Kotak Pencarian

Sabtu, 15 Agustus 2015

[Android] Aplikasi dan Game untuk Melatih Kemampuan Otak

Semakin banyaknya permainan dan aplikasi yang menghibur di perangkat Android tentu tidak akan pernah membuat penggunanya bosan. Selain aktivitas bermain game biasanya diisi sebagai hiburan dan mengisi waktu senggang, ada beberapa game dan aplikasi yang berfungsi sebagai pendorong dalam membuat otak kita menjadi lebih aktif. Hal ini tentu sangat bermanfaat ketimbang menghabiskan waktu bermain game yang bersifat hiburan saja. Oleh karena itu disini gw berikan beberapa aplikasi rekomendasi untuk melatih kemampuan otak kita. Hampir semua aplikasi membutuhkan koneksi Internet untuk menggunakannya.
 



1. Duolingo 


Ingin belajar bahasa asing dengan konsep permainan game, maka Duolingo adalah jawabannya. Dengan tampilan yang menarik dan smooth, pengguna bisa mempelajari beberapa Bahasa yang tersedia dengan penggunaan user-interface yang tidak susah dipahami. Disini pengguna bisa mempelajari kata dan frasa dasar dengan fitur audio visual yang membantu kita untuk memahami materi dengan tepat. Jangan khawatir dengan kendala Bahasa, pengguna bisa mengatur bahasa aplikasi sesuai bahasa ibu masing-masing. Saat ini sudah tersedia fitur belajar Bahasa Inggris dalam Bahasa Indonesia. 

Preview Duolingo

> Membutuhkan koneksi Internet.

2. Wordament 


Ingin melatih pengetahuanmu dalam menguasai kosakata Bahasa Inggris? Game puzzle ala Scrabble buatan Microsoft ini bisa jadi pilihan. Pemain bisa berkompetensi dengan pemain lainnya melalui fitur ranking dalam mencari susunan kata yang diacak dalam waktu ditentukan. Manfaat bermain game seperti ini tentu membantu kita untuk mengembangkan pengetahuan kata baru dan juga ketelitian dalam menemukan kata yang belum pernah kita pelajari sebelumnya. 

Preview Wordament 

> Membutuhkan koneksi Internet. 

 3. Math Workout 


Meskipun tampilan game ini sangat sederhana, manfaat bermain ini sangat berguna untuk melatih kemampuan matematika dasar seperti tambah, kurang, kali dan bagi dengan waktu yang terbatas. Meski tidak mempunyai grafik yang mewah, setidaknya memainkan game yang ringan dan tak memerlukan koneksi Internet ini bisa menjadi pilihan ketika kamu mencari game yang tepat dalam melatih kemampuan matematika dasar. 

Preview Math Workout
> Tidak membutuhkan koneksi Internet. 

4. Teka Teki Saku 


Game puzzle sejuta umat besutan Touchten game developer dari Indonesia ini hadir sebagai permainan teka teki silang digital yang mempunyai elemen game sempurna dengan audio visual yang tidak membosankan ketimbang game sejenis lainnya. Pemain bisa berkompetisi dan mengumpulkan point menarik yang bisa digunakan untuk promo produk tertentu dengan mendaftarkan akun kamu dalam game ini. Setidaknya, yang membuat TTS tetap mempunyai banyak penggemar adalah bagaimana memecahkan kata yang terlihat sulit namun ternyata mudah dipecahkan. Satu lagi kelebihan dari TTS ini adanya karakter maskot yang menjadikannya terlihat interaktif dengan pemain. 

Preview Teka Teki Saku 
> Membutuhkan koneksi Internet. 

