Kotak Pencarian

Rabu, 01 Desember 2010

[Monthly Note] Calon Guru

Menjadi guru adalah salah satu cita-cita yang paling mulia menurut gue, tapi gue tidak berniat untuk menjadi guru.Gue mendefinisikan Guru sebagai alat pendidikan dan peradaban dalam membentuk cara berpikir dan belajar anak didiknya. Guru juga dianggap pahlawan tanpa tanda jasa menurut sebagian orang, namun gue menganggap guru justru bukanlah pahlawan, mereka adalah para pencipta pahlawan.


Ketika gue lulus dari pesantren dan ingin melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi bernamakan perkuliahan. Gue tak berpikir panjang bahwa jurusan yang gue pilih ternyata bakal menjadikan gue seorang yang gue tak niatkan. MENJADI GURU, yeah... gue ternyata memilih jurusan PENDIDIKAN yang mencetak guru-guru baru sesuai bidang yang dipilih. Dan gue memilih jurusan pendidikan Bahasa Inggris dikarenakan gue ingin mengembangkan kemampuan berbahasa inggris gue yang gitu-gitu aja, Dijurusan Pendidikan selain diajarkan bahasa Inggris, kita diajarkan bagaimana mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa nantinya. Intinya jadi GURU BAHASA INGGRIS.

Ternyata, dengan pilihan seperti itu gue mempunyai pilihan sebagai Calon guru, tinggal gue memilih. Apakah sang calon guru ini berhasil menjadi guru ataukah menjadi guru-guruan?*lulusan sarjana pendidikan namun tak mau jadi guru.

Update: Percakapan yang seru tentang guru

muslihzarth mengatakan... 
Menurut saya tidak semua guru mereka adalah para pencipta pahlawan, namun guru yang ikhlas lah sang pencipta pahlawan, pencipta orang sukses....berapa banyak guru yang cuma nyari duitnya aja, dateng molor, nyampain ilmu gak jelas,makan gaji buta.Semoga kita selalu dalam keikhlasan, Allahumma amien...
Qori Reader mengatakan... 
@Mozlih: hmm, bagus... bertentangan pendapat dengan saya...tapi kyaknya ngeles dikit. Pahlawan ada yang dalam kebaikan, ada juga yg dalam kejahatan, Gimana :P
Muslih mengatakan... 
Sebelum anda mengatakan ada pahlawan dalam kejahatan, mari kita rujuk kembali, apa sih pengertian pahlawan? menurut wikipedia "Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran(Kamus besar Bahasa indonesia)"
Qori Reader mengatakan... 
@Muslih: oh, iya juga ya...tapi memang ada jugakan bahwa anggapan kita tentang pahlawan berbeda dengan kelompok lain. 
 misalnya: kayak kasus pemboman atas nama agama. Sebagian menganggap pahlawan, namun sebagiannya jadi itu penjahat. Nah, disini saya tarik kesimpulan bahwa dalam kejahatan pun ada pahlawannya. Meski dari sudut pandang berbeda kita mengambilnya... 
 jangan dibalas lagi ya, karena ini dari sudut pemikiran ane. Ane netral aja deh pada kasus guru itu pahlawan.

13 komentar:

  1. wah, saya dulu tidak pernah bercita-cita untuk menjadi guru, namun apa daya... sang nasib malah memilih saya untuk menjadi .... guru he he...

    BalasHapus
  2. @Jow:

    hahahaha,,,senasib... pasti masuk FIKIP?

    BalasHapus
  3. aku juga suka mengajar, ehehe
    habis nonton alangkah lucunya negriku jadi makin terpacu :D

    kita sama yeeeey :D

    BalasHapus
  4. @penghuni: salut????
    masuk gak make perjuangan sih, hehehe...

    @Ipah:
    oh, inilah contoh kemauan dari penglihatan...
    aku tunggu kabarmu, nak...

    BalasHapus
  5. jadi guru itu menyenangkan serta akan banyak hal 'ajaib' yang bisa terjadi saaat kita mengajar ... *berdasarkan pengalaman sendiri*

    BalasHapus
  6. @Shaleh:

    haha,,, yang dah jadi guru datang... guru apa om bidangnya? internet ya?

    BalasHapus
  7. Menurut saya tidak semua guru mereka adalah para pencipta pahlawan, namun guru yang ikhlas lah sang pencipta pahlawan, pencipta orang sukses....berapa banyak guru yang cuma nyari duitnya aja, dateng molor, nyampain ilmu gak jelas,makan gaji buta.

    Semoga kita selalu dalam keikhlasan, Allahumma amien...

    BalasHapus
  8. @Mozlih: hmm, bagus... bertentangan pendapat dengan saya...

    tapi kyaknya ngeles dikit. Pahlawan ada yang dalam kebaikan, ada juga yg dalam kejahatan, Gimana :P

    BalasHapus
  9. Sebelum anda mengatakan ada pahlawan dalam kejahatan, mari kita rujuk kembali, apa sih pengertian pahlawan? menurut wikipedia
    "Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran(Kamus besar Bahasa indonesia)"

    BalasHapus
  10. @Muslih:

    oh, iya juga ya...
    tapi memang ada jugakan bahwa anggapan kita tentang pahlawan berbeda dengan kelompok lain.
    misalnya: kayak kasus pemboman atas nama agama. Sebagian menganggap pahlawan, namun sebagiannya jadi itu penjahat. Nah, disini saya tarik kesimpulan bahwa dalam kejahatan pun ada pahlawannya. Meski dari sudut pandang berbeda kita mengambilnya...

    jangan dibalas lagi ya, karena ini dari sudut pemikiran ane. Ane netral aja deh pada kasus guru itu pahlawan...

    BalasHapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.