Kotak Pencarian

Jumat, 08 Maret 2013

[Tips] Agar Membaca menjadi Menyenangkan

Aktifitas membaca menjadi salah satu aktifitas favorit bagi para pecinta buku. Bagi mereka, membaca buku adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Ketika otak mencerna kalimat tiap kalimat yang dibaca, serta pikiran terbawa lewat paragraf demi paragraf yang dilalui. Membaca terkadang menjadi hal yang “memabukkan” bagi pikirannya sehingga ia larut dalam tulisan-tulisan yang dibaca hingga berjam-jam.


Gambaran diatas adalah satu kondisi dimana aktifitas membaca menjadi sangat menyenangkan, tentu saja terlepas dari anggapan lain bahwa membaca sangat membosankan. Bagaimana agar membaca menjadi hal yang menyenangkan, silahkan anda simak beberapa anjuran dibawah ini:

1.    Tentukan tema/topik apa yang dibaca, jangan membaca buku yang tak anda pahami sekali maksudnya. Baca buku sesuai kemampuan otak anda, jangan dipaksakan untuk membaca topik-topik berat kecuali anda siap untuk memahaminya.
2.    Carilah tempat dimana anda bisa membaca dengan tenang dan nyaman. Tempat yang sunyi dan cukup cahaya sangat dianjurkan untuk aktifitas membaca.
3.    Ciptakan suasana yang nyaman ketika membaca dengan menambahkan wewangian dan musik yang lembut*kalau saya suka musik metal kalau membaca. Hal ini bisa menjadi sensasi tersendiri otak anda menjadi lebih aktif yang berakibat anda bisa lebih berkonsentrasi.
4.    Ingat kondisi tubuh anda, membacalah disaat tubuh anda benar-benar fit, jangan biasakan membaca buku ketika anda merasa kurang enak badan.
5.    Ketika membaca, jangan lupa untuk beristirahat sejenak dengan menjadikan otot anda santai ketika tubuh mulai terasa kaku akibat lama membaca, caranya, pejamkanlah mata kurang lebih 3 menit , geleng kepala kiri dan kanan lalu dongkak kepala kedepan dan belakang beberapa kali.*Lakukanlah senam tubuh.
6.    Agar mata tak sakit, ketika mata mulai tak bersahabat dengan rangkaian tulisan. Pandangilah warna-warna sejuk seperti warna hijau atau pemandangan alam yang indah, hal ini akan mengendorkan otot dan saraf mata anda.

At last, Jangan membaca kalau ada masalah, lebih baik menulislah, karena dengan menulis anda akan membuat bacaan/masalah baru yang bisa anda selesaikan sendiri permasalahannya!!!

Ever posted: Kamis, 25 Februari 2010

2 komentar:

  1. tapi aku kebiasaan enak kalo baca buku tuh banyak gambarnya
    kayak anak kecil si
    tapi aku emang harusnya gitu
    contohnya aja komik
    heheh

    BalasHapus
  2. @Rezky:
    Yah, kan selera baca orang beda-beda, tinggal mengemasnya saja bagaimana supaya menyenangkan.

    BalasHapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.