Kotak Pencarian

Rabu, 09 Januari 2013

[Artikel] Rencana Travelling ke Banjarmasin dalam Satu Hari

Banjarmasin sebagai kota seribu sungai yang terletak di selatan Pulau Kalimantan juga mempunyai daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun internasional. Salah satu landmark dan ikon pariwisata yang terkenal adalah Pasar Tradisional Terapungnya dan juga kuliner khas Soto Banjar. Untuk mengunjungi kota ini bisa dibilang cukup mudah baik dari akomodasi dan transportasi, jika anda berniat mengunjungi kota Banjarmasim dalam satu hari saja,  mungkin itinary yang saya bagikan disini bisa membantu.

Disarankan jika anda ingin berkunjung  ke Banjarmasin ada baiknya pada akhir pekan dengan mengambil penerbangan yang  kedatangannya pada tengah hari  sabtu. Untuk akomodasi, jika anda berencana untuk tinggal di hostel atau homestay, ada banyak pilihan tempat yang bisa diambil sekitar Jalan P. Antasari dan Pasar Sudimampir yang mana letak kedua daerah ini strategis untuk menjadi starting point ke Pasar Terapung dengan menggunakan kelotok sebagai transportasi yang harus kita pesan sebelumnya.Saya merekomendasikanuntuk mengunjungi Pasar Terapung Lok Baintan ketimbang Pasar Terapung Kuin yang sudah populer, karena feel tradisionalnya lebih terasa dan tempatmya yang jauh diluar kota Banjarmasin. Sebenarnya kita bisa menggunakan transportasi darat sebagai alternativ, tetapi agak susah untuk mendapatkannya karena tidak jamak, selain itu untuk berangkat ke Pasar Terapung kita harus bangun lebih pagi untuk mulai berangkat.

Selanjutnya dibawah ini jadwal kegiatan dan estimasi waktu di Banjarmasin dengan waktu tiba pada hari sabtu tengah hari dan berangkat balik pada hari minggu malam.

SABTU

01.00 Wita

Tiba di bandara Syamsuddin Noor, Landasan Ulin Banjarmasin, cari angkot warna hijau putih (orang Banjarmasin bilang angkot itu taksi :D ) Tarif 10rb, berdoa supaya angkotnya gak ngetem. Nantinya kita akan turun di terminal KM6 setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam, disana mungkin anda sudah menentukan tempat dimana nantinya anda akan menginap ke Banjarmasin, bisa pake taksi (angkot) kuning atau ojek menuju Terminal Sentra Antasari dengan tariff 3rb.

04.00 Wita

Tiba ditempat tujuan (hotel/penginapan) Untuk sore hari bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan ke pusat kota atau Masjid Sabilal Muhtadin dan juga Siring Sungai Martapura, tempat nongkrong anak-anak muda Banjarmasin. Jika memungkinkan kamu bisa pergi ke Jembatan Barito (mesti tidak direkomendasikan) dengan menggunakan jasa ojek dengan perkiraan biaya 25rb sekali jalan. Tempatnya bagus untuk mengambil foto ketika matahari tenggelam. 

Siring Banjarmasin Sungai Martapura


Jika kamu stay ditempat kamu menginap sore harinya, jangan lupa untuk membooking Kelotok (Perahu) ke Pasar Terapung besok paginya. Untuk memperoleh nomor kontak kelotok dengan harga terjangkau *sekitar 150 rb - 250rb, kamu bisa pm saya ya :).


06.00 wita

Balik ketempat penginapan.

07.00 Wita

Makan malam dengan menyantap hidangan khas Kalsel seperti Lontong Orari, Ketupat Kandangan, atau Soto Banjar. Ada banyak tempat terkenal di Banjarmasin yang bisa anda pilih. Sekedar promosi, Ibu saya mempunyai warung makan di sekitar Jl. Kol Sugiono, sekitar 200 meter dari Masid Sabilal Muhtadin, silahkan mampir berkunjung ya. 

Warung Pondok Makan Qori


Setelah makan malem, kamu bisa ajakin anak-anak traveller Banjarmasin buat nongkrong dan hang-out bareng disekitar siring atau lainnya, ada beberapa komunitas traveling disini, seperi Banjarmasin Traveler, Banjarmasin Backpacker, dan lain-lain. 

Soto Banjar


10.00 wita

Pulang ketempat penginapan, untuk istirahat. Disarankan tidur lebih awal jika anda berencana ke Pasar Terapung beso, soalnya sekitar jam 05.30 pagi anda sudah harus berangkat dari Banjarmasin ke Pasar Terapung Lok Baintan karena memakan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai kesana. Satu hal lagi, untuk meeting point dengan kelotok, kamu bisa bilang di sekitar pasar Sudimampir atau depan hotel Swiss Hotel Borneo, sekitar 100 meter dari Terminal Sentra Antasari.

