Ads

Kotak Pencarian

Ads

Rabu, 11 Mei 2011

[Komputer] Alasan Men-defragmentasi File di Komputer

Harddisk anda mempunyai data berlebih yang berdampak pada komputer yang menjadi lambat? Sangat dianjurkan sekali untuk melakukan defragmentasi data anda. Apa itu defragmentasi? Secara singkat dan jelas defragmentasi merupakan proses perapian data-data didalam harddisk agar harddisk bisa membaca data lebih cepat.
Ada beberapa alasan sehingga data perlu didefragmentasikan, salah satunya adalah karena kelebihan file yang berakibat pada memori yang hampir penuh. Ada beberapa tips yang saya anjurkan sebelum melakukan defragmentasi.

1. Karena defragmentasi memerlukan waktu yang lama, siapkan waktu sekurangnya setengah jam untuk melakukan defragmentasi. Durasi tergantung berapa banyak data dan berapa sering anda mendefrag data komputer anda. Semakin jarang, maka akan memakan waktu yang lebih lama.

2. Biasakan untuk defragmentasi file setengah bulan sekali jika anda sering menambahkan data. Jika data yang ditambahkan tidak diperlukan, sebaiknya dihapus atau back up (cadangkan) jika memungkinkan.

3. Bersihkan komputer anda dari data-data sampah, seperti virus yang dikarantina, cache, log, dan lainnya. Gunakan aplikasi seperti F-CLEANER dan sejenisnya.

4. Jika ada program yang tidak pernah terpakai lagi, sebaiknya diuninstall dulu, agar mempercepat proses defragmentasi.

5.Ketika proses defragmentasi, dianjurkan untuk membiarkan komputer anda, jangan diutak-atik sampai selesai, agar prosesnya tidak terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.