Ads

Kotak Pencarian

Ads

Minggu, 02 Januari 2011

[Blog] Supaya Tulisan Blog Anda Dikomentari

Dulu waktu pertama kali saya mulai aktif ngeblog dan posting,setiap postingan yg saya buat saya selalu mengharapkan datangnya sebuah komentar(Baik itu komentar asli ataupun Spam)*_^Duh segitunya.

Postingan yg saya tulis juga postingan yg saya tidak peduli bagus ataupun tidak,ngerti atau tidak para pengunjung, pokoknya "I wanna komentar deh from yu deh".

Waktu masih menjadi Newbie (ini istilah para blogger yg artinya Pendatang Baru) Saya selalu heran dengan sebuah blog yg postingannya banyak komentarnya,baik puluhan bahkann ratusan.

"Wow apa sih yg mereka lakukan,sehingga menghasilkan komentar yg banyak sekali?"Pikir saya.Akhir-akhir ini saya tahu bahwa Blogger seperti itu dinamakan seorang Seleb Blog atau Blog Idol.

Setelah mengamati beberapa blog terkenal, saya berpikir untuk merangkum satu tips yg berjudul"mengungkap rahasia supaya postingan kita dikomentari."(Halah,panjang amat judulnya).

Oke,ini muncul dari pemikiran saya,silahkan diikuti atau tidak,pokoknya berpikirlah kritis.
  1. Postinglah sesuatu yg anda kuasai,jangan terlalu memaksa untuk memosting yg anda punya sedikit sumbernya.Jika menulis artikel,carilah data pendukung di search engine.
  2. Biasanya blog yg isinya diari,akan sulit dapat komentar.Banyak alasan yg bisa dikemukakan,salah satunya adalah jika penulis blog itu egois,ia menceritakan ttg kehidupan yg mungkin para pengunjung tidak tau siapa dia,kecuali para pengunjung blog tadi orang yg sudah dikenal atau menjadi teman "nyata" pemilik blog tadi.Nah supaya dapat komentar,jelaskan kepembaca maksud/hikmah apa yg anda tulis,dan juga bertanyalah kepada pembaca bagaimana mereka menilai tulisan anda.
  3. "Lebih banyak memberi daripada pada menerima"Istilah ini rupanya juga berlaku didunia Perbloggingan,Banyaklah memberi komentar disuatu blog,tp jangan kebanyakan dan kebangetan(maksudnya bersifat tukeran link,biasa lah...Blogger Pemula,gila tukeran link ;p).Komentari postingan Blog orang yg anda pahami duduk permasalahannya.Kalau tidak paham,misal postingan ttg Monetize Blog atau Forex,atau BlogHack bisa anda tanya kepada pemilik blog secara Langsung.
  4. Biasanya...Diblog yg ada komentarnya,sebagian pengunjung ada yg bertanya dan juga merespon,balaslah komentar mereka dengan mereply dengan cara seperti ini: @Qori:wah tipsnya oke punya....,artinya kepada Qori: bla...bla..bla..Dan balas juga komentar selanjutnya.Jika komentarnya banyak ,ini bisa merepotkan loh.
  5. Carilah Blog yg anda pahami jelas isinya,maksudnya jenis blog yg sama seperti anda tulis.Supaya pengunjung blog tadi bisa mengomentari dan memahami postingan yg anda buat.
  6. Yang terakhir,hargai komentar pengunjung anda,walaupun ia hanya bisa mengomentari satu baris saja,misal:"good tips,salam kenal ya"(Sering saya lakukan *_^).Dan jangan lupa kunjungi balik blognya.
Apakah tips ini menginspirasi dan membantu anda? Kalau ya,ucapkan dikotak komentar ya?

Pernah di Publish pada: 12 Agustus 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.