Kotak Pencarian

Jumat, 07 Desember 2012

[Pendapat] Tradisi Download Mendownload File Gratisan Mungkihkah Dilegalkan?

Seperti yang kita ketahui, sekarang banyak sekali file-file hosting gratisan dan berbayar di jagat Internet. Untuk mendownload apapun, banyak yang memanfaatkan situs hosting gratisan sebagai tempat membagikan aplikasi / software atau file multimedia yang rata-rata bajakan (cracked).








Meskipun dianggap sebagai pelanggaran secara hukum, yang jelas tradisi download mendownload file ilegal sekarang menjadi "rahasia umum" bahwa tindakan ini bukanlah sesuatu yang terlalu merugikan dan jahat bagi pelakunya. Dikarenakan mahalnya aplikasi dan file original yang masih dijual atau dikarenakan malasnya mereka untuk membeli secara langsung, dan selama file-file hosting tidak memfilter file didalam database mereka. Tradisi download- mendownload bisa terus akan ada dan dianggap legal oleh sebagian yang menginginkan kebebasan untuk membagikan.

Bagi pihak yang merasa filennya dibajak, menganggap hal ini pastinya merugikan mereka karena mereka tidak mendapatkan apapun dari produk mereka. Tetapi bagi yang membajak* yg dimaksudkan disini adalah mereka jika tidak mengkomersilkan file tersebut seperti dijual, tentu mereka berpikiran selama itu bisa dibagikan secara ramai kepada khalayak tanpa mengambil keuntungan apapun, tindakan seperti diatas malah banyak didukung oleh para pendownload.

Lalu bagaimana solusi untuk tradisi ini?

Banyak sekarang perusahaan aplikasi/software atau industri hiburan yang menyediakan tempat hosting untuk mendownload "gratis" semua file di website mereka, meskipun diembeli dengan "bayar" untuk mendapatkan versi penuhnya, solusi ini tidak juga membuat penyebaran file bajakan berkurang, malah bertambah banyak karena orang bisa saja mendownload file original di situs resminya, lalu mencari crack untuk membobol full versi dari aplikasi tersebut.

Konotasi download sekarang berdampingan dengan kata "gratis", setiap orang sekarang menyenangi kata download gratisan. Adapun yang bisa menjadi solusi dari tradisi ini menurut saya pribadi ya harus dilegalkan saja. Karena percuma melarang orang download, karena melalui download tersebut kita bisa mendapatkan file "bajakan" dengan mudah. Kecuali anda membelinya secara legal disitus resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.