Kotak Pencarian

Senin, 01 Agustus 2016

[Monthly Note] 7 Fase Kehidupan


Sebenarnya judul monthly ini bukanlah artikel yang membahas tentang sains atau motivasi hidup dan sebagainya. Tetapi sebagai pengingat bagi gw kalau angka 7 sangat berpengaruh dalam fase kehidupan gw. Gw gak percaya hal yang mistis, tapi kalau di pikir-pikir, hidup gw sangat dekat dengan angka 7, khususnya fase dalam gw menjalani kehidupan.



Ketika gw berumur 6-7 tahun, saat itu gw mulai bisa berpikir dan menentukan tindakan benar dan salah, saat itu gw masih TK dan 7 tahun kemudian gw lulus dari pendidikan dasar dan kemudian beranjak remaja gw melanjutkan study SMP dan SMA 7 tahun di pesantren. Sekarang hampir 7 tahun gw menjalani hidup sebagai pemuda dimana gue berkuliah dan memulai karir. Mungkin bisa dibilang gw masih menjalani 3 fase, dan jika umur gw panjang. Maka kemungkinan 4 fase lagi akan dijalani. Yaitu sebagai orang tua muda (7 tahun), paruh baya (7 tahun), kakek-kakek (7 tahun), dan sisanya hanya Tuhan yang tau. Hal yang mau catat disini adalah dalam menjalani fase kehidupan gw sebelumnya, bisa dibilang hampir 70% momentum dalam hidup gw masih bisa gw ingat dengan jelas. 


Dalam istilah bangsa Yunani, waktu terbagi dalam 2 hal, Chronos dan Khairos. Chronos adalah ketika kita mengerjakan sesuatu yang bersifat alamiah, seperti makan, tidur dan berhibur dan hal manusia pada umumnya jalani . Tetapi Khairos lebih kepada hal yang bersifat momentum berharga seperti ketika seseorang berhasil mencapai tujuan hidupnya dan memberikan makna dalam menghabiskan waktunya. 

Sekian dulu.. 

P.s : Baru pasang Internet lagi dirumah dengan ISP yang lumayan stabil meski kecepannya masih standar. Atleast, gw gak lagi nongkrong di wifi publik kecuali ada keperluan.