Ads

Kotak Pencarian

Ads

Senin, 13 Desember 2010

[Tutorial] Mengetik dan Mentransfer Dokumen di Ponsel Nokia Java

Salah satu kekurangan hp yang bersistem operasi Java seperti ponsel di Nokia adalah ketidakmampuan untuk memproses dokumen dan membuatnya. Hp Java kebanyakan hanya dibekali dengan fitur catatan dan agenda. Sebenarnya, kamu bias membuat dokumen di hp Java meskipun dengan fitur seadanya; yaitu kemampuan untuk mengetik yang dibatasi dengan 3000 karakter saja. Tetapi masih bisa diakali dengan membuat catatan baru jika kemungkinan isi tulisan panjang. 



Cara  ini baik untuk pengguna hp Qwerty yang mungkin tidak membawa laptop atau tidak punya sama sekali untuk melakukan pengetikan dimana saja. Bagi blogger ataupun orang yang tidak pernah kehabisan ide untuk menulis, ini cara alternative untuk membuat tulisan dengan memanfaatkan gadget yang ada.

Dongle Bluetooth
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Di ponsel Java;biasanya Nokia, buka fitur AGENDA dan kemudian pilih opsi CATATAN. Ya, dengan catatan kita membuat tulisan.
  2. Silahkan ketik tulisan anda, biasanya dibatasi hampir 3000 karakter. Disarankan dengan tombol Qwerty agar menghemat waktu.
  3. Selesai mengetik, simpan catatan.
  4. Selanjutnya, nyalakan computer anda, untuk transfer hasil catatan dibutuhkan perangkat BLUETOOTH DONGLE; anda bisa membelinya ditoko computer dengan harga berkisar 10 sampai 15 ribu saja.
  5. Dimenu CATATAN, pilih opsi PILIHAN dan arahkan keopsi KIRIM CATATAN; disana ada dua opsi lagi; yaitu: KIRIM SEBAGAI PESAN dan VIA BLUETOOTH, pilih opsi yang kedua.
  6. Colok Bluetooth Dongle di pc, akan muncul icon BLUETOOTH di Tray Bar, arahkan cursor disana, klik kanan, pilih opsi RECEIVE FILE.
  7. Kirimkan hasil ketikan anda diponsel dengan opsi VIA BLUETOOTH
  8. Di layar pc, aka nada proses transfer file. Jika selesai, file biasanya terletak di My Document, format file .txt , anda bisa merubahnya menjadi .doc atau .rtf dengan software seperti Microsoft Word atau Wordpad.
  9. Selamat mencoba.

2 komentar:

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.