Kotak Pencarian

Selasa, 13 Mei 2014

[Tutorial] Cara Membuat Watermark Tulisan Foto dan Gambar pada Photoscape

Tulisan atau logo seringkali ditemukan pada foto ataupun gambar yang biasanya ditandai oleh pembuatnya sebagai file yang bersifat pribadi atau komersil (untuk dijual). Memberi watermark pada gambar merupakan hal yang lumrah dilakukan untuk melindungi hak cipta agar tidak bisa dimanipulasi kembali oleh orang lain. 

 Selain itu dalam bisnis online, watermark adalah cara ampuh yang digunakan untuk melindungi produk online untuk memberi keterangan gambar bentuk fisik asli dari kondisi barang yang dijual agar tidak dipakai kembali dan disalah gunakan oleh para penipu yang memasang di online shop mereka. 

Oleh karena itu, kali ini saya memberikan tutorial mudah bagaimana cara memberikan watermark pada software Photoscape. 

Sebenarnya cara yang sama bisa diaplikasikan dengan software bawaan Windows (dengan Paint), tetapi Photoscape menurut saya mempunyai fitur lebih selain itu cocok untuk pemula. Untuk versi software yang digunakan, gw menggunakan versi 3.6.5. 

 Langkah-langkah : 

1. Buka Photoscape > Pilih “Editor” 

2. Pilih gambar yang diinginkan pada bagian kanan, secara otomatis akan ditampilkan pada area kerja (workspace), kemudian pilih fitur tambahkan teks dengan mengarahkan ke fitur “object”. 


3. Isikan teks yang diinginkan, sebagai contoh saya ketik www.qorisme.com di file gambar saya, klik OK. 

Mengisikan Teks

4. Dalam format pengeditan, kita bisa meletakkan objek teks dimana saja yang kita inginkan dengan men-drag, selain itu kita juga bisa memperbesar dan memperkecil secara otomatis objek dengan mengklik dua kali pada teks. 

Mensesuaikan posisi
5. Untuk menambahkan teks lainnya, lakukan hal yang sama sesuai langkah. 


6. Jika selesai, klik save. Jangan khawatir, file yang diedit secara otomatis meng-copy file aslinya kedalam sebuah folder. 

Menyimpan Gambar
Pada teks editor, ada beberapa opsi untuk mengedit objek teks lebih lanjut, silahkan anda utak-atik sendiri, berikut ini keterangan dari fitur yang ada dalam text editor: 

Teks Editor

Vertical : Mengubah ukuran objek font menjadi vertical. 
Anti-aliasing : Centang fitur ini supaya objek terlihat lebih halus. 
Opacity : Ukuran transparasi gambar, bisa di set mulai dari 0% sampai 100%. 
Outline : Membuat garis luar pada objek teks. 
Shadow : Membuat bayangan pada objek teks. Kedua hal diatas baik diaplikasikan untuk membuat teks terlihat lebih menonjol. 
 
Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.