Kotak Pencarian

Minggu, 12 Februari 2012

[Internet] Belajar Synthesizer Dasar Online di Internet

 Jika kamu familiar dengan bunyi-bunyian buatan dalam berbagai industri seperti industri musik dan perfilman maka perangkat yang digunakan salah satunya adalah Synthesizer. Melalui perangkat synthesizer, kita bisa membuat efek suara yang bisa kita setting sendiri. Secara singkat synthesizer didefinisikan oleh wikipedia sebagai berikut:





A sound synthesizer (often abbreviated as "synthesizer" or "synth") is an electronic instrument capable of producing a wide range of sounds, which may either imitate other instruments ("imitative synthesis") or generate new timbres. It is played (controlled) via several input devices or music sequencers, generate electric signals (waveforms), and finally sounded through the loudspeakers or set of headphones.
Ada banyak sekalia varian perangkat synthesizer,secara garis besar synthesizer terbagia menjadi dua. Softsynth (Software Emulasi dari Hardsynth) dan Hardsynth.(Perangkat Keras). Di tulisan ini, saya akan memberi sedikit informasi tentang bagaimana belajar synthesizer di Internet. Tentunya, karena ini berhubungan dengan software, maka pembahasan terpaku pada softsynth.

Kamu hanya tinggal mengunjungi website ini "http://www.angryoctopus.co.nz/?cat=4" untuk memulai, pilih synthesizer dasar dan mulailah mengutak-atik fungsi setiap tombol dan knobnya. Saya rekomendasikan Webotron FM atau Webotribe untuk memulai belajar, soalnya kedua synth ini juga mempunyai versi hardsynthnya juga loh.

Korg Monotribe
Korg Monotron

Nah kalau ini versi softsynthnya, lumayan untuk mencoba dulu, siapa tau tertarik beli kalau udah mahir.

Webotron http://www.angryoctopus.co.nz/synth15
Webotribe http://www.angryoctopus.co.nz/synth13
 Catatan: Untuk bisa menggunakan fitur dalam website ini, kamu harus install Java ya, http://www.java.com/en/download/index.jsp

Bonus Video: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.