Ads

Kotak Pencarian

Ads

Jumat, 01 Juli 2016

[Monthly Note] Satu Tahun Pembelajaran

Dalam satu tahun terakhir yang gue habiskan separuhnya menyelesaikan skripsi dan sisanya memulai karir, akhirnya gue bertemu lagi dengan hari dimana usia gue bertambah satu digit. Tidak banyak yang gue harapkan dari catatan khusus tahun lalu ketika gue berulang tahun kecuali focus dua diatas. Hasilnya? Setidaknya gue sudah di wisuda dan menyandang gelar sarjana dengan susah payah mengerjakan skripsi selama bulan puasa karena gue bukan orang yang susah sekali untuk focus mengerjakan sesuatu dalam waktu yang singkat selain itu gue juga mempunyai short attention span ketika berhadapan dengan monitor lcd yang menunjukkan kumpulan kalimat berbahasa Inggris tentang kompetensi dosen dalam mengajar yang menjadi topic skripsi gue. 


Dengan menyicil dan mengerjakan skripsi sedikit demi sedikit (satu buku referensi perhari dengan berkunjung keperpustakaan kampus selama satu jam) dan dilanjutkan dengan online di wifi public area kampus selama 6 jam untuk ngabuburit. Gw bersyukur sebelum akhir tahun udah dapat menjabarkan skripsi sendiri dan berdebat dengan dosen penguji yang begitu momentum bagi gue. 

Selesai skripsi dan belum wisuda, gw melamar pekerjaan disebuah perusahaan IT. Ekpektasi gw gak banyak, gue ingin berkarir dan kerja sambil mengasah skill gue di bidang yang bersangkutan. Karena job desk yang diharap berbeda dari kenyataan dimana gue di harap bisa menjual barang, hanya beberapa bulan gue menjalani dibidang yang gue paham tetapi sulit untuk bertahan ketika usaha terkeras kita tidak menunjukkan hasil yang memuaskan perusahaan. Dan gue pun mengundurkan diri. 

Gue pernah ketemu salah satu kerabat ketika ada acara kumpul keluarga, kata beliau gue ini adalah tipe pembelajar dan kurang cocok kerja di air (heheh, old joke) maksudnya kerja di bidang yang memerlukan banyak tenaga fisik dan seharusnya melanjutkan studi hingga tingkat tertinggi. Ucapan beliau ada benarnya dan sejalan dengan apa yang gue pikirkan dengan rencana gue dalam satu tahun kedepan. Gue bukan tipe a man with [solid] plan, tetapi ketika sudah lepas dari jeratan skripsi gw mau menghabiskan satu tahun kedepan untuk menunda study dan mengambil kesempatan berkarir plus belajar, however… lingkungan dan job desk gue kurang mendukung dan tenaga dan perhatian gue mudah sekali terpecah. So, the rest is history. 

Bulan ini dan tepatnya lebaran, gue memasuki usia ke 25, usia yang ideal untuk menjadi dewasa dan mungkin berumah tangga dengan punya pekerjaan. Tetapi karena gw tipe pembelajar, gue gak terlalu memprioritaskan hal ini, masih ada satu tahun tersisa untuk hal itu. So, rencana gue nanti ingin mengambil kuliah lagi di bidang komunikasi dan mengambil karir yang benar-benar cocok dengan karakter gue dalam memproses informasi dan menuangkannya kedalam media. 

Kali ini, gua tentu harus mempunyai persiapan dan tahun ini gue akan sebut tahun pembelajaran. Gue menggunakan dalam satu waktu tahun kedepan untuk mengasah lagi skill yang gue minati dan belajar terlebih dahulu agar kiranya nanti pas mengambil study tidak lagi keteteran mengejar ketertinggalan.

3 komentar:

  1. Semangat mas, kalo bisa master di luar negeri makin ajib. Karna sekarang beasiswa master udah tumpah2 kebanyakan hehe

    BalasHapus
  2. Semangat pasti sih tapi harus banyakin prestasi dulu (yg ini susah), yg penting karya sih banyak banyak biar mudah apply nanti.

    BalasHapus
  3. Senangnya udah mau mulai kerja, gue masih sekolah.. pengen cepat kerja biar uang udah dari diri sendiri.. tapi takut juga jadi pengangguran :(

    BalasHapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.