Kotak Pencarian

Selasa, 05 Maret 2013

[Pengalaman] 1 Tahun Gw dan Couchsurfing

Tepat udah setahun semenjak gw mulai mengaktifkan akun Couchsurfing gw, hari ini tahun lalu gw mulai belajar hosting dan berinteraksi dengan anak-anak Cs Banjarmasin. Dengan berlalunya satu tahun gw aktif di komunitas ini, gw mau flashback apa aja yang gw dapatkan dari komunitas Couchsurfing.


Sebelumnya gw jelaskan dulu apa sih Couchsurfing itu? Banyak orang mengira kalau CS; kepanjangan dari Couchsurfing adalah komunitas olahraga surfing, padahal bukan. Bisa dibilang Cs adalah komunitas online seperti Fb dan lainnya tetapi menekankan pada pertemanan didunia nyata. Pengguna Cs rata-rata adalah traveler lokal maupun internasional, kelebihan dari website ini kita bisa tinggal ditempat membernya dikota manapun berada dan kita juga bisa menampung traveler yang kebetulan singgah dikota kita.

Udah jelas apa itu Cs? Sekarang balik lagi kepada pembahasan gw. Di Cs gw banyak menemukan orang-orang baru yang dalam artian traveler dan orang lokal yang punya minat yang sana; traveling. Gak hanya traveling tetapi juga hal lain kayak bisnis dan hobi. Selain itu, gw rasanya hampir tiap bulan menampung Csers luar dan memperkenalkan mereka dengan budaya Banjar dan pariwisatanya. Biasanya kelar ajak jalan-jalan gw ajak teman-teman Cs lokal untuk ketemuan / meet-up / gathering nangkring di siring sambil menikmati view Banjarmasin disamping Sungai Martapura.

Selanjutnya setelah 3 bulan, gw berinsiatif untuk melamar menjadi moderator Kalimantan Selatan karena grupnya yang mati suri gak aktif. Gw pun mencari tau bagaimana untuk menghubungi Cs pusat, singkat cerita gw mendapatkan akun nonesee salah satu ambassador cs Indonesia. Setelah gw tanya apa aja sih tugas moderator. Nonesee pun menjelaskan kalau di Cs sebenarnya gak perlu ada moderator-an. Berhubung mod cs mempunyai fitur untuk mengundang member cs lokal yang belum bergabung di grup, maka tugas mod itu seperti mengajak member cs baru maupun lama untuk mengaktifkan lagi akunnya dan ngumpul bareng di gathering atau acara lokal Cs. Selain itu mod juga bisa kasih penyuluhan bagaimana cara menggunakan website dengan benar. 

Untuk selanjutnya, gw pun mulai aktif mencari member-member lama maupun baru dan mengirimkan private message buat mereka untuk bergabung di acara meet-up lokal. Selain di web cs, gw membuat grup Facebook dan juga blog utk mengupdate foto arsip bulanan pada acara Cs; arsip http://southborneocouchsurfing.blogspot.com. Lambat laun, hasil gw hunting member. Teman-teman cs lokal yang ikut gabung makin banyak dan bertambah saja. Ada banyak planning yang direncanakan udah berhasil dilaksanakan, bikin kaos, trip bareng, dan lainnya. Pokoknya rame, belum lagi pas ngajakin meet-up event dan ngobrolin topik-topik yang asyik tentang travelling yang berlanjut kepada ngalor ngidul sampai lewat tengah malam.

Gak hanya hosting, gw pun mencoba jalan kedaerah lain dan liat bagaimana komunitas Cs aktif, istilahnya kayak studi banding. Setelah kemaren pas agustus jalan pindah kota. Gw banyak menemukan ide bagaimana supaya cs kalsel bisa maju kayak daerah lain yang bisa ditiru.

Intinya di komunitas ini gw banyak dapet teman dan pengalaman baru. Nah dan selanjutnya gw mau resign dulu di komunitas lokal Cs dan juga moderating. Ada beberapa alasan kenapa gw mesti resign di komunitas lokal.

Pertama; gw kasih giliran sama teman-teman baru yang di Cs untuk mengeluarkan semangat Cs-nya
Kedua; Sepanjang ini gw rasa spirit Cs lokal menjadi lebih positif; malah seperti kayak keluarga.
Ketiga; Banyak event-event sama plan baru yang menarik bermunculan tanpa sepengetahuan gw dan itu bagus sekali karena teman-teman cs kreatif bisa bergerak sendiri.
Keempat; Seringnya berkomunikasi aktif di Cs dan update event satu jalur.
Kelima; Its time to refreshing and make some new moves.

At last, gw mau resign dulu sekitar 1 bulan, 3 bulan, atau 1 tahun. Gw yakin, Cs Kalsel pasti bisa lebih maju. Ekpektasi gw, kalsel bisa ngadain CSIF (event tahunan Cs skala Internasional).

6 komentar:

  1. Ciyye ... aa Qori udah setahuun... selamat :-) *komen daripada*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayayay... jangan panggil aa.. masih sbaya sis...
      thanks dah mampir sis.

      Hapus
  2. Kebiasaan km tu Qor ai.
    Hobi bnr resign gawian kada menuntung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wat! Ane dah 1 taun bro involving di komunitas ini, udah saatnya ane mundur karena udah banyak kemajuan di dalam komunitas ini. Btw, resign itu kalau gak salah bukan dari bagian hobi.

      Hapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.