Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Kamis, 24 September 2015

[Gaming] Clash of Clan; Game Sejuta Umat Musiman (Android)


 Satu bulan lalu, iseng-iseng gw nanya teman gw tentang apa sih asyiknya bermain Clash of Clan (COC), karena gw sendiri lebih senang bermain game offline. Bagaikan sales yang antusias menjelaskan produknya, dia mempunyai alasan kenapa gw harus mencoba game yang sebenarnya sudah gw kenal beberapa tahun ini namun terlalu malas untuk memainkannya. Setelah mencoba memainkannya setengah bulan dan mencapai setengah jalan (town hall 5), kali ini gw akan mereview game sejuta umat ini. 


Overview 

Dengan mengambil setting zaman pertengahan, pemain harus mengatur sebuah desa untuk dibangun dan dikembangkan menjadi sebuah desa yang doyan menjarah desa lainnya dengan membangun desa berbasis militer, karena ini bukan Sim City, jadi pemain harus berkompetisi dengan pemain lainnya untuk membangun desa secepat mungkin dan juga mengatur strategi ketika menyerang desa lain atau juga mempertahankan desa sendiri, dimana setiap pertempuran pemain bisa menjarah gold dan oil yang bisa digunakan untuk mengembangkan bangunan desa mereka ditambah lagi, peringkat desa pemain yang menang akan masuk kedalam liga yang disesuaikan dengan kelas tingkatan level bangunannya. 


Tujuan dari COC yang paling nampak adalah pemain harus mengupgrade bangungan utama (Town Hall) dari level 1 sampai 9 dimana setelah memasuki level 5 saja bagi gw mustahil untuk mencapai level selanjutnya tanpa harus login tiap saat untuk melakukan looting dan menyerang desa lain dengan item pas-pasan. 


Dilevel 5 gw berhenti main karena gw sendiri gak punya banyak waktu luang. Sebagian pemain COC kadang terlalu komersil dimana tujuan akhir sebenarnya akun bisa dijual seharga 750rb-an di online store. 


Gameplay 


Bermain COC memerlukan keterampilan mengatur waktu (khususnya mencuri-curi waktu) disela-sela kerja untuk membangun pasukan dan mengatur serangan, selain itu keterampilan bersosialisasi juga perlu jika kamu sudah masuk kedalam sebuah clan. Dan yang terpenting adalah kemampuan untuk memperhitungkan serangan kedesa musuh. Bermain COC gak bisa sembarangan, karena selain bisa saja kamu bisa dapet gangguan dari luar (dipanggil bos atau ibumu misalnya) pas looting atau war, kadang juga bermain di jaringan yang gak stabil seperti sering disconnect bakal membuatmu tambah frustasi. 


Audio 

Dari segi sound effect, COC tentu mempunyai efek suara yang sempurna tetapi berkesan tidak serius. Biasakan dirimu untuk mendengar bunyi dang deng dong pas login dan juga pertempuran pedang dan ledakan. Suara lenguhan ah uh oh juga salah satu sfx yang sering muncul. Tidak ada satupun karakter yang bicara dalam permainan ini. 

Graphic 


Memainkan COC dengan menilai grafik adalah suatu hal yang lumrah untuk dijelaskan kalau bahwasanya game ini dikembangkan oleh developer professional, so yang gw ditekankan disini adalah fitur Graphical Interface yang sangat mudah dipahami oleh kaum awan (gak heran semua bisa mainin game ini dengan cepat), ada beberapa sub menu dan fitur yang akan terbuka jika pemain mencapai level tertentu. Untuk di awal permainan, urusan mengatur tata letak kota dan strategi prajurit adalah urusan gampang untuk di atur. 

Fun 


COC adalah game yang seharusnya bisa membuat pemainnya lebih fun, in case bermain dengan teman, bikin clan dan dapat dukungan dari pemain lain adalah nilai lebih bermain COC. Satu hal yang perlu kamu perhatikan, jangan bermain satu tim dengan bocah. Untuk urusan etika, mereka kurang memperhatikan bagaimana sebuah komunitas bekerja. Creativity Ada puluhan game strategy berbasis nunggu (waktu) bertebaran di Android. Dan dalam beberapa tahun COC telah berhasil mempertahