Kotak Pencarian

Jumat, 12 Juli 2013

[Internet] Cara meng-copy buku dari Google Books

Mengingat susahnya mendownload buku dari Google Books, tentu saja banyak yang kecewa ketika orang mencari di Google tentang artikel tentang bagaimana mendownload e-book di Google Books yang terlalu rumit dan sulit dipahami orang awam seperti harus menginstall script dan lainnya.

Disini saya menyampaikan sebuah trik mudah bagaimana caranya  kita bisa "mengcopy" buku pada Google Books sesuai kebutuhan kita.

Untuk aplikasi pendukung, kita gunakan Windows Picture Manager yang biasanya ada pada program Microsoft Office gunanya buat meng-capture buku yang mau kita copy, kreatif bukan?

Jika tidak punya program tersebut gunakan saja program alternatif seperti Picpick yang kegunaannya sama dengan Windows Picture Manager tetapi lebih praktis.

Inilah langkah-langkahnya:
- Buka Google Books dan cari Judul buku yang ingin anda copy.
- Nah setelah terbuka halaman bukunya, zoom tulisan buku tersebut sesuai ukuran yang ingin diambil. Tekan tuts keyboard "PrintScreenSysRq"
- Buka program windows picture manager, nah dibidang yang kosong itu klik kanan, lalu pilih opsi paste. Maka screenshot (layar tembak) yang anda capture tadi muncul sebagai file gambar.
- Ulangi langkah-langkah tersebut jika ingin meng-capture halaman lain.
- Jika sudah, simpan semua capture e-book anda.



CONTOH SCREENSHOT SAYA.

Kesimpulan: Trik ini sangat berguna buat anda yang ingin mengutip tulisan-tulisan dalam beberapa buku yang tersedia di Google Books dan tentunya ingin membacanya kembali dalam keadaan offline.

As post in : 12 Februari 2010