Ads

Kotak Pencarian

Ads

Rabu, 11 Agustus 2010

[Komputer] Merapikan File Komputer secara Manual

Sebagai pengguna komputer, saya ingin berbagi tips yang kali ini berjudul “Merapikan Komputer secara Manual.” Sejak dibelikan komputer beberapa tahun yang lalu. Saya banyak mempelajari seluk-beluk mengenai komputer yang ternyata tidak segampang yang saya pikirkan sebelum mempunyainya.

Mempunyai komputer seperti mempunyai sebuah lemari, dimana kita bisa menyimpan benda yang ingin kita simpan dan akan digunakan nantinya. Jika isi sebuah lemari tidak disusun  akan berantakan dan akan sulit mencari barang yang kita simpan karena berantakannya barang didalamnya. Bayangkan komputer kita seperti lemari berantakan diatas, tentunya menyebalkan bukan?

Oleh karena itu kita perlu merapikan file kita, dan cara merapikannya bacalah postingan ini dengan seksama. Mari kita mulai dari Desktop:

Buat Shorcut Program sesuai kebutuhan. Kalau saya membuatnya seperti ini*Liat gambar diatas.
  • Folder shorcut Internet: Isinya Mozilla Firefox, Ym, Mirc,*meski folder ini tidak terpakai karena dirumah gak ada Internetnya.
  • Folder shortcut Maintenance: Berisi tool buat membersihkan registry, file sampah, merapikan data dan yang ada hubungannya sama perawatan komputer.
  • Folder shorcut Multimedia: Disini saya menyimpan software  pemutar multimedia kayak Winamp, WMP 11, Virtual DJ, dan  pokoknya yang ada hubungannya sama video dan mp3.
  • Folder shorcut Tool: Buat ngetik dan sejenisnya ada difolder ini, ada juga buat ngompres lagu, dan nyimpan software-software yang sering di-Instal.
  • Shorcut Partisi Hardisk: C://D:// *Ntar kita bahas dibawah.
  • Shorcut Theme: Buat yang orangya bosanan sama tema windows xp yang biru-biru itu, bisa bikin folder kayak saya, isinya berbagai macam  tema windows xp yang bisa anda googling sendiri di Internet.
  • Shorcut Game: Isinya tak lebih dari Game pc, Segala Emulator,  Nes, Nintendo, Sega, Gba, Nds, Ps satu juga ada. Sayangnya Ps 2 komputer saya tidak berdaya.
*Tambahan: Anda bisa memagai widget desktop dari Yahoo seperti punya saya. Beberapa widget sangat berguna, kayak penunjuk jam, sticky note(pengingat), dan lain-lain.

Selanjutnya kita memasuki My Computer-nya Qori.


Biasanya sih, kalo di My Computer terdiri dari 2 partisi Harddisk. C dan D . Kalau di C , untuk menyimpan program Windows. Kalau D, disinilah saya menumpuk data. Saya akan bahas D saja.


Ada delapan folder dalam  partisi D di-harddisk saya, dan saya akan  jelaskan kepada anda.
  • Folder E-Book: Nyimpan e-book buat dibaca *meskipun sebenarnya saya jarang mengakses folder ini.
  • Folder Gambar: Tentu saja isinya gambar-gambar, coba tebak saya nyimpan gambar apa?
  • Folder Pc Transfer(in): Semua data yang ditransfer kekomputer saya biasanya diletakkan disini.
  • Folder Pc Transfer(out): Kalau yang ini sebaliknya, data yang akan saya transfer saya kumpulkan disini dulu.
  • Folder Rekaman: Sebagai Dj Amatir, menyimpan sample lagu didalam sini.
  • Folder Situs: Nah, semua hasil browsing diletakkan disini. Biasanya sesudah dibaca langsung dihapus.
  • Folder Video: Video klip, video lucu, video aneh, video panas, video hot, video telanjang, video bokep, video-video-an disimpan disini*yang tidak sesuai cuman  nembak Seo, jangan salah paham.
  • Folder Mp3: Lagu-lagu favorit saya tentu saja disimpan disini. Lagu Metal, Rap, Hiphop, Punk, dan lain-lain disusun dengan  rapi sesuai dengan genre-nya.
Selain itu bikin juga Folder Software: Buat nyimpan Install-an software.*

Terus dimana kita menyimpan data ketikan kita?


Kalau di My Documents kita bisa meyimpan data ketikan  dan beberapa file kecil disini. Saya sarankan jangan menyimpan file-file berukuran besar disini. Soalnya My Documents ternyata bersumber dari partisi C: *baru tau, Jadi jangan menumpuk file disini, kalau komputer bisa melambat karena partisi Windows kamu penuh.

Terakhir, sebagai gambar penutup, mari kita liat Program yang saya Instal didalam Kompie saya.

Banyak programnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.