Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Kamis, 07 Maret 2013

[Pendapat] Pentingnya Tulisan Tangan

Dulu waktu SD kita terbiasa menulis dengan menggunakan tangan... ya iyalah, masa pake idung. Maksud gw kita menulis dengan tulisan tangan. Apa itu tulisan tangan? Tulisan tangan itu adalah proses menulis dengan menggunakan tangan dengan pena atau pensil sebagai medianya. Sudah berapa lama kita tidak menulis tangan, dan apa pentingnya menulis menggunakan tangan itu?




Bagi gw yang kidal ini menulis dengan tangan merupakan aktivitas favorit gw didalam semua pelajaran, kata orang menulis dengan berlawanan tangan; dalam hal ini tangan kiri, mampu menstimulasi otak kanan berhubungan dengan imajinasi dan kreatifitas, berbeda menulis dengan tangan kanan yang menstimulasi otak kanan yang berhubungan dengan logika dan hal-hal sistematis.

Nah yang jadi persoalan, apakah penting menulis dengan tangan ini sekarang? Coba kita lihat bagaimana orang dewasa bekerja dengan menggunakan keyboard ketika mengetik dan menuliskan hal-hal yang biasa orang sekarang lakukan, seperti mengerjakan tugas kuliah, mengetik pesan, menghitungan dan lainnya. Bandingkan dengan persentasi penggunaan tangan untuk menulis dengan pena, mungkin bisa dibilang 5%persen saja di keseharian kita, sisanya lebih mengandalkan teknologi.

Lalu apakah hal ini merubah apapun, tentu saja. Lihat saja orang dulu menilai kepribadian seseorang lewat tulisan tangannya, menjadi malasnya seseorang untuk menggerakkan otok tangannnya, yang ada hanya menggunakan jarinya untuk mengetik. Dua hal ini mempunyai sisi positif dan negatifnya, dengan teknologi kita menjadi termudahkan namun menjadikan kita lebbih malah, adapun sebaliknya, menggunakan tulis tangan merupakan hal yang tidak efisien dalam hal pekerjaan, contohnya, jika blog ini ditulis dengan tulisan tangan, coba bayangkan betapa repotnya saya harus menscan tulisan saya dan menguploadnya halaman perhalaman. But at least, menulis tangan masih menjadi tradisi bagi anak-anak dan pelajar, dalam hal ini corat-coret merupakan aktivitas pilihan di kala bosan. Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.