Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Jumat, 08 Januari 2016

[Tips] Cara Efektif Menyelesaikan Skripsi

Banyak mahasiswa yang berhadapan dengan pilihan sulit ketika ingin memulai dan menyelesaikan skripsi atau disebut tugas akhir. Bagi kebanyakan mahasiswa, mengerjakan skripsi seringkali mempunyai halangan dan rintangan yang selalu membuat pekerjaan ini terhambat, baik dari sisi internal seperti hilangnya motivasi, malas, stuck ataupun hal teknis seperti skripsi yang selalu ditolak berujung kehilangan motivasi, direvisi yang membuat malas ngedit, stuck karena bingung gimana caranya merangkai kata dengan benar. 

Yang lebih parah lagi, ada juga yang terlalu malas untuk melanjutkan tugas akhir dan perhatian teralihkan kepada hal lain seperti pekerjaan (katakanlah kamu ambil pekerjaan sampingan dan nganggep kalau skripsi cuma ngasilin gelar doang). 

Tips ini merupakan pengalaman pribadi gw yang sebenarnya gw sendiri memerlukan satu tahun untuk benar benar bebas dari jeratan skripsi. Selain karena proposal judul gw sering ditolak, saat itu gw belum pernah terlalu fokus untuk mengerjakannya sungguh-sugguh. Gw asumsikan bagi yang baca tulisan ini sudah menpunyai judul yang sudah diterima dosen dan siap di kerjakan. So, jangan buang-buang waktu lagi. Ini cara gw mengerjakan skripsi dengan efektif setelah gw mengevaluasi apa yang salah selama gw muter muter menentukan arah untuk benar benar menyelesaikannya.
  • Beli Buku Catatan Baru khusus Skripsi
Jika kamu punya buku bekas silahkan dipakai dan jadikan bukunya buat menuliskan segala yang berhubungan dengan skripsimu. Cukup modal 10rb buat beli binder dan pulpen, manfaatkan dua perangkat konvensional ini semaksimal mungkin untuk menyimpan catatan penting seperti judul Skripsi beserta outline; atau kayak film sinopsisnya, durasi pengerjaan, nomor kontak yang terlibat seperti dosen dan teman (yang akan gw bahas nanti), serta judul judul referensi dan materi penting. Silahkan kamu corat coreti dan gambar apapun disana asalkan masih berhubungan dengan skripsi. Bawa kemanapun kamu pergi dan kalau bisa dipake buat bantal, siapa tau isinya bisa ditransfer kekepala kamu. Hehe..

  • Evaluasi Waktu Kamu
Gw mengestimasikan 1 bulan full untuk fokus mengerjakan skripsi dengan menjadikan 1 jam saja untuk mengerjakan skripsi secara kontinyu. Jika kamu tipikal orang yang mudah perhatian teralihkan perhatiannya. Maka cara gw mungkin berhasil. Setiap hari gw menyisihkan waktu untuk keperpustakan selama 1 jam untuk benar benar mencari referensi terlebih dahulu dan mencatatnya kedalam buku catatan. 1 hari satu sumber, dan jika dalam sebulan maka ada 20 lebih sumber yang terkumpul untuk menulis dan menunjang teori skripsi kamu. Selebihnya gunakan waktu kamu untuk hal lain, yang penting jangan campur adukkan waktu pengerjaan skripsi dengan hal lain.

  • Perpustakaan is Your Hangout Spot
Mungkin mengerjakan skripsi kadang membosankan untuk dikerjakan dikamar, bagi mahasiswa tingkat akhir. Intensitas pergi kekampus mungkin jarang kecuali untuk mendatangi dosen buat konsultasi atau untuk sekedar berkunjung ke basecamp organisasi kampus tercinta jika masih terlibat aktifitas ekstrakulikuler kampus. Mulai saat iini tentukan tempat nongkrong kamu, yaitu perpustakaan kampus. Banyak mahasiswa yan menganggap perpustakaan kampus hanyalah tempat persinggahan untuk sekedar mencari referensi. Bagi gw, kampus adalah kelas terakhir untuk mahasiswa tingkat akhir. So, gunakan waktu study kamu untuk nongkrong ditempat ini layaknya kamu ikut kelas reguler.

  • Sortir Prioritas Kontak
Daftar kontak sangat membantu progress pengerjaan skripsi kamu, oleh karena itu menyimpan dan menyortir kontak yang berhubungan dengan sosok kamu dalam menyelesaikan skripsi adalah hal terpenting. Jika kamu mempunyai chatlist yang banyak, silahkan sortir kedalan satu group dengan teman yang juga mengerjakan skripsi. Ada lebih baik lagi silahkan hide atau sekalian delcon saja kontak yang tidak terlalu penting dan menyita waktumu untuk dihabiskan ngobrol gak jelas atau sekedar nongki nonki yang kurang bermanfaat.

  • Kolab!
Cari teman sekelas atau satu jurusan yang juga mengerjakan skripsi, syukur syukur kalau lawan jenis bisa jadi pacar kamu. Atau mungkin kamu sudah punya pacar yang juga lagi dalam ngerjakan skripsi. Silahkan kolaborasi dengan bertukar pikiran, informasi seputar progress dan info skipsi. Bisa juga saling mengingatkan sampai sejauh mana halaman yang kamu sudah tulis. Bagusnya lagi kamu bisa saling tukeran skripsi untuk jadi referensi. Manfaatkan group chat list untuk menyortir siapa saja yang mau terlibat in case kamu ingin berkolaborasi ramai ramai.

  • Jadilah Tegas!
Sudah saatnya kamu tegas mengambil keputusan dan mengatur waktu. Jangan mau diatur oleh sesuatu yang membuat tujuanmu terus tertunda. Bilang sama teman kalau diajak nongkrong mending temani aja ngerjainnya dan kamu bisa janjikan mereka untuk traktir kalau skripsimu nanti dah selesai. Siapa sih yang gak mau bantuin? Untuk dosen pembimbing, kamu harus pastikan pertemuan harus terlaksana jika tertunda mempunyai waktu alternatif dimana kamu seharusnya mengatur waktu dosen yang menjadi hak kamu jika dosen kamu super sibuk.

  • Fuck Internet
Jangan mengharapkan bahan dan referensi dari internet jika kamu mudah teralihkan perhatian karna tidak ada yang mengontrol waktu berinternet kamu dalam mengakses informasi tanpa batas dan seringkali membuat kamu lupa waktu untuk mengerjakan skripsi dengan mencari bahan penunjang. Ada baiknya, minta temani jika berselancar sehingga ada yang mengingatkan kalau perhatian kamu teralihkan. 

Sekian tips ngerjain skripsi dari gw, atleast jika lu baca ini lagi ngerjain skripsi dan mikir ngerjainnya susah. Satu bottomline perlu dicatat, kamu harus tau “mulai dari mana” tugas ini harus diselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.