Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Minggu, 24 Juli 2016

[Gaming] Stanley Parable; Berfilsafat dengan Terjebak Didunia Absurd Kantoran


Bermain game tidak lagi hanya mengejar seberapa tinggi level dan skor yang diperoleh, pengalaman bermain game mempunyai sisi lain yang menentukan apakah sebuah game itu bagus atau tidak, yang terpenting adalah storyline dan plotline yang menarik untuk diikuti. Biasanya game berjenis Adventure dan RPG yang mengedepankan faktor ini, meskipun genre lain juga mengikuti formula pentingnya cerita dalam memberikan pengalaman bermain.

Genre visual novel bisa juga disebut salah satu genre game yang tidak populer bagi gamer mainstream, namun mempunyai fanbase yang solid khususnya penggemar serialisasi dengan style anime dan manga. Disini gw tidak membahas tentang visual novel Japanese namun tema game yang gw mainkan bisa dibilang dalam jalur visual novel. Stanley Parable adalah visual novel western yang mempunyai plot nyeleneh namun thought-provoking bagi gamer yang ingin mencoba permainan begitu absurd namun mempunyai pesan filsafat dalam gaming culture dan realita sendiri.


Sebelumnya gw pernah mereview game sejenis berjudul LSD Dream Simulator dimana mempunyai tema yang serupa , silahkan baca juga ya

Overview 


Stanley Parable adalah game first-person dengan plotline bi-linear dengan multiple ending yang dipilih pemain melalui progress permainan sesuai dengan premise berikut. Dirilis pada tahun 2013 oleh Galactic Cafe melalui Steam, Stanley Parable adalah karyawan kantoran yang setiap hari bekerja sebagai juru ketik diruang kerjanya setiap waktu. Suatu hari, semua orang dikantornya menghilang mendadak. Heran dengan kondisi kantor yang kosong, Stanley harus menemukan takdir yang tersembunyi dan nasib menunggunya. Dengan bantuan suara narator yang menjadi kunci progress dari permainan, pemain akan menjelajahi kantornya dengan memilih, apakah ia akan menuruti suara sang narator atau tidak. Semua tergantung dari sang Narator, Stanley atau kamu sendiri yang menentukan.

Kontrol 


Dengan kontrol mekanik yang sama dengan game sejenis namun dengan opsi sederhana seperti maju, mundur, kiri dan kanan ditambah satu tombol. Stanley Parable tidak mempunyai banyak pilihan, kecuali tombol F untuk mengeksekusi tindakan, jadi siapa saja bisa memainkannya. 

Graphic 



Meski game ini mempunyai grafis yg lumayan up-to-date, namun visualisasinya terkesan seadanya, Stanley Parabie bukan game yang mengandalkan grafis karena pada dasarnya game ini adalah sebuah mod yang perlu kamu tau bahwa mod merupakan pengembangan dari game sebelumnya yang sudah ada. Secara teknis Stanley parable bisa dimainkan tanpa memerlukan spek PC yang canggih karena grafisnya tidak terlalu kompleks. 

Sound 


Dari segi sound design, hal yang paling menarik dari elemen game ini adalah minimnya sound musik dan efek terkecuali dialog yg muncul dari sang narator yg memberikan arahan dan petunjuk kepada gamer untuk menyelesaikan permainan. Karakter utama sendiri tidak mempunyai Line dialog Sama sekali.Dari segi musik, tiap tindakan pemain akan memicu musik tersendiri tergantung dari ending yang dipilih pemain, kebanyakan terdengar seperti musik epic ambient, jika kalian pernah menonton film The Truman Show, mungkin dari film inilah sound Influence-nya diambil. 


Creativity 


"How about a game within a game which the game is actually Inside a game." Gameception! Dari segi plot, Stanley Parable mempunyai plot dan gameplay sederhana, yaitu tentang karakter utama yang "harus" mengungkap misteri dibalik setting yang disampaikan oleh narator dengan mengunjungi satu titik ke titik lainnya yang akan mengungkap semuanya. Bisa dibilang biasa-biasa saja dan tidak ada yang baru, tetapi ada sisi lain yg gw anggap game ini spesial dan beda. Yaitu penyampaian jalan cerita yg menyinggung kepada kesadaran pemain tentang konsep eksistensialisme dan konsep free will dalam sebuah game. Kedua istilah tersebut berkaitan dengan study filsafat yang harus dicoba bagi orang yang tertarik dengan study yang memerlukan pemikiran berat tentang eksistensi alam semesta, namun bisa dinikmati dengan santai dari elemen humor yang ada didalam game. Selain itu, menariknya lagi tiap ending akan membuka rasa penasaran dari ending lainnya. 

Fun 


Berbeda dari game LSD Emulator yang pernah gw mainkan sebelumnya, Stanley Parable merupakan game yang layak dicoba ketika koneksi Internetmu putus atau sekedar menunggu download selesai karena dengan graphic 3D dan musik yang less-annoying, ditambah plot Line yang agak twisted. Gw setidaknya menyelesaikan beberapa ending dengan satu true ending yang uniknya gw selesaikan ketika gw mainkan pertama kali. Yup, jika kamu hanya mengikuti plotline dan instruksi dari sang narator dengan benar, maka Kamu akan mendapatkan ending yang mengungkap esensi dari permainan ini namun akan tergoda untuk mencoba mengungkap ending lainnya. 

This Ending?
Or this?
Conclusion 

Satu hal lagi, sebagai catatan gw merekomendasikan Stanley Parable bagi pembelajar Bahasa Inggris yang ingin bersenang-senang sambil mengasah kemampuan Listening dan Reading dengan mengaktifkan subtitle. Setidaknya pemain harus ngerti Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar game ini. Selamat belajar filsafat. 


Rating : 7.5 / 10 
Replayable : Sort Of 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.