   6. JANGAN PERNAH MASUKKAN KARTU MEMORI DENGAN PERANGKAT YANG BISA MERUSAK KARTU MEMORI ANDA. Maksudnya, jika anda mempunyai Kartu Memory ponsel Nokia, jangan pernah mencoba untuk memasukkan kartu memory-nya keperangkat lain seperti ponsel-ponsel merek china, begitu juga sebaliknya. Pengalaman saya tiga kali pernah menemukan kejadian kartu memori teman saya rusak karena gonta-ganti memasang memori diponsel lain.

4 komentar:

  1. satu lagi bro,
    belilah card reader yang bagus,
    kalo g bagus
    data anda bakal korup kayak saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah serius tuh bang...
      ane kebetulan mw beli card reader? yg bagus itu biasanya yg berapaan?

      Hapus
  2. oke, dicoba ya caranya :)
    makasih infonya! :)

    BalasHapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.