Ads

Kotak Pencarian

Ads

Selasa, 15 November 2016

[Android] Review dan Pengalaman Menggunakan Spotify Premium

Saat ini, membeli cd musik hampir punah dengan adanya koneksi IInternet. Jika dulu orang harus mendownload musik terlebih dahulu (entah itu musik legal seperti membeli dari iTunes) atau download illegal yang mana harus susah susah mengcopy kedalam perangkat penyimpanan yang banyak memakan ruang memory. Berterima kasihlah kepada ISP dan layanan data dengan koneksi cepat, semua orang bisa melakukan streaming audio dan video dengan menggunakan berbagai aplikasi layanan streaming gratisan (seperti soundcloud) ataupun yang berbayar seperti Spotify.


Kali ini gw mau membagi review impresi gw menggunakan Spotify premium selama 3 bulan yang bakal expired, hehe. Spotify adalah website dan aplikasi streaming gratisan (dengan fitur terbatas) dimana pengguna bisa stream artis favorit mereka menggunakan koneksi Internet tanpa batas, asalkan ada koneksi Internet stabil seperti jaringan Wi-fi, jangan coba coba stream dengan quota terbatas bisa bisa jebol tuh quota habis dipake stream terus.

Perbedaan mendasar antara fitur free dan berbayar terletak pada iklan yang muncul tiap 3 sampe 5 lagu yang diputar dan lagu terputar secara acak jika menggunakan akun gratisan, selain itu fitur offline download dimana kita bisa mendownload lagu tanpa harus ngabisin quota ketika berada diluar jaringan merupakan fitur andalan kenapa harus coba premium. Senang denger audio dengan qualitas tinggi, fitur premium memungkinkan kita untuk memutar lagu dengan qualitas audio yang jernih, memang tidak ada perbedaan terlalu banyak antara qualitas audio biasa dan tinggi jika kita memutarnya diperangkat personal seperti ponsel, mungkin jika kamu mempunyai speaker dengan banyak channel, qualitas audio tinggi akan sangat terasa perbedaannya.

Sedikit informasi apakah Spotify ini merupakan situs mp3 bajakan sejenus Stafretband dan situs audio bajakan lainnya yang hanya menguntungkan pemilik website? Spotify merupakan layanan streaming legal dimana keuntungan royalti pembayaran antara penyedia layanan dan artist / musisi dibagi dengan pendapatan per-streaming yang keuntungannya diambil dari iklan atau pembayaran premium dari pendenarnya. Teknik inilah yang akan merubah anggapan kenapa orang gak perlu lagi beli musik di Internet.

Dari segi library musik, Spotify mempunyai katalog musik yang besar dari berbagai genre, khususnya western. Dari artist Indonesia sendiri juga bisa distreaming diwebsite ini meskipun ada beberapa musisi Indie yang tidak memasarkan musiknya disini karena tidak seperti Youtube dimana semua orang bebas mengupload karyanya. Agar masuk kedalam library Spotify, kita harus mendaftarkan karya kita kedalam website layanan aggregator dan jaringan label dengan biaya 9 dollar untuk single dan 30$ untuk 1 album. Kenapa harus membayar, kebijakan ini untuk menghalangi pembajakan karya seorang artis. Ya sederhananya, untuk membajak sebuah lagu kamu harus bayar dulu, siapa yang mau?

Akun Premium Desktop
Bagi gw, Spotify hampir menggantikan cara gw mendengarkan musik di Internet. Gw tidak lagi harus capek capek mendownload dari berbagai website untuk mendengarkan musik yang gw suka dan koleksi. Cukup cari nama artistnya dan streaming langsung. Jika suka langsun cari .zip di Internet dan gw koleksi, pengen sih beli cd langsung dari artistnya tapi susah banget caranya karena mainnya dollar dan nunggu beberapa bulan baru sampe. Alasan gw beli karena pengen gw jadikan kenang kenangan sih.

Selain library yang besar, bagi kamu yang senang cari rekomendasi musik sesuai genre, mood dan juga musik yang kamu dengarkan. Layanan ini akan memberikan kamu banyak pilihan untuk menemukan artis dan musik baru untuk coba didengar. Layanan pengguna untuk membuat playlist sendiri sangat berguna bagi gw untuk membuat mixtape kumpulan musik yang gw demen tanpa harus khawatir hilang atau terhapus seperti di Youtube.

Overall, Spotify layak kamu coba. Gw pribadi mungkin hanya stick pada aplikasi ini meskipun akun gw jadi free lagi. Atleast, app ini merupakan major service yang mungkin akan tetap bertahan dengan banyaknya bermunculan aplikasi sejenis.

Link App : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.spotify.music&hl=in
My Mixtape :


RELATED POST

  • [Android] Cara Merekam Suara Jernih dengan Smart Audio Recorder [Link]
  • [Artikel] Review HP Android Asus Zenfone 5 [Link]
  • [Internet] Mendengarkan Radio Online Gratis dengan AIMP2 [Link]
  • [Project] Seventhouses; Album House Music Terbaru 2014 [Link]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.