Ads

Kotak Pencarian

Ads

Kamis, 07 Oktober 2010

[Pendapat] BlackBerry Membunuh Warnet

Masih ingat dengan booming usaha wartel diseluruh penjuru kota di Indonesia dipenghujung  90 an? Saat itu usaha ini banyak digemari kalangan usaha menengah keatas dan banyak digunakan oleh masyarakat.  Mengingat keadaan saat itu sedikit sekali pengguna hp dinegara ini yang  hanya segelintir orang saja yang mampu membeli perangkat gengam tersebut sebagai benda yang termasuk berkelas untuk pandangan masyarakat saat itu.

Seiring dengan perkembangan teknologi telekomunikasi, harga hp pun melonjak turun dan menawarkan banyak kemudahan yang tak ada pada hp  generasi pertama, seperti SMS,MMS, dan fitur multimedia. Akhirnya masyarakat berbagai kalangan pun beramai-ramai membeli perangkat ini, tidak lagi sebagai lambang sosial kelas atas, tetapi mamfaatnya memang memudahkan  masyarakat dalam berkomunikasi.

Efeknya? Sudah dipastikan kebanyakan masyarakat saat itu sampai sekarang jarang sekali atau tak pernah lagi menggunakan jasa Wartel. Apa mau dikata, karena minim pengunjung dan kebanyakan orang sudah punya peralatan komunikasi yang praktis dan portable. Satu persatu usaha warnet pun berguguran dan tak dilirik orang lagi.

Jadi Intinya HP HAVE KILLED WARTEL!

Apakah perangkat genggam hp sekarang hanya digunakan untuk bertelepon  dan hanya bersms-an  saja? Jawabannya; Tidak!

Sekali lagi kemajuan  teknologi komunikasi membawa perubahan besar dengan hadirnya hp generasi terbaru yang mampu melakukan browsing dan chatting via jaringan internet.

Hal ini tentunya menggerus keberadaan warnet sedikit demi sedikit. Siapa yang sekarang tak pernah menggunakan jasa Warnet? Setelah kematian usaha Wartel, orang beramai-ramai membangun usaha warnet yang dulunya saat itu akses Internet masih mahal.

Sekarang, usaha warnet menjamur dimana-mana, dengan  kegunaan yang memang dibutuhkan kebanyakan kalangan masyarakat , seperti Browsing, chatting, Blogging, menerima e-mail, sampai bermain game onine, mengalahkan usaha wartel yang hanya bisa digunakan untuk menelpon.

2 komentar:

  1. Ya, ada benarnya juga. Oleh karena pengguna biasanya lebih sering membuka jejaring sosial atau email untuk aktivitasnya. Jarang digunakan untuk manfaat lain, seperti membaca artikel, blogging dan sebagainya. Meskipun ada yang menggunakan perangkat genggam — Blackberry — tersebut, tapi nilainya masih terasa kurang. So, dari segi pendapatan, jelas penghasilan warnet akan berkurang. Kecuali para pelanggan memanfaatkan warnet pada cakupan yang tidak didukung Blackberry, game online misalnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau blogging enaknya pake pc sih, soalnya ngeditnya enak, baca artikel masih bisa lewat yahoo mobile atau detik wap.
      iya, game online susah matinya selama user gak bisa mengusahakan pc dan koneksi internet.

      Hapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.