Ads

Kotak Pencarian

Ads

Senin, 08 Juli 2013

[Tips] 5 Langkah Bagaimana Memulai Belajar Musik Elektronik

Sebagian sudah jamak diketahui bahwa aliran musik yang paling digemari abad ini salah satunya adalah musik elektronika. Musik elektronika merupakan musik yang diolah dengan perangkat digital, baik berbentuk hardware maupun software. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana memulai belajar musik elektronik.


Pertama:

Mengerti cara menggunakan komputer/laptop baik dari segi hardware komputer itu sendiri maupun aplikasi yang digunakan, ini wajib diperlukan. Karena perangkat komputer/laptop sangat vital dalam proses pembuatan suara dan editing. Jadi memahami hardware (perangkat) serta aplikasinya jelas syarat nomor satu, seperti processor yang digunakan, kapasitas memori ram dan harddisk. Mempunyai perangkat controller juga nilai tambah.

Kedua:

Mengerti kerja salah satu  aplikasi  pengolah audio digital; ada banyak aplikasi pengolah audio yang bisa dipilih, baik yang gratisan maupun berbayar. Jika sudah menguasai salah satu aplikasi, maka akan mudah menuju langkah berikutnya. Biasanya, untuk langkah pemula ada baiknya memulai dengan sesi merekam suara dan dilanjutkan dengan membuat loop pattern beserta teknik mastering sebuah track audio.

Ketiga:

Mempunyai banyak referensi tentang hal dasar dalam pembuatan musik itu sendiri. Ini penting, jika anda tidak tahu bagaimana instrumen suara elektronik dasar  dibuat, maka akan susah untuk berkreasi. Ada banyak tutorial yang bertebaran di internet, jadi tinggal google saja.

Keempat:

Mempunyai minat untuk mengeksplorasi jenis musik elektronik yang didengarkan, sehingga tidak stuck pada satu genre saja. Ada banyak sub-genre dari musik elektronik yang bisa didengarkan. Jika hanya mendengarkan satu genre saja, kemungkinan rasa bosan untuk belajar akan muncul. Gunakan last.fm atau Wikipedia untuk menemukan rekomendasi artist musisi elektronika.

Kelima:

Punya semangat dan jaringan teman yang bisa diajak share. Ini penting, tanpa dukungan komunitas ataupun masukan dari orang lain *misalnya teman yg juga tertarik belajar, maka rasanya sulit untuk mempertahankan minat dalam belajar, selain itu dengan mendapatkan feedback kita bisa menentukan apa yang ingin kita buat selanjutnya.

Catatan: Artikel tips ini ditulis sesuai dengan pengalaman pribadi penulis, yang pengen share silahkanm juga menerima kritikan dan masukan juga.

Link berguna dan referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.