Kotak Pencarian

Minggu, 02 Februari 2014

[Blog] 5 Pertimbangan dalam Menguangkan Blog

Setiap blogger mempunyai niat tersendiri dalam membangun blog masing-masing, mulai dari tujuan personal seperti menyimpan tulisan pribadi atau menyatakan pendapatnya sampai menjadikan sebuah blog sebagai ladang uang atau monetisasi.

Tidak ada yang salah menjadikan blog sebagai pencetak uang, dengan banyaknya konten yang diposting dan selalu terupdate, sebuah blog yang ditujukan untuk monetisasi memerlukan waktu untuk bisa menghasilkan untung bagi pemiliknya, dan ini kontras dengan kebanyakan blogger pemula yang cepat tergiur dan kemudian mengambil langkah yang sama seperti pendahulunya.

Ada banyak sekali bisnis blogging yang bisa dicapai, mulai dari memasang iklan, review, back-linking, dan juga menjual produk asli dengan menggunakan blog sebagai displaynya. Menurut gw pribadi, jika kamu mempunyai sebuah blog personal yang ditujukan untuk berbisnis dibidang menjaring traffic kunjungan dan memasang iklan dari pihak ketiga , silahkan pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Apakah konten blog kamu punya satu topik spesifik atau banyak?

Blog campur-campur sangat mudah dilupakan oleh para blog-walker (blogger yang rajin membaca tulisan blogger lainnya) tetapi sangat mudah mendapatkan pengunjung dari mesin pencari Google. Blog yang mempunyai "karakter"dimana konten pemiliknya mempunyai topik khusus tertentu seperti pengalaman lucu ataupun tentang keahlian dibidang tertentu akan mudah diingat oleh netter yang mencari topik yang diinginkan, contohnya sebuah blog tentang Photosop tidak tentang PC secara keseluruhan dikarenakan tema yang seperti ini sudah banyak diulas kecuali kamu memang expert di bidang tersebut.

2. Apakah konten blog kamu original atau copy-paste?

Inilah permasalah klasik dimana ketika anda mengetikkan kata kunci "download softaware ____ gratis "di google maka kamu akan menemui list blog yang serupa tapi tak sama bahkan mirip. Copy-paste disini bukan habis-habis ctrl-c+ctrl-v, tetapi tulisan topik yang sama tetapi diulang-ulang, contoh lainnya adalah "Tutorial PC Dasar""

3. Apakah iklan yang dipasang akan tepat guna?

Gw pernah blog-walking kesebuah blog campur-campur, dengan template yang sangat simple tetapi ternodai dengan iklan jualan dvd bokep yang menutupi sidebar blognya padahal semua kontennya tidak ada yang berhubungan dengan hal tersebut. Hal ini pastinya harus diperhatikan, jika pemiliknya cukup cuek tidak akan menjadi masalah, tetapi bagi kamu yang ingin selektif, kembalikan ke poin satu. Misalnya jika kamu menulis tentang tatacara beternak, maka seharunya iklan yang muncul adalah iklan produk peternakan atau setidaknya produk kamu sendiri, begitu juga topik lain seperti wisata, fashion, musik, dan lainnya.

4. Seberapa lama kamu bertahan mengupdate konten?

Inilah inti yang sangat harus diperhatikan, mengupdate konten itu sangat mudah jika hanya copy-paste, tetapi agak sulit jika menulis konten original karena perlu memikirkan ide-ide baru, selain itu ketersediaan waktu merupakan hal paling vital dimiliki, berapa banyak yang terabaikan dan menghilang begitu saja ketika pemiliknya tidak mempunyai waktu lagi untuk blogging, belum lagi hal lain jika sang blogger mempunyai minat lain yang tidak ada hubungannya dengan blogging.

5. Apakah kamu akan berinovasi dengan blog kamu?

Pertanyaan ini juga ditujukan buat blog gw pribadi, kata "inovasi" adalah poin penting dalam bentuk produk apapun, salah satunya blog. Pertanyaan lainnya, inovasi seperti apa? Let's say Jawabannya : Tema, Konten, dan Manfaat yang bisa diambil baik dari penulis maupun pembacanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.