Kotak Pencarian

Kamis, 12 September 2013

[Internet] Mendengarkan Radio Online Gratis dengan AIMP2

Sebelumnya saya akan memperkenalkan software pemutar audio yang berhubungan dengan postingan kali ini; AIMP2. Sebuah software audio player yang ringan dan sangat efisien untuk memainkan file audio dibanding software sejenis seperti Winamp yang agak "berat" . Software ini saya rekomendasikan buat anda para penikmat musik di Komputer yang ingin mendengar kualitas file audio sesungguhnya, suer deh.


Kalau ingin tau lebih lanjut tentang kemampuan hebat software AIMP , anda bisa liat review summary-nya di Kaskus (klik disini), saya sendiri beralih ke software AIMP untuk mendengarkan file-file audio dengan berbagai pertimbangan.

"Loading yang ringan dan cepat, fitur pencarian cepat, dan lebih efisien menjadi alasan saya untuk menggunakan AIMP, selain itu AIMP juga bisa digunakan untuk memutar audio streaming atau istilah mudahnya "mendengarkan radio online"

"Loading yang ringan dan cepat, fitur pencarian cepat, dan lebih efisien menjadi alasan saya untuk menggunakan AIMP, selain itu AIMP juga bisa digunakan untuk memutar audio streaming atau istilah mudahnya "mendengarkan radio online"

             

Baiklah kita mulai saja tutorial bagaimana mendengarkan radio online lewat AIMP, yang anda perlukan adalah:

1.Koneksi Internet dengan kecepatan kira-kira 230 kbps keatas. Alhamdulillah dirumah saya sudah ada koneksi internet menggunakan modem CDMA Starone dengan kecepatan 230 kbps yang saya gunakan untuk tutorial ini dan berhasil digunakan. Jika anda berada diwarnet tentu kecepatan yang ada cukup untuk memutar buffer siaran radionya.
2.Sofware AIMP , Unduh installernya disini http://www.aimp.ru/index.php?do=download , kira-kira dibawah 10 mb saja.
3.Ikuti langkah yang saya berikan.

"Setelah software AIMP ter- instal jalankan AIMP, dan pastikan koneksi internet anda terhubung!"

-Dimenu navigasi AIMP, Klik "Online Radio Browser"

          

-Dimenu: Online Radio, pilih tipe koneksi "Shoutcast" atau "Icecast", pilih terserah anda. Lalu klik "Refresh"

         

-Tunggu prosessing untuk mengunduh database server radio online, setelah selesai akan bermunculan list yang dipilih sesuai genre yang anda tentukan.

         

- Disudut kiri, ada opsi untuk memilih genre radio yang akan kita dengarkan. Mulai dari aliran musik, talkshow, sampai radio antar Negara, coba pilih kanal Indonesia. Setelah itu AIMP akan memproses database server lagi.

           

- Setelah itu, anda tinggal pilih stasiun radio mana yang akan anda mainkan, setelah itu klik 'Play selected" untuk memainkan radio online-nya.

Perlu diperhatikan, dalam opsi pemilihan stasion radio, sortir stasiun yang bitrate 24-52 kbps untuk koneksi Internet standar seperti punya saya. Jika kecepatan koneksi anda cepat, pilih saja bitrate yang tinggi dari itu. Bitrate sendiri adalah kualitas suara yang di-buffer oleh AIMP, semakin tinggi berarti semakin bagus kualitas audionya.

Oh, iya. Perbedaan mendengar radio online ketimbang dengan radio biasa tentu ada kelebihannya. Radio online punya kelebihan yaitu kemampuan mengenali track lagu dan acara yang sedang berlangsung serta mengetahui jumlah pendengar radio tersebut

-Setelah anda memilih stasiun Radio, anda tinggal meng-klik play untuk memainkannya, tenang saja, buffernya tidak terlalu lama kok.

           

Terakhir, jika suara radio-nya muncul, selamat. Anda berhasil mendengarkan radio online.
Tambahan: Silahkan anda mengeksplorasi sendiri kemampuan pemutar radio AIMP ini, karena mungkin ada beberapa masalah yang bisa muncul yang mungkin anda bisa perbaiki sendiri, selamat mencoba.

Posted on: Rabu, 14 April 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.