Kotak Pencarian

Rabu, 07 November 2012

[Pendapat] Menulis Blog dengan Orisinalitas Copy-Paste.

Dalam dunia blogging, hasil karya tulisan kita kemungkinan banyak mempunyai topik yang sama dengan tulisan di blog orang lain, dikarenakan tema pembahasan yang sifatnya mendasar dan memfokuskan pada satu topik yang sebenarnya terlalu umum. Apakah hal ini lumrah?

Pada perkembangannya, banyak blogger pemula memulai tulisan yang mungkin terkesan copy-paste dari tulisan yang ada dikarenakan stuck pada satu topik permasalahan saja seperti tulisan tentang tutorial komputer atau pembahasan software yang berujung pada kata download gratis. Lalu bagaimana seharusnya kita sebagai blogger pemula bersikap?

Untuk menulis sesuatu yang sama, orisinalitas dari tulisan lebihlah diutamakan ketimbang mengcopy-paste ide dari tulisan yang sudah ada. Seperti menulis pembahasan software download manager, kebanyakan hanya berkutat pada review kelebihan software dan fungsionalitas doang, dan sisanya membiarkan pembaca untuk mendownload dan mencobanya sendiri, padahal tak semua orang mengerti cara menggunakan software-nya.

Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi peluang dalam mengembangkan karya tulis menjadi lebih orisinil, contohnya membuat tutorial langkah demi langkah menginstall software download manager itu, atau membanding-bandingkannya dengan aplikasi lain. Tidak hanya itu, kita juga bisa membuat tema yang terdengar sama terdengar jadi lebih menarik, contohnya bagaimana aplikasi download manager mempengaruhi netter untuk lebih rakus terhadap bandwith dan kegemaran mendownload ini menjadi sebuah syndrom download-holic atau senang download, tapi tidak menggunakan file sama sekali dan malah mendownload file yang lain lagi.

Kesimpulannya, mengembangkan ide tulisan blog terhadap topik yang sering dibahas sebenarnya sah-sah saja untuk ditulis ulang, tetapi dengan saran bahwa harus mempunyai sisi orisinalitas dalam penyajiannya agar supaya penulis blog mempunyai identitas dalam konten blognya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.