Kotak Pencarian

Sabtu, 07 Januari 2012

[Pendapat] Mau Jadi Apa Kamu?!

Disebuah rumah yang biasa-biasa saja, ada seorang anak yang terlihat di omeli oleh kedua orang tuanya, sang anak hanya tertunduk terdiam, memikirkan apa saja yang telah dia perbuat dengan menanggung penyesalan kenapa harus melakukan sebuah kesalahan.
"Mau jadi apa kamu?!" Begitu kata mereka menutup omelan dimalam itu.

Mungkin fragmen kejadian diatas pernah terjadi pada setiap anak yang pernah melakukan kesalahan fatal dimata orang-tuanya, sikap orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seperti yang mereka inginkan membuat kalimat ini begitu jamak terdengar disetiap omelan.

Mau jadi apa kamu!? Sebuah pertanyaan yang menusuk buat anak yang masih sadar ingin berbakti kepada orang-tuanya. Jika tidak sadar, lain lagi ceritanya dan ini hanyalah dianggap sebagai penggalan kalimat tak bermakna dan angin lalu.

Dalam kalimat tersebut ada kesimpulan atas perbuatan seorang anak dihadapan orang-tuanya dan tentu saja pertanyaan yang tertuju kepada apa saja mereka telah mengarahkan dan mendidik anak mereka. Jika yang dimaui sang anak adalah keinginan orang-tuanya, patutlah orang-tuanya bersyukur punya anak yang patuh seperti itu. Dan adapun jika sebaliknya, mereka akan tetap mengatakan hal yang sama terhadap sang anak kapan saja dengan kesempatan yang berbeda. U No lah maksudnya ;)

6 komentar:

  1. orang tua udah cape membesarkan jadi mereka perlu terima masaknya gimana jadinya kita ntar atas usahanya selama ini

    BalasHapus
  2. @Agung:

    Kalau cape, kenapa masih bilang mau jadi apa kamu?
    berarti jadi kloningan mereka gitu ya?

    BalasHapus
  3. izin memuat postingan ini untuk Media Blogger edisi 29 Januari. :)

    BalasHapus
  4. @Zian:
    silahkan masbro...
    feel free to copy ;)

    BalasHapus
  5. benar bro, gw juga sering di marahin kyak gitu, padahal seharusnya kemauan anak di dukung dan di fasilitasi, walau kadang terlihat jauh dari akal sehat namun anak bisa memilih apa yang dia mau dan apa yang bisa menjadi sumber rupiah dari apa yang dia suka.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar kalau punya anak bakal ngerasain juga kali bro.

      Hapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.