Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Kamis, 24 November 2016

[Gaming] Paladins; FPS Alternative Overwatch Murah Meriah (PC)

Ide menggabungkan game online first person shooter 5 lawan 5 online dengan dengan appeal karakter dan tema menarik sudah banyak dibuat. Namun hype dan gampelay yang menarik seperti Overwatch menjadikan gamer penasaran untuk mencoba, namun untuk ukuran game Fps yang seharusnya gratis melihat price tag harga untuk bermain game ini harus mikir mikir dulu sebelumnya karena harga lisensinya yang harus merogoh kocek setengah juta untuk bisa bermain. 

Gw sendiri kurang tertarik untuk ikut ikutan jatuh kedalam meme untuk memainkan game terbaru dan bergabung dalam hype train. Memang untuk sekelas game premium, Overwatch memang worth money karena setiap aspek dari game ini bisa dibilang menjadikan pemainnya masuk kedalam elite dan hardcore gamer status. 

Tentu setiap kesuksesan sebuah game yang pernah dirilis mempunyai pengekor yang mencoba mengambil jalur yang sama, contoh saja kebanyakan game Android yang hampir originalitas merupakan elemen yang langka ketika gw mau menginstall sebuah game. Untuk PC tidak banyak yang gw mainkan kecuali memang worth to try dan menghabiskan waktu mengisi waktu luang.

OVERVIEW

Basic Gameplay
Paladin merupakan jawaban dari kesuksesan Overwatch dengan memberikan alternatif yang kurang lebih sama dengan perbedaan mencolok. Overwatch merupakan premium Online game yang bisa sukses meski pemain harus bayar, sedangkan Paladins menggratiskan pemain namun menyediakan pay-for-fast-winning option seperti membeli item dan starter pack.

Paladins merupakan game 5v5 online dengan setting abad pertengahan dengan tiap karakter yang disebut champion mempunyai persenjataan futuristik atau magic. Tiap karakter mempunyai spell dan set skill masing masing yang bisa dipilh sesuai role mirip dengan gameplay MOBA ala DOTA dan League Of Legends. Bedanya disini, kita harus saling menembak sambil menunggangi kuda dan bermain cepat dengan mengandalkan akurasi dan kecepatan mata dalam membidik musuh.


GAMEPLAY

Dalam Paladins, ada dua tipe permainan yang dipilih yaitu Siege dan Payload Mode. Baik keduanya mempunyai misi yang kurang lebih dimana pemain harus bekerja sama dalam 1 team untuk merebut kereta muatan yang disebut Payload dan mengantarnya ketempat tujuan untuk mendapatkan 1 poin dari 4 poin yang harus diraih untuk menang. Tentunya sebagai team lawan harus menghalang-halangi Payload agar tidak sampai ketujuan, jika berhasil team lawan akan menyeimbangi poin. Untuk Arena sendiri akan dipilih secara acak yang terdiri lebih dari 5 arena berbeda. 

Mode Gameplay



In-Game Screenshoot

Ada 4 jenis role dipilih dari tiap champion seperti Damage (Bagi yang menyukai critical hit dan menyerang dilini depan) , Support (yang biasanya menemani Champion lain untuk memberikan heal atau memperkuat senjata), Flank (Bagi yang suka bermain sendiri dan menyerang sembunyi-sembunyi), dan terakhir penentu kemenangan Frontline / Tank (yang bertugas melindungi Payload dan Siege dilini depan). 



Seperti yang gw sebutkan sebelumnya, tiap karakter mempunyai 3 spell yang mempunyai keunikan tersendiri dan 1 ulti utama yang menonjolkan kekuatan utama dari karakter. Setiap karakter mempunyai jenis persenjataan sendiri yang tidak bisa diganti. Namun bisa diperkuat dengan mengatur set of skill card yang didapat setiap kali naik level. Selain itu tiap sesi awal dan babak permainan, pemain bisa membeli “Item” layaknya game moba kebanyakan.




GRAPHIC & AUDIO

Untuk sebuah game rilisan 2016, Paladins sangat lancar dijalankan dengan dualcore processor, 4gb ram, Vga card standar 1gb yang gw punya dengan graphic yang sesuai standar game FPS saat ini. Dari segi audio design dan musik juga tidak mengecewakan. Hal yang agak janggal pemain bisa membeli voice pack yang menurut gw tidak terlalu diperlukan. 


Dari segi setting dan karakter design Paladins mempunyai set karakter yang tematikal sesuai role champion masing-masing, ada yang menyebut bahwa sebagian karakter digame ini merupakan rip-off dari karakter game Overwatch bahkan juga mempunyai set skill dan spell yang mirip. Tapi karena gw gak pernah main Overwatch, ya bukan masalah. 

CONTROL

Sebelumnya gw mengira memainkan game FPS ala Moba ini akn menyita banyak waktu untuk dipahami. Well, anggapan gw salah game ini sangat gampang dikuasai hanya dalam 10 menit, cukup masuk ke mode tutorial dan ikuti instruksinya. Maka kamu akab siap bertempur melawan musuh berupa Bot. Yang perlu kamu perhatikan tentunya karakter champion yang digunakan. Pahami dulu betul-betul sebelum benar benar menguasainya. Kamu bisa latihan di mode Training dengan bermain bersama online player melawan bot dengan level yang cukup menantang.

Loss

FUN

Paladins sukses mengambil perhatian gw dengan elemen game yang bisa dibilang seimbang. Layaknya game online lainnya, kita bisa leveling akun kita dan mendapatkan reward seperti gold untuk membeli champ (sebagian champ harus dibeli), skin atau sekedar voice pack. Selain itu kita juga mendapatkan chest loot yang berisi set kartu skill dan item lainnya untuk digunakan memperkuat champion yang kita punya.


Bermain Paladins tidak terlalu banyak memakan waktu dengan estimasi satu sesi hanya memakan 20 menit dan hal inilah yang gw suka dari bermain game online meskipun sistem leveling memerlukan banyak waktu untuk mencapai level tertinggi, atleast bermain FPS memerlukan skill dan strategi dan juga teamwork yang susah gw dapatkan ketika bermain melawan pemain online karena diambil dari sistem acak, kadang teman satu team hanya sekedar menembak kesana kemari tanpa benar benar memahami konsep fps yang memerlukan strategi dan pemahaman role karakter. 


CREATIVITY

Gw pernah liat video perbandingan antara Overwatch dan Paladins yang terlalu banyak kesamaan. Game ini bisa dibilang tidak terlalu kreatif amat tetapi memberikan satu fanbase alternative penggember FPS conceptual, begitulah gw sebut istilah untuk game seperti ini. Overall, jika kamu tidak punya banyak uang buat beli game sejenis. Paladins bisa jadi pilihan.


RATING : 8/10
REPLAYABLE : YES

NOTE :

Saat gw menulis review ini, Paladins masih dalam tahap beta dan terus memperbaiki sistem gameplay dan champion agar seimbang. Game ini bisa diunduh dengan menggunakan akun steam. Dari server permainan sendiri, tak perlu khwatir lag dan auto dc karena sudah mempunyai dedicated server bagi pemain Asia Tenggara.


My fave.
Favorite Champ gw; Kinessa sama Viktor, untuk pemula coba aja kedua champion ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.