Kotak Pencarian

Minggu, 11 November 2012

[Tutorial] Menggabungkan Gambar dengan Photoscape

Dalam pembuatan file foto/gambar gabungan, salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Photoscape. Penggabungan gambar bisa berguna untuk membuat foto kolase sehingga bisa jadi lebih bercerita, selain itu juga  untuk menunjukkan lebih detail sebuah objek yang ingin ditampilkan.





Pada proses penggabungan gambar, terlebih dahulu kita harus menyiapkan beberapa foto atau file gambar sebelumnya, dan juga tentukan ukuran resolusi yang mau dibuat. Untuk contoh, bisa kita lihat file gabungan gambar yang sudah jadi dibawah ini:

Foto kolase / Gabungan menggunakan Photoscape
Contoh lain...
Inilah beberapa langkah untuk membuat gabungan file gambar menjadi satu file.

1) Persiapkan file gambar dalam satu folder.

3 File foto dalam sebuah folder
 2) Buka aplikasi Photoscape, kalau belum punya silahkan download disini: http://www.photoscape.org/ps/main/download.php , klik opsi PAGE
Klik Opsi Page
 3) Kemudian ruang-lingkup kerja terbuka, disana kamu bisa memilih beberapa banyak foto yang ingin digabungkan, untuk standard biarkan tiga saja, selain itu size file perlu diperhatikan, jika ingin mempunyai file yang lebih besar, pilih 200%.

Workplace dan Ukuran File
 4) Disamping kanan, arahkan file explorer menuju folder yg sudah dibuat, dan cobalah drag (tarik) file foto itu kedalam area-kerja (workplace) satu-satu. Kamu bisa mengatur posisi yang pas dengan teknik drag foto diworkplace.
Drag foto disamping menuju workplace.
 5) Ada 3 file yang telah dimasukkan kedalam workplace.

Hasil drag
 6) Selanjutnya, jika sudah mantap mengatur posisi foto yang pas, kita bisa memilih opsi SAVE untuk langsung menyimpan file, atau opsi EDIT untuk mengedit foto. Jika menyimpan file,  tentukan difolder mana menyimpannya, dan jangan lupa dikasih naam dan tentukan type file yang ingin disimpan, pilih saja .jpeg karena kualitasnya cukup bagus.

Menyimpan File
 7) Untuk selanjutnya, tentukan kualitas foto yang ingin disimpan, semakin tinggi kualitasnya semakin memakan banyak memory. Jadi tergantung selera masing-masing. Klik OK

Menentukan kualitas file
 8) Akhirnya file pun selesai dibuat, ini lah tampilah hasilnya.

Preview
Selamat mencoba, dan silahkan kasih pertanyaan kalau bingung.

2 komentar:

  1. Saya pake photoshop aja mas,,,

    btw itu rambut gk dipotong lg?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ribet, ini versi gampangnya karena auto-generate. Foto taun jebot itu mah...

      Hapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.