5. Duel Otak 


Ingin mengasah pengetahuanmu dengan pengguna Android lainnya dengan permainan ala kuis dengan pilihan ganda? Duel Otak merupakan salah satu game quiz online yang patut dicoba karena elemen game ini bisa dibilang tidak membuat bosan penggunanya. Pemain bisa menguji berbagai pengetahuan dari sub kategori topic yang dipilih dimana tiap pemain mempunyai enam pertanyaan yang sama untuk dijawab dengan benar, siapa yang mempunyai banyak jawaban yang benar, pemain akan memenangkan permainan dan mendapatkan peringkat yang bisa dilihat pada score board, sayangnya fitur ini hanya untuk pengguna premium. Tetapi tidak perlu khawatir, pemain bisa bermain secara simultan dengan lima pemain lainnya sehingga tidak perlu menunggu lama jawaban dari pemain lain, karena game bersifat turn-based alias bergiliran. 

Preview Dual Otak 
> Membutuhkan koneksi Internet. 

 6. Brain Wars 


Sesuai namanya, dalam permainan ini kita akan berperang menggunakan otak kita dalam menghadapi pemain lain pada permainan satu lawan satu dimana ada tiga babak yang terdiri dari berbagai puzzle yang menekankan kepada ketangkasan, ketelitian, kecepatan, dan ketepatan berbeda-beda tergantung dari jenis permainan yang terpilih. Hal yang menarik kita disini akan beradu dengan pemain dari seluruh dunia secara acak dan mempunyai liga dan divisi yang dikelompokkan sesuai kemampuan otak kita dalam permainan. Dalam satu sesi, kita mempunyai 5 kali kesempatan (dalam ikon hati) untuk bermain dan jika habis kita harus menunggu beberapa saat untuk terisi kembali. 

Dari segi visual, Brain Wars menawarkan segi permainan puzzle yang begitu menyenangkan dengan tampilan yang mudah dipahami. Pemain bisa melihat statistik kemampuan otak yang ditunjukkan dengan indicator dimana hasil diperoleh dari bagaimana kita memainkan game ini. Salah factor penting bermain game ini adalah mempunyai koneksi Internet yang stabil (direkomendasikan menggunakan wifi) ketimbang jaringan ponsel yang kadang terputus karena dalam permainan kita menghadapi lawan secara real-time. 

Preview Brain Wars 
> Membutuhkan koneksi Internet. 

Itu semua adalah aplikasi dan game yang saat ini gw masih mainkan karena sangat bermanfaat untuk membuat otak tetap aktif ketika mengisi waktu luang sambil bermain game, jika kamu punya rekomendasi silahkan untuk mendiskusikannya disini.

8 komentar:

  1. sayang ga ada aplikasi buat dapet pacar

    BalasHapus
    Balasan
    1. BBM sama Instagram ae kawa kam dapat pacar. Ikam nya ja lagi flirting sana sini.

      Hapus
  2. bro lama tak berkunjung kesini bro
    skrg bahasannya tentang android
    hehe..
    btw kabarnya gimana bro?
    kunjungan perdana ini.heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro sama-sama... lama tak berknjung, sibuk skripsi soalnya.
      Udah lulus, lagi nyari kerja nih.

      Hapus
    2. oooo sekarang lagi nyari kerja, semangat bro
      semoga dapat kerjaan yang diinginkan
      btw teka teki saku, seru juga itu.
      sampek sekarang mainnya belom tamat2.
      coba bro maen game yang nyambungin kata2 itu lmayan seru jg

      Hapus
    3. iya... kadang susah banget nyari jawabannya.. harus skip stage dulu buat ngumpulin koin buat unlock.
      nyambungin kata yang pegimana ya bro?
      sip. Semoga saya cepat bekerja secepatnya :D

      Hapus
  3. kebetulan banget nih, baru tau ada aplikasinya hehe mungkin bisa belajar B.inggris dikit-dikit.

    Btw, lo belajar B.inggrisnya kuliah,les atau autodidac bro. hebat banget bahasa inggrisnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw jurusan bahasa Inggris masbro.. jadi emang gw asah selama 5 tahun ini, hehe.. kalau mau hebat, cari teknik belajar yang sesuai masbro, dan juga jangan sampai kehilangnan motivasi. It ja kuncinya.

      Belajar jangan sedikit-sedikit, karena hasilnya gak bakalan maksimal lho.

      Hapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.