Kotak Pencarian

Senin, 02 Juni 2014

[Blog] Manfaat Membuat Page Facebook bagi Blogger

Memposting karya tulis melalui Blog agar dibaca lebih luas lagi memerlukan media promosi lain seperti memposting di forum atau submit link di blogsphere (jaringan komunitas blogger). Media sosial merupakan media ampuh untuk menjangkau pembaca anonim maupun silent reader secara online agar tetap bisa mengikuti berita terbaru dari blog yang mendapatkan pembaca melalui pencarian keyword di-google. 


Membuat page di Facebook ditujukan untuk mempromosikan tulisan terbaru, hal ini juga bisa menjangkau pengunjung anonim yang ingin mengikuti tulisan terbaru melalui laman beranda dengan mengklik "like". Selain itu mempunyai page Facebook membantu pemilik blog berinteraksi dengan non-blogger hal lainnya, seperti memberitahukan status terbaru, mengadakan event/kontes, ataupun bahkan bisa menjual produk dan jasa.

Meskipun tidak ada syarat mutlak apakah blog itu harus masuk kriteria sudah populer dengan kunjungan ratusan hit per-hari maupun juga blog tersebut mempunyai konten beragam dan unik, tidak ada salahnya bagi blogger pemula untuk membuat halaman resmi di Facebook dan kemudian membangun jaringan dengan pembacanya.

Tentu, untuk mengelola sebuah laman di Facebook, haruslah rutin untuk mentautkan link posting terbaru atau juga tulisan lama yang menarik untuk didiskusikan secara rutin tanpa bermaksud spaming. Dalam memposting link terbaru, tambahkan juga outline topik yang bisa menarik pembaca untuk mengklik link yang muncul di laman beranda mereka.

Satu hal yang patut dicatat, ketika pembaca meng-klik like, pastikan mereka bukan bot yang didapat dari jasa like (karena sekarang "like" mudah di manipulasi) setidaknya manfaat terbesar dari mempunyai page resmi blog adalah ketika pemilik blog bisa berinteraksi dan mendapatkan feedback dari pembaca. Hal itu lebih saya sukai ketimbang ketika anda memposkan tulisan, mereka hanya klik tombol "like" dan menghilang begitu saja, yang lebih parah ada yang mempromosikan halaman mereka (spam).

1 komentar:

  1. betul mas setelah membuat FB page pengunjung meningkat

    BalasHapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.