Ads

Kotak Pencarian

Ads

Kamis, 08 Maret 2012

[Tips] Agar Kuliah tidak Menjadi Membosankan

Seringkali kebanyakan dari mahasiswa yang sudah menempuh separuh pendidikan tingginya hampir merasakan bosan dalam aktivitas perkuliahan.

Dikarenakan banyaknya aktivitas mata kuliah yang menumpuk ataupun kekosongan mata kuliah yang membuat mahasiswa merasa malas mengikuti perkuliahan yang terlalu 'santai' sehingga dua hal diatas adalah penyebab utama atas masalah ini.

Disamping itu, ada banyak hal lain yang menjadi alasan malasnya seorang mahasiswa. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa tips yang ingin saya bagikan dipostingan kali ini:

  1. Ingat kembali untuk apa anda kuliah, jika anda memang berminat dengan jurusan yang anda ambil, maka otomatis anda akan tetap merasa semangat untuk masuk kelas.
  2. Cari kesibukan baru yang berhubungan dengan jurusan yang anda ambil. Misalnya anda adalah mahasiswa jurusan Bahasa Inggris, anda bisa memulai untuk mengintensifkan apa yang anda pelajari diluar kampus, seperti ikut kursus, membentuk kelompok belajar, ikut organisasi yang sesuai dengan bidang yang anda minati, atau lainnya.
  3. Mempertahankan atau menaikkan nilai IP (indeks prestasi), dengan motivasi tersebut, kita tentunya dapat meraih semangat tambahan untuk membuat kuliah kita tidak membosankan.

10 komentar:

  1. yah kalo memang malas tips ente ga mempan

    BalasHapus
  2. @Agung:

    lho, kok kamu tau ;x)p,..

    BalasHapus
  3. Kalo sudah jadi rutinitas, nyata ae muyak.
    Kalo q lagi muyak biasanya duduk di belakang, trus ngumpetin tas anak-anak yg lain ahaha...

    BalasHapus
  4. @Ilham Kudo:

    hahaha, makanya perlu libur, atau bolos sekalian..
    kurker nih ,mending motornya sekalian.

    BalasHapus
  5. wakakkakakaka, semoga tipsnya bisa saya coba di kehidupan nyata. yg jelas tiap inget dulu byar kuliah habis berapa, mau gak mau jadi semangat kuliah wakakakakakak

    BalasHapus
  6. @Ipah:

    Oh iya ya, kalau gratis atau murah mah banyak digampang-gampangin... hihi.. gw lupa poin ini

    BalasHapus
  7. Kalo menurut ane sih kita identifikasi dulu, apa core problem yang bikin kita males ato bosan kuliah, dengan identifikasi core problem yang akurat, kita lebih mudah memperbaiki itu semua.

    Dan hal yang terpenting (sesuai dengan pengalaman ane sih) adalah take time off,luangkan waktu untuk berlibur sejenak, rahat2an. Pernah dengar g cerita seorang penebang pohon yang bekerja ekstra tapi pohon yang ditebangnya tidak bertambah? Dan ternyata solusinya adalah berhenti sejenak untuk mengasah kapak yang telah digunakan ^^

    BalasHapus
  8. @Muslihzarth:

    wah mantep bro...
    btw, ane lagi bosan kuliah nih sekarang.. apapun jadi terlihar membosankan menurut ane... kayaknya gw perlu istirahat dlu ya.

    BalasHapus
  9. identifikasi dulu apa penyebabnya :) kalo memang karena overload istrahat solusinya, jangan sampe terlena juga sihh...tapi kalo penyebabnya putus cinta mah menurut ane take time off bukan solusi yang tepat^^V

    BalasHapus
  10. kunjungi juga ya mas http://tipsseputarkuliah.blogspot.co.id/

    BalasHapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.