Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Jumat, 05 November 2010

[Pengalaman] Mahasiswa Pencari Kerja Namun Ditentang Orangtua

Gue sekarang pengen banget ngerasain kerja cari duit sendiri, motivasi gue karena mau cari duit disebabkan gue sekarang mengalami yang namanya ADULT SYNDROM , keadaan dimana seseorang remaja beranjak menuju kedewasaan untuk menapaki jalan kehidupan yang lebih berperadaban.*maaf, istilah ngarang sendiri :D.



Alasan gue untuk cari kerja tentu bisa masuk akal, salah satunya tadi. Karena gue udah dewasa, dan gue sekarang masih minta uang jajan sama orangtua!!! . Nah gimana itu bisa disebut dewasa, sedangkan anda masih ngemis-ngemis minta jatah jajan sama orang-tua. Jadi mengutip kalimat ini "salah satu ciri kedewasaan adalah kemandirian seseorang dalam menghadapi tantangan kehidupan yang keras" gue termotivasi untuk mendapat pekerjaan sambil menjalani aktivitas sebagai mahasiswa yang mulai merintis karir didunia perkuliahan.

Dan keinginan gue itu sekarang menimbulkan kontroversi bagi ortu gue, mereka melarang anaknya untuk bekerja, dan malah menyuruh belajar!. "Halo,,, bekerja itu kan juga belajar... belajar mandiri???!" Otak ngeyel gue bunyi. Tapi mengingat status gue sebagai mahasiswa awal tahun, kayaknya mereka juga punya alasan. SAMA-SAMA PUNYA ALASAN, itulah salah satu alasan bentuk pertentangan konflik dalam keluarga *kayak buku psikologi pendidikan saja kata-kata gue ya..

Gue punya alasan, mereka punya alasan dan kekuasaan. Nah karena gue belajar menjadi anak yang berbakti kepada orang-tua, ya gue harus menuruti perintah mereka sambil terus mencari celah alasan buat kesempatan dapet pekerjaan. Gue yakin, kalau cari kerja itu juga harus restu orang-tua.

Mau tau alasan orang selalu gagal dalam pekerjaannya? Salah satunya orang tua tidak merestui pekerjaan mereka.*ini teori gue loh, silahkan coba kalau tak percaya :D

19 komentar:

  1. pertamanya kah?
    belajar dulu baru bekerja. mungkin alasan ortu ada sebagian yang belajar sambil bekerja sulit membagi waktu
    pengalaman saya bekerja buat rokok waktu kuliah malah lebih senang cari duit dari pada belajarnya dan sampai sekarang akhirnya tidak berlanjut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang tua emang pastinya sering khawatir sama kegiatan anak yang berlebihan, pasti orang tua khawatir kalo anaknya belajar sambil kerja, tidak ada waktu buat keluarga atau takut anak kekurangan jam istirahat,

      Hapus
  2. @Citromaduro:

    Yup, anda pertamaxxx...
    alasan anda bener om,... ortu takut kalau saya gak bisa bagi waktu...
    trus juga jadi gila sama duit, sehingga kuliah terbengkalai,,,
    saya belajar dari anda!

    BalasHapus
  3. dulu saya juga sempat mencari sidejob ketika masih mahasiswa, akibatnya kuliah jadi molor sampai 7 tahun he he...

    BalasHapus
  4. @Joe: wow, sampe segitunya kah?
    keasyikan cari duit ya om?
    bagus mana om?

    BalasHapus
  5. Aku juga sedang mencoba kerja paruh waktu, mungkin hasilnya tak seberapa tapi lumayan buat nambah-nambahin uang jajan sekalian bisa nerapin ilmu yang di dpaat di bangku kuliah.
    Ayo berusaha! Ga ada salahnya mencoba. Asal kuliahnya jangan sampe terganggu ya. Kuliah tetap nomer satu. Ganbatte!

    BalasHapus
  6. tp tentunya ortu jg punya alasan kan, knp bs tdk merestui??

    BTW, ada jawaban atas komenmu soal mentos sob...
    mampir balik ya

    BalasHapus
  7. @Miwwa:

    bagus banget tuh mbak...
    niatnya mengamalkan/mengaplikasikan ilmu perkuliahan mbak ya...
    biar hasilx sedikit, yang penting keringat disini..

    tapi usaha apa ya?

    @Science box:

    iya kan udah ane tulis alasan mereka,...

    BalasHapus
  8. hUUUUUUUUUUU,,,,,,,,,,huuuuuuuuuuuuuuu,,,,,.
    Dintentang kasihan,makanya belajar dulu baru kerja.Ridho pada dua orang tua,turutin tuh apa kata mereka (walau pun ana juga gak ngerjain semua perintah orang tua).

    BalasHapus
  9. Kebanyakan teman waktu kuliah dulu yg juga kerja sambil kulaih, awalnya emang punya prinsip kuliah tetap nomor satu namun ketika waktu berjalan dan uang mengalir lembut di kantong akhirnya kuliah terhenti. Jadi memang ada baiknya, selesaikan dulu kuliah baru bekerja agar semua ilmu kita optimal ...

    BalasHapus
  10. @Argo:

    hei, kau pikir selama 7 tahun saya tidak belajar??
    entar kau rasakan sendirilah...

    @Shaleh:

    Hmmm, itulah ADULT SYNDROM......
    entah kenapa kuliah dianggap sebagai cari pengalaman..
    thx sarannya om..

    BalasHapus
  11. ahahahaha yg tabah cintaaaa , kan ortu pasti punya alasan :)

    BalasHapus
  12. @ipah:

    wow,,,cinta??? saya kan tabah cintaa, haha...

    BalasHapus
  13. Orang tua sudah tentu memperhitungkan buat anaknya yang terbaik. jikalau orang tua tak meresteui, itu juga demi kebaikan anak sendiri.. berbakti pada orang tua lebih utamanya daripada mementingkan diri sendiri.. ingat itu gan.. :D

    BalasHapus
  14. nah karena saya anak berbakti saya ikuti perintah mereka kok...Tapi adakah orang-tua berbakti???

    tentu saja ada... jadi ingat pepatah sinetron: :"Kami ingin yang terbaik buat kamu, nak."

    BalasHapus
  15. saya kuliah full pagi-malam, tapi sambil kerja freelance, almdulillah kuliah lancar...intinya kita bisa ngatur waktu.. semakin banyak kerjaan kita, semakin efektif waktu yang kita gunakan...

    BalasHapus
  16. @Muslihzarth:

    Kalau boleh tau, kerjaannya apa ya freelance itu?siapa tau ane bisa ngikutin. Freelance sifatnya kan gak tetap, mungkin ortu setuju.

    BalasHapus
  17. benar kata ortu kamu tuh qor lebih baik belajar dulu baru kerja soalnya dari pengalaman saya dagang pulsa dan beberapa pedagang dipasar yg sempat saya wawancarai rata-rata setelah ngerasain kerja dan ngerasain uang dari hasil kerja maka urusan belajar ga penting lagi

    rasakan aja kalo ga percaya aq j kadang sempet ga belajar lebih ngeutamain orang yg beli pulsa ketimbang kerjain pr

    ato kalo mau kerja juga kan bisa pas hari libur,katanya kalo ga salah mahasiswa itu liburannya kan lama

    BalasHapus
  18. @Agung:

    makanya gung, ku ndak merasai duit jua. Aku seimbang ja gen..

    kalau jualan pulsa lain kisah lagi tuh, kalau libur, kupakai sagan santai, kd bagawi.

    BalasHapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.