Ads

Kotak Pencarian

Ads

Minggu, 04 Juni 2017

Cara Belajar Dasar Main Gitar Pakai Tangan Kiri (Bonus Pake Tangan Kanan)

Sebagai lefty (bertangan kidal) yang hidup dengan kultur Indonesia, menggunakan tangan kiri dianggap kurang sopan dan tidak etis dalam melakukan aktivitas bagi orang sekitar. Dalam belajar bermusik, memainkan instrumen gitar bagi bertangan kidal merupakan hal yang susah dikuasai terkecuali melalui proses panjang yang mana di post ini gw akan share bagaimana pengalaman gw menguasai dasar bermain gitar.

Hal yang paling penting tentunya kamu harus punya gitar sendiri, kalau punya uang berlebih belilah gitar. Entah itu akustik ataupun elektrik (dengan satu set speaker-nya), mempunyai gitar sendiri akan membuat kita untuk menjadi serius dalam mempelajarinya. Belilah gitar dan kenali kebutuhanmu dalam memulai. Tentu, jika kamu hanya belajar untuk mengisi waktu luang dan mencoba hal baru, tidak perlu membeli satu set gitar yang mahal terkecuali kamu ingin manggung nantinya. Untuk kisaran budget, 1 jutaan cukuplah dikorbankan untuk membeli gitar baru, atau terlalu kere silahkan beli bekas setengah harga. Gw sendiri memilih gitar listrik sebagai gitar pertama gw yang mana alasannya berlanjut kebagian berikut.

Kenapa kamu jadi tertarik bermain gitar? Sebagai musisi kamar yang terbiasa menggunakan keyboard dan midi controller, gw menemukan banyak musisi yang ternyata bertangan kidal dalam bermain instrument. Salah satu musisi yang membuat gw berpikir untuk belajar gitar adalah karena gw menonton video ini. The Flashbulb - "Kirlian Choices" (live at SXSW)




Ok... ok... gw rasa skill bermain gitar dalam video ini merupakan level seorang professional, tetapi bagi gw yang menggemari musik elektronik eksperimental, gw ingin mengembangkan skill bermain gitar gw suatu saat untuk menjadi lebih professional. Oh iya bagi kamu yang bingung genre musik apa yang dimainkan dalam video diatas, free-jazz adalah jawabannya.

Kembali kepembahasan awal, alasan kamu tertarik bermain gitar tentu bermacam-macam... mungkin karena pengen ngeksis, ikut-ikutan tenar bikin video cover, atau ingin membentuk sebuah band. Apapun alasannya, kamu harus punya tujuan dalam memulai belajar gitar dan sampai mana kemampuan skill kamu dalam bermain yang tentunya akan menjadi pembahasan selanjutnya. 

Karena tulisan ini membahas cara bermain gitar dasar, ada banyak lagu yang kamu bisa pilih untuk mulai bermain. Cukup tuliskan 3-5 yang pengen kamu kuasai sampai bisa, cari chordnya di Internetnya. Coba print dan selanjutnya stop. Kecuali kamu seorang musik jenius dan prodigy, kamu harus ingat kamu punya tangan kidal untuk digunakan. Dalam bermain gitar, gw harus memaksakan diri untuk terbiasa menggunakan tangan kanan. Yup, kalau kamu bersikeras bisa main gitar pakai tangan kiri, gw rasa itu akan terjadi kalau kamu udah bisa menguasai tangan kanan. 

Selanjutnya, kamu coba kamu save gambar dibawah dan kalau bisa kamu print saja sekalian. 

Print Gambar Ini!
Gambar diatas adalah diagram chord gitar paling dasar dan digunakan selama puluhan tahun oleh musisi dalam memulai belajar. Bingung gimana cara memainkannya? Liat Youtube! Terus gunakan rumus ATU dah... Amati, Tiru, dan Ulang! 
Karena gw penulis yang baik, gw bagikan juga sekalian sama link video playlistnya, supaya kamu gak muter-muter kemana cari sumbernya : 

Guitar Chords for Beginner Video:

Udah siap mulai? Tunggu sebentar, ada yang gw mau sampaikan sekalian sebelum kamu mengulik gitarmu atau berencana ketoko alat musik. 

Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu seputar mempunyai gitar dan cara memainkannya. Gw sendiri memerlukan waktu hampir setengah tahun untuk membiasakan diri untuk menggunakan tangan kanan dalam bermain gitar, gak ada yang instant dalam menguasai sesuatu (kecuali kamu memang berbakat ya), yang jelas progress belajar kamu ditentukan seberapa serius kamu untuk tetap konsisten belajar. Oh iya, sebelum gw menutup tulisan ini gw akan membagi tips paling manjur untuk tetap belajar bermain gitar; yaitu : ajak gitarmu tidur disampingmu dan mainkan sampai kamu tertidur, sejelek apapun kamu mengenjrengnya.

2 komentar:

  1. Hahah jangankan kidal mas, tangan kanan pun gabisa. Udah pusing duluan wkwk. Dari dulu pengen bisa main musik, tapi ga belajar2 :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane rasa kamu harus punya tujuan yang kuat dulu untuk memulai belajar. Kayak dulu belajar blog, pusing liatnya gimana mau memulai karena harus utak atik setingan dulu, cari-cari tutorial yang gampang dipahami. Lalu aplikasikan deh meskipun tampilannya acak-acakan, time waits.

      Hapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.