Kotak Pencarian

Kamis, 30 Mei 2024

Blogging di Tahun 2024

Blogging di tahun 2024 bagaikan membuka lemari yang tertutup debu, blog pribadi ini lama terbengkalai karena hampir semua penyakit blogger, tidak ada perasaan tertantang lagi menulis untuk Internet yang pembacanya hampir tidak ada lagi kecuali orang yang menemukan artikel tertentu di blog. 

Dulu saya ingin sekali mendapatkan uang melalui media blog, ibarat seperti majalah bulanan yang di isi artikel kesempatan mendapatkan uang melalui iklan yang diakses pembaca seperti upah yang di bayar melalui hobi. Di awal tahun 2010-an, blogging masih mendominasi media, semua berubah seketika saat smartphone menjadi alat komunikasi massal. 

Internet menjadi semakin cepat, sosial media berubah menjadi platform sharing audio visual ketimbang literasi digital, otomatis peran blogger tidak terlalu di perlukan kecuali bergabung menjadi kontributor aggregator situs berita atau menulis di platform blogging umum. 

Untuk seorang hobbyist seperti saya, blogging udah menjadi gudang kuburan digital yang tidak seorang pun tidak perduli dengan keadaannya kecuali pemilik sendiri, tapi tidak masalah juga sih karena kalau di pikir sebagian pemikiran sampah dan pengalaman yang medioker tersimpan rapi di blog ini. 

Sebagian tulisan yang di posting berasa malu sendiri buat di baca tapi kata seorang teman internet saya pernah bilang, kalau bagian dari growing up itu bisa membuat refleksi dari apa yang udah kita buat dulu. Well, saatnya saya men-setting beberapa post yang sebenarnya gak perlu di blog ini.