Kotak Pencarian

Rabu, 09 November 2016

[Artikel] Mengenal Tipe dan Bentuk Video Lets Play Youtube


Sebagai website social media dengan platform video, Youtube menyediakan berbagai kesempatan bagi siapa saja yang ingin nampang dan eksis atau sekedar mengupload proyek karya sekolah dan video pribadi dengan kualitas seadanya. Meskipun ada juga yang membuat video dengan biaya yang tidak sedikit dan dilakukan dengan tim profesional, dengan Youtube siapa saja berkesempatan untuk menghasilkan sepotong ketenaran semu atau penghasilan yang lumayan menguntungkan.

Saat ini bagi kalangan remaja dan pemuda sangat menggemari membuat dan menonton video Lets Play yang secara sederhana gw definisikan dimana jika kamu pernah menjadi anak rental ps dan gak punya duit buat main, akan ada seseorang yang memainkannya dan kamu menikmati permainan orang tersebut. Biasanya game yang dimainkan sejenis petualangan, rpg, atau game aksi. Bedanya, sekarang dengan Youtube siapa saja bisa mengakses videonya setiap saat dan tak perlu susah susah kerental ps.

Video Lets Play sendiri mempunyai kalangan penggemar tersendiri. Ada dua jenis video Lets Play yang paling umum. Pertama tipe game Walkthrough, dimana pemain bermain mulai dari awal permainan hingga tamat dengan membagi sesi permainannya menjadi sebuah seri. Tipe seperti ini biasanya ditujukan bagi orang yang ingin mendapatkan informasi jalan keluar jika progress permainannya stuck. Tapi ada juga yang memang menonton video seperti ini karena daripada kita sendiri menghabiskan waktu bermain jelek dan buang buang waktu mending lihat orang saja yang mainkan.

Tipe kedua adalah tipikal video yang bersifat relatif pendek baik dari gameplay yang dimainkan atau juga durasi permainan yang biasanya dibuat dalam satu video. Game game unik, puzzle, horror dan indie merupakan game yang dimainkan dengan pemain yang menggunakan “gimmick” dan “persona”. Biasanya sang pemain tidak terlalu memfokuskan kepada menyelesaikan gamenya, melainkan untuk menarik perhatian penontonnya dengan tingkah laku yang serinkali dibuat buat seperti sumpah serapah yang gak terlalu perlu tetapi audiens menganggap itu lucu, kaget kagetan (kaget yang dibuat buat dan setingan, biasanya main game horror), atau pake drama dan efek berlebihan yang bermunculan sepanjang video. Pembuat video seperti ini biasanya menyasar kepenonton remaja, karena 3 ciri yang gw sebutkan tadi sepertinya cocok. 

Gw sendiri juga ikut ikutan membuat video Lets Play dengan konsep Walkthrough seperti game Sim City 4 yang akhirnya gw paham memainkannya dan membagikannya ke Youtube. Ada juga sih konsep video lain seperti First Try dimana gw mencoba dan mereview game game Android dari developer game Indonesia. Terakhir, gw memadukan Lets Play dengan konsep podcasting dimana gw bermain game Moba seperti League of Legends sambil ngobrolin berbagai topik yang gw suka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.