Kotak Pencarian

Senin, 02 Januari 2017

[Tips] Tiga Langkah Kebiasaan Sederhana Bagaimana Menjadi Lebih Produktif

Hidup menjadi lebih produktif merupakan hal yang paling susah dijalani bagi gw pribadi. Dalam satu tahun kebelakang, ada beberapa poin yang gw anggap alasan kenapa susah sekali gw untuk menjadi lebih teratur dan mempunyai semangat untuk mengerjakan sesuatu yang lebih bermanfaat, entah itu belajar dengan serius dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam tulisan kali ini gw ingin membagikan tiga langkah yang paling kecil dimana bisa gw kerjakan untuk mulai menjadi lebih produktif. 

Gw sendiri sudah menjalani cara ini dalam satu bulan kebelakang, meskipun ada beberapa hal yang sering gw langgar. Namun efek positifnya kerasa banget bagi gw. Perlu di ingat, tulisan ini untuk siapa saja yang mempunyai waktu sempit untuk berkarya dikarenakan kesibukan utama seperti pekerjaan, namun ingin mulai merasakan hidup yang lebih terarah dengan membiasakan diri untuk melakukan hal berikut. Tidak perlu keluar uang dan tenaga banyak-banyak untuk mulai melakukannya, yang penting niat untuk berubah. 

  • Stop begadang.
Begadang bagi gw sama seperti sosial media, disatu sisi merupakan teman baik gw untuk berkarya karena saat malam lebih tenang dan rileks dengan mengorbankan kesehatan yang gw sadari berefek banyak kepada kehidupan gw di siang hari dimana seperti yang gw baca, kebiasaan begadang lebih mudah menjadi depresi, kurang fokus sama konsentrasi dan juga tenaga yang kurang fit untuk beraktifitas disiang hari yang otomatis menjadikan begadang bagaikan musuh dalam selimut. Bagi seseorang yang kecanduan Internet, entah itu asyik bersosmed melalui layar hp atau juga gaming lewat PC, begadang adalah momok dan virus yang menjangkiti mereka yang melakukannya tanpa disadari. Solusinya, silahkan matikan koneksi internet kamu dan jauhkan dari kamar tidur. 

Efek positif setelah gw kurangi begadang (kadang gw kebobolan juga sih), tenaga gw dipagi hari sangat prima dan siap tempur, hehe. Otak gw bisa fokus dan konsentrasi ketika mempelajari sesuatu. Salah satu kemungkinan penyebab kenapa kita terlalu susah menangkap pelajaran adalah ketika otak kamu yang seharusnya di istirahatkan ternyata di pake semalaman yang mana meskipun bisa dibayar dengan tidur beberapa jam, hasilnya juga kurang optimal.

  • Sarapan Sehat
Ini nih kebiasaan buruk gw yang seringkali gw remehkan, yaitu selalu menunda-nunda sarapan. Entah karena tidur keterusan dan kesiangan (dulu) atau juga hanya sarapan air dan sepotong roti karena terlalu malas mencerna hidangan seperti nasi dan lauk pauk. Sekarang, gw punya cara tersendiri untuk mengatasi hal ini dengan cara menyantap segelas sereal, semangkuk bubur putih lunak dicampur sayur, dan juga sekeping multivitamin. Hasilnya selain tubuh gw jadi fit dan bertenaga. Gw merasa rileks tanpa harus memikirkan perut keroncongan lagi karena nunda-nunda sarapan yang berakibat susahnya gw berkosentrasi dalam bekerja. 

Tiap orang punya selera tersendiri untuk sarapan, jika kamu susah sekali untuk menyantap sarapan. Ubah saja menu-nya menjadi sesuatu yang lebih kamu suka yang penting sehat dan mempunyai gizi yang cukup (Gw rasa, satu bungkus sereal, semangkuk bubur hangat dengan sayur, dan juga vitamin sudah cukup, kalau mau hardcore lagi tambah saja dengan segelas susu.)

  • Minum Air Putih 8 Gelas Perhari
Ini nih yang sering banyak orang lupakan, minum air putih banyak-banyak ternyata manfaatnya banyak banget. Selain membantu memproses makanan didalam tubuh, pasokan air minum juga jalan ke otak kita, badan akan terasa lebih segar meskipun ketika gw memulai kebiasaan ini gw sering bolak balik ke kamar mandi karena ternyata tubuh memproses urin lebih banyak ketika pasokan air mencukupi, jangan takut hal ini akan menjadi kebiasaan. Setelah beberapa minggu, tubuh gw bisa menyesuaikan diri yang mana volume gw kekamar mandi berkurang. 

Kebiasaan minum air putih banyak-banyak (minimal 8 gelas) adalah langkah kebiasaan yang sangat sederhana untuk menjadikan kita lebih produktif. Cara yang paling sederhana memulai kebiasaan ini adalah selalu meletakkan segelas / sebotol air putih disamping tempat bekerja. Haus tidak haus, silahkan minum sesuai kebutuhan. Susah untuk mengaturnya? Perangkat Android menyediakan aplikasi reminder buat kamu untuk mengetahui kapan harus minum dan nantinya akan menghitung apakah kita sudah mencukupi pasokan air kedalam tubuh atau belum.

Berikut tiga langkah kecil yang gw tulis dimana gw merasakan efek-nya sendiri sedikit demi sedikit, saat gw menulis. Satu gelas air putih menemani satu jam sebelum tidur untuk menyiapkan aktifitas besok dengan menyantap saran sehat. Sekian dulu penutup yang membosankan ini., XD

BUAT DIBACA : 

  • Kenapa Bermain Game Online itu merupakan hal yang buruk [Link]

9 komentar:

  1. nambahin bro, olahraga yang cukup,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berat kebiasaannya bro dilakukan. yg paling simple aja dulu.

      Hapus
    2. jarang begadang sih, cuman tidurnya baru subuh,hehe

      Hapus
    3. sama aja gan tuh.. tapi kok bisa?

      Hapus
    4. hahahah
      mungkin saya lelah
      eheheheh

      Hapus
  2. sama kaya saya tuh begadang, jadi problema... hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. teman dan musuhnya blogger ya browh. makasih dah mampir.

      Hapus
  3. Begadang adalah musuh yang sangat nyata bagi saya, bukan lagi musuh dalam selimut. Karena kalau begadang saya jadi susah bangun pagi dan akhirnya tidak bisa melakukan hal2 produktif di pagi hari karena keburu telat masuk kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. iya, kalau ada pekerjaan tetap susah juga sih begadangnya. karena umumnya jam masuk kerja mulai jam 9an.. kebanyakan ada juga yg nekat begadang.

      Hapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.