Ads

Kotak Pencarian

Ads

Kamis, 05 Juli 2012

[Pengalaman] Jadi Moderator Coushsurfing Kalimantan Selatan

Di posting sebelumnya, gw udah membahas apa itu Couch Surfing, kalau gak ingat atau baru mau baca, silahkan main kepostingan COUCH SURFING. Di CS, gw cek keaktifan member dari Kalimantan Selatan, sayangnya kebanyakan udah gak aktif lagi, forumnya pun sepi kayak kuburan, padahal jumlah member diatas 50 orang. Gw maklum kalo kebanyakan membernya mungkin lagi sibuk diaktivitas masing-masing, gw pun mencoba mencoba mengontak moderator dari pusat dan melamar jadi moderator baru.

Alhamdulillah, setelah nunggu hampir dua mingguan, akhirnya saya diangkat jadi moderator oleh momod pusat setempat, karena 2 bulan sebelumnya anak CS Kalsel meski gak aktif diforum, tapi rame pas gathering. Soalnya pas ada tamu dari daerah lain khususnya kalo ada bule, banyak member yang hadir, karena ini bukan komunitas dimana ada senior dan junior, maka pas gathering pasti selalu rame. 


Gath 1

Gath 2

Gath 3

Gath 4
Adapun langkah pertama yang pas gw lakukan jadi moderator adalah jadi cerewet, yup.. cerewet , momod setempat gw tanya macem-macem, hingga saya mendapat wejangan-wejangan yang berharga di website ini, salah satunya jangan buat member lari dari grup, tapi kumpulkan member yang belum gabung digrup  regional dan ajak mereka buat gathering.


Tampilan Grup

Karena hal diatas sudah saya lakukan (ngajak gathering), maka gw coba untuk meramaikan forum di regional Kalimantan Selatan, dan gw juga menulis panduan-panduan buat CSers yg mungkin masih bingung sama website ini. Inilah apa yang telah gw tulis:

What should i do? / Apa yang harus saya lakukan?06/13/201210edit...
Sebagai member di Couchsurfing, guna mengoptimalisasi penggunaan website ini sebenarnya tidak terletak seberapa banyak teman yang ditambahkan didunia maya; tetapi juga jalinan silaturahmi yang terhubung didunia nyata. Oleh karena itu, bagi member CS Surfing, saya akan kasih sedikit panduan bagaimana kamu bisa mencapai tujuan kamu melalui website ini.

1. Bergabunglah dengan orang lokal / forum setempat 
Dengan bergabung dengan member CSers yang berasal dari daerah sama, kita bisa mengakrabkan diri untuk saling berbagi pengalaman dengan member lainnya. Tidak usah malu, karena sebenarnya kita mempunyai tujuan yang sama dalam sebuah komunitas.


2. Aktiflah di forum dengan ikut berpartisipasi 
Didunia maya, kita bisa saling berinteraksi terlebih dahulu lewat forum yang ada. Jangan ada rasa sungkan untuk menyampaikan pendapat anda dan bertanya, selain itu dengan aktif di forum anda akan mudah dikenali dan bakalan cepat akrab dengan member lain ketika bertemu.


3. Punya kesempatan untuk hosting? Ini langkah pertama, tidak bisa? Meet-up saja.

Hosting member couchsurfers dari daerah atau negara lain merupakan langkah pertama untuk memperluas jaringan pertemanan anda, kondisi tidak memungkinkan? Setidaknya aktif melakukan pertemuan bisa disebut sebagai hosting.

4. Travel!

Yup, kamu bisa travel kemana saja dengan memanfaatkan CS? Tidak perlu jauh-jauh, cukup daerah lokal saja; setidaknya kamu menguasai tempat yang ada didaerah kamu sendiri. Siapa tahu nanti ada orang yang minta bantuan untuk guide.


5. I have no idea what's next? 


Rules and Policies - Aturan dan Kebijakan [Please Read]06/10/20125edit...
Aturan dan kebijakan dalam grup Couch Surfing Kalimantan Selatan.

Mohon dibaca dengan seksama (Please read carefully)

----

1. This group is free to join for everyone; Couchsurfers from South Borneo or Non-Southborneo as long as have Couchsurfing account :) 

Grup ini terbuka bagi Couchsurfers dari mana saja, baik dari Kalimantan atau bukan, selama punya akun CS, mari ayo bergabung.

2. Remember about basic couchsurfing rules; no money-oriented - dating site; its just for friendship, my mate... 

Mohon diperhatikan dasar aturan web cs kayak; bukan ajang cari duit dengan memanfaatkan cs, nyari pasangan buat nikah; yaelah mw jodoh disini... Intinya mari kita jadikan web cs sebagai ajang menjalin silaturahmi persahabatan ya..

3. Please use English languange, it's oke if you use Bahasa Indonesia, but i sugggest to use English first; Bahasa Banjar is allowed as long as in specific topic/thread 

Dimohon untuk menggunakan Bahasa Inggris, tidak apa-apa sih kalau mw pake Bahasa Indonesia, tapi sebaiknya gunakanlah Bahasa Inggris. Kalau mau bicara pake Bahasa daerah Banjar silahkan, tapi di tempat yang sesuai aja.

4. Use nettiqutte if you want to make good reputation and respects in forums

Gunakanlah netika berinternet dalam menggunakan forum, apa itu netika internet, mari kita tanya sama bapaknya Wikipedia:http://id.wikipedia.org/wiki/Netiquette

5. Feel free to discuss with us; we'll help you if you want to get any helps in South Borneo group. Its free to give your suggestions and critics to make this group become improved

Silahkan berdiskusi disini dengan kami, kami akan membantu anda jika anda memerlukan bantuan di grup Kalimantan Selatan. Dan juga silahkan kasih saran dan kritik untuk membuat grup ini jadi lebih baik lagi.

Kira-kira apa lagi yang gw bakal lakukan selanjutnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.