Ads

Kotak Pencarian

Ads

Selasa, 24 Juni 2014

[Gaming] Choujin Sentai Jetman (NES)

Game nintendo dengan konsep Power Rangers yang dulu gw sering mainkan adalah Chijou Sentai Jetman. Game ini memang tidak populer ketimbang serial televisinya ditahun 90an. Salah satu game action side-scrolling yang mempunyai memori tersendiri bagi gw selain Super Mario Bros setelah 15 tahun ketika memainkannya kembali diemulator.


Overview :


Chijou Sentai Jetman adalah game NES yang rilis di Jepang. Dibuat oleh Bandai pada tahun 1991, game yang diadaptasi dari serial TV ini, pemain bisa memainkan salah satu dari lima Ranger yang tersedia untuk menghadapi lima stage yang bisa dipilih secara acak dengan satu final stage. Misinya sederhana dan repetitif disetiap stage, terus berlari sampai keujung dengan melewati musuh hingga bertemu boss stage. Untuk menghadapi stage, pemain akan menyaksikan cutscene transformasi robot Jetman yang akan digunakan untuk bertarung dengan boss stage dengan gameplay ala fighting. 



Jika pemain menyelesaikan satu stage, disummary result akan muncul password untuk menyambung permainan (konsep "save game" pada konsol lawas). Ada dua mode permainan yang bisa dipilih; easy dan normal mode. Untuk menyelesaikan permainan hanya diperlukan setengah jam saja dengan mode easy, tetapi hard mode perlu waktu dan dedikasi khusus untuk menyelesaikannya. Perbedaan mendasar pada tingkat kesulitan adalah banyaknya musuh yang bermunculan dan agressifnya mereka.


Setiap ranger mempunyai senjata yang berbeda tetapi secara garis besar ada tiga, yaitu sword, gun dan gaunlet. Setiap karakter mempunyai kelebihan dan kekurangan seperti jika senjata powerful maka lifebar sedikit begitu pula sebaliknya. 



Kontrol ;

Kontrol game ini standar dan tidak ada yang istimewa. Hanya bisa melakukan attack (menyerang) dan jump (melompat) selebihnya extra power dengan menekan tombol "start". Pada mode fighting boss, juga sama dengan tambahan menekan tombol pawah untuk menangkis serangan boss stage.


Grafis ;

Menurut gw, tampilan dalam elemen game ini diatas rata-rata karena hampir tiap stage background game variatif dan tidak membosankan. Desain karakter juga bisa dibilang mirip dengan serial tv-nya. Apalagi selain konsep password untuk menyimpan game. Cutscene adalah nilai lebih, tidak mengecewakan lagi jika berhasil menyelesaikan game maka kita akan disuguhi ending.


Sound ;


Terlepas dari nilai nostalgia. Dari segi musik background, game ini mempunyai soundtrack yang mirip dengan serial tvnya, tentu dengan sentuhan 8bit.

Fun ;

Hal yang menyenangkan dari memainkan Jetman kembali adalah misi untuk menyelesaikan setiap stage, melawan boss, dan melihat ending game. Jika menginginkan sisi fun, cobalah bermain pada easy mode, tidak disarankan pada hard mode yang lebih menantang.


Creativity :
Bermain game action side-scrolling seperti ini adalah umum dan tipikal sama dengan game Nes lainnya. Jika kita membicarakan gameplay, tidak ada yang terlalu menonjol kecuali disetiap akhir stage, gameplay berubah menjadi fighting.


Replayable ; Yes
Rating
: 7/10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.