Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Selasa, 12 Februari 2013

[Internet] Apa itu Troll dan Bagaimana Menghadapinya.

Pernah kesal ketika mendapat komentar pedas bernada sinis di Facebook atau di portal internet? Tentunya orang yang melakukan tersebut bisa kita Trolling. Pelaku trolling disebut troller. Didunia maya, ada banyak sekali troller-troller bertebaran diberbagai website, sebagian troller yang bertindak anonim (tidak diketahui identitasnya), biasanya troller tidak mempunyai motivasi khusus ketika melakukan trolling, mereka hanya melakukan ini sebagai kesenangan dan bentuk ketidaksukaan mereka terhadap sesuatu. Sebagian lagi malah ada orang yang kita kenal pernah melakukan trolling dengan tujuan tertentu; bercanda atau mencari perhatian.
Ini merupakan contoh kasus trolling:

A memasang foto terbarunya di Facebook, tiba-tiba ada yang komentar. "Wah muka kamu keren banget, photoshop ya?!"

Untuk menghadapi para troller ini ada beberapa saran yang mungkin kamu pertimbangkan:

  1. Jika kamu merasa sedang ditrolling, jangan pernah menanggapi komentar mereka, biarkan saja atau kalau kamu merasa terlalu offensif, hapus saja. Semakin ditanggapi, biasanya mereka menjadi-jadi.
  2. Kenali orang yang biasa melakukan trolling; gunakan fitur block user seperti di Facebook. Atau masukan di ignore list di web dan forum, ini tindakan yang lebih sopan dan aman karena kamu gak akan membaca komentar troll di website.
  3. Pada dasarnya, trolling berbeda dengan tindakan insult; ngetroll masih bisa ditolerir karena biasanya komentar troller terkesan lucu dan kadang korbannya sedang tidak sadar sedang di troll. Insult adalah tindakan penghinaan secara terang-terangan untuk memancing emosi netter.
  4. Siapkan mental, kadangkala troller bersikap agresif jika mereka menemukan topik yg rentan memancing tindakan trolling. Jangan terlalu bertindak terbuka di forum, dan jangan menampilkan sesuatu yang membuat diri kita terlihat bodoh dan mudah dicari kekurangannya.
  5. Kenali karakteristik pengguna sebuah website, jika lebih banyak trollernya, mending tinggalkan saja. Jangan buang umur kamu membaca komentar para troller, carilah web atau forum yg diisi user yang berinternet dengan sehat meskipun kadang masih ada user yg melakukan trolling.
  6. Jangan pernah berdebat dengan para troll, mereka merupakan orang yang berpengalaman di internet, jika ingin belajar menjadi troller, jangan pernah berpikir kalau kalau trolling adalah sesuatu yang benar-benar mengasyikkan. If you troll someone, you'll be trolled by another one.
Bonus Video Trololo:

2 komentar:

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.