Ads

Kotak Pencarian

Ads

Kamis, 09 Desember 2010

[Artikel] Fenomena Penampakan Hantu Gentayangan

Seperti yang kita ketahui, keberadaan makhluk halus disekitar kita kadang "berani" menampakkan dirinya kedalam visual mata manusia dengan berbagai bentuk.Keberadaan makhluk yang umumnya disebut hantu ini sebenarnya hanyalah sebuah fenomena yang selalu berkembang meskipun pembahasannya akan berujung kepada sebuah misteri yang tak terpecahkan.

Fenomena hantu yang sering kita lihat adalah penampakan hantu yang berasal dari mayat manusia yang mati karena “penasaran” sehingga sang mayat bergentayangan dengan maksud tujuan tertentu. Kebanyakan dari hantu gentayangan tersebut umumnya adalah korban yang meninggal akibat kecelakaan atau dibunuh, namun ada juga hantu yang gentayangan akibat perbuatan buruk yang dilakukan selama hidupnya, sehingga ruh/jiwanya tak tenang ketika berada dialam kubur.

Seringkali kita mendengar tentang orang yang menjadi hantu gentayangan mengganggu manusia, biasanya dengan menampakkan diri dengan tiba-tiba dengan sosok menyeramkan. Malah kita mendengar ada juga hantu yang bergentayangan yang berani mencelakakan manusia.

Setiap hantu gentayangan pasti mempunyai latar belakang sendiri, misal seperti mitos hantu pocong bahwa mayat yang menjadi hantu pocong tersebut adalah korban kealpaan tukang kubur untuk melepas tali pocongnya. Ada juga mitos hantu kuyang yang terkenal di Banjarmasin karena kemampuannya menghisap darah seseorang yang baru melahirkan hanya dengan bersembunyi dibelakang rumah, mitosnya bahwa kuyang ini adalah seorang perempuan yang mempunyai ajian sesat supaya abadi dengan menghisap darah manusia yang melahirkan.

Setiap daerah manapun yang pengaruh mistiknya kuat, pasti mempunyai Urban Legend tentang hantu-hantu yang bergentayangan didaerah masing-masing, biasanya dibumbui dengan cerita-cerita yang tak masuk akal. Contoh diatas adalah bukti nyata bahwa keberadaan hantu gentayangan sebenarnya muncul dari cerita dari mulut kemulut sehingga orang tersugesti dengan hantu yang sudah digambarkan didalam otak seseorang. Contoh sederhananya, pernahkah anda mendengar orang barat melihat penampakan hantu pocong, atau kita melihat hantu drakula yang ongkang-ongkang di Indonesia menghisap darah?

Memang, untuk membuktikan keberadaan hantu gentayangan dengan mata kepala sangat sulit, sekarang kita hanya dicekcoki dengan foto-foto penampakan atau videonya tanpa menyelidiki dan tahu apakah suatu makhluk asing didalam gambar tersebut memang hantu atau tidak. Malahan sebagian oknum manusia berani menampakkan sebuah hantu seutuhnya dalam sebuah film. Yang jadi pertanyaan, apakah mereka tahu seutuhnya fisik seorang hantu penasaran?

Sebagai orang beriman/Islam, keberadaan hantu gentayangan perlu dipertanyakan keberadaannya? Apakah mereka selalu eksis dikehidupan manusia ataukah hanya menumpang tenar saja ketika orang-orang menyorot keberadaan mereka.

Kita mesti mengetahui kalau kita tak sendiri menghuni dunia ini, ada makhluk lain yang tak kasat mata yang wajib kita percayai keberadaannya seperti jin, syetan, dan malaikat. Tentunya Hantu Gentayangan tadi tidak termasuk didalamnya. Nah jika ada orang yang mengaku diganggu hantu gentayangan, ketahuilah bahwa ia sedang diganggu jin atau syetan.

Bagaimana menurut anda?

As posted: Jumat, 09 Oktober 2009

3 komentar:

  1. Hantu mah jelmaan setan,
    Tul ngak?
    Setan ama jin kan bisa berubah ujud jadi apa aja...

    Btw,blog-nya banyak bgt...
    Gimana ngurusinnya??? ^^

    BalasHapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.