MINGGU

05.00 wita

Bangun pagi, shalat subuh, dan mempersiapkan keperluan buat jalan. Jika suka fotografi, jangan lupa bawa kamera anda. Disarankan pake baju hangat atau jaket, soalnya pagi-pagi udaranya agak menusuk tulang, selain itu bawalah snack untuk menemani anda dalam perjalanan untuk mengisi perut anda.

05.30 wita

Mulai berangkat dari Banjarmasin, jangan sampai telat atau kesiangan. Silahkan telpon pengemudi kelotok yang sudah anda booking sebelumnya untuk memastikan dimana starting-point dan juga memastikan anda tidak salah naik kelotok ;P

Depan Hotel Swiss-Bell Banjarmasin


07.00 wita

Di Pasar Terapung Lok Baintan, anda bisa mengambil foto aktivitas pedagang, selain itu anda juga bisa membeli beberapa kue, buah, dan sarapan yang ditawarkan. Sembari kelotok berkeliling sekitar Pasar, mungkin anda bisa menikmati sarapan disana. Anda bisa meminta turun kedarat jika anda ingin mengambil foto dari sudut Jembatan yang ada disana.

Jembatan Lok Baintan
Pemandangan Lok Baintan


07.30 wita

Kembali ke Banjarmasin dari Pasar Terapung

09.00 wita

Untuk kembali anda bisa meminta pengemudi kelotok untuk menurunkan anda ketempat yang sama, minta turunkan saja di belakang Pasar Sudimampir yang terletak berseberangan dengan Swiss Hotel Borneo. Disekitar pasar, anda bisa mencari ojek, rencana selanjutnya anda bisa kembali ke hotel/penginapan untuk check-in dan juga mungkin tertarik membeli oleh-oleh. Jika penerbangan balik anda sekitar malam hari, maka anda punya cukup waktu untuk ke tempat Pendulangan Tradisional Cempaka di Banjarbaru nantinya.

10.00 wita

Kembali ke hotel dan check-out, jika anda tertarik membeli oleh-oleh seperti Kue Khas Banjarmasin Disekitar Jalan D.I Pandjaitan dan adapun jika anda tertarik membeli Kain Khas Sasirangan di Banjarmasin, anda bisa mengunjungi daerah Kampung Sasirangan disekitar Kampung Melayu yang tidak jauh dari Jalan D.I Pandjaitanl.

11.00 wita

Berangkat ke terminal Sentra Antasari menuju Terminal KM6.

12.00 wita

Di terminal KM6, jika anda ingin mengunjungi Pendulangan, anda bisa mengambil angkutan antar kota L300 dari Terminal Menuju Martapura dengan estimasi 10rb sekali berangkat, nantinya anda akan melewati bandara Syamsudin Noor, perjalanan akan memakan waktu satu setengah jam. Beritahu supir untuk menurunkan kamu di sekitar Tugu Simpang Lima, Banjarbaru.

01.30 wita

Tiba di perbatasan kota Banjarbaru Martapura, disekitar tugu, tanyakan pada orang sekitar bagaimana cara menuju pendulangan intan, nantinya anda akan diminta naik ke mobil angkutan desa dengan estimasi biaya 5ribu rupiah sekali jalan. Untuk selanjutnya beritahu supir untuk menurunkan anda di sekitar pendulangan, kira-kira perjalanan memakan waktu setengah jam.

02.00 wita

Sekitar sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengambil aktivitas penambangan, hal yang menarik bisa diambil adalah cara tradisional penambang untuk memperoleh intan.

02.30 wita

Kembali ke bundaran dan jika anda ingin langsung berangkat kembali ke bandara, anda bisa ambil angkutan kota l300 atau angkot berwarna hijau yang menuju arah bandara.

04.30

Tiba didepan gerbang bandara, anda bisa berjalan kaki atau menggunakan ojek untuk masuk ke kompleks bandara, biasanya jika anda menggunakan l300 anda bisa meminta supir untuk memasuki bandara dengan ongkos tambahan.

05.30

Tiba di Bandara

Baiklah, ini dulu sekian untuk itinary satu hari perjalanan di Banjarmasin, untuk nantinya akan saya update jika ada perubahan. Silahkan tinggalkan komentar anda jika ada yang ingin ditanyakan.

2 komentar:

  1. Sip bro
    Kalo Berkenan Share donk Itenery Loe Di toraja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gak ada.. nanti gw bikin dah.

      Hapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.