Kotak Pencarian

Sabtu, 07 Mei 2011

[Pendapat] Antara Aku,Saya dan Gue.

Pada pemakaian kata orang pertama didalam Bahasa Indonesia, kita sering menulis kata aku, saya dan gue. Ketiga kata ini paling lazim ditulis pada beberapa blog yg saya lihat. Jika kata "aku" dan "saya" digunakan dipastikan blog seperti itu bersifat agak formal dan bertopik tapi lain halnya blog yg memakai kata "gue", santai dan ringan itulah sifatnya. 


Kalau anda perhatikan, penggunaan kata tunggal orang pertama sangat berpengaruh pada sebuah tulisan. Selama ini saya mengamati bahwa memakai kata "saya" sebagai orang pertama lebih terasa komunikatif daripada menggunakan kata "aku"apalagi "gue".

Memang dari kebahasaan kata "saya" mungkin lebih bersifat terlalu sopan dan beradabnya satu kata orang pertama. Dibandingkan anda menggunakan kata "Gue",terasa lebih komunikatif tetapi terlihat kurang sopan dalam tatanan bahasa Indonesia karena anda tidak tahu tulisan anda dibaca siapa saja. 

Lain lagi jika anda menggunakan kata "Aku", kalau saya perhatikan,selama ini kata "Aku" kebanyakan digunakan tulisan apapun terkecuali novel dan cerpen yg mengharuskan alur ceritanya memakai sudut pandang orang pertama. Penggunaan kata aku juga bersifat penunjukan tingginya derajat sesuatu, contohnya:Bacalah terjemahan Kitab suci supaya menemukan apa yg saya maksud. Lihatlah penggunaan kata "Aku" yang digunakan untuk perkataan Tuhan, misal "Tuhan berfirman : Aku telah ciptakan..dst" Tak ada yg menterjemahkan "Tuhan berfirman:Saya ciptakan"apalagi "Gue ciptakan...dst" 

Jadi kesimpulan penggunaan kata diantara aku, saya dan gue bisa kita pelajari lebih lanjut lagi dengan membuka buku-buku pelajaran Bahasa Indonesia, semua diatas hanyalah teori saya untuk membandingkan penggunaan kata Aku, saya, dan gue. Silahkan disanggah.Antara Aku,saya dan gue,mana yg anda pakai?

As posted as 7 November 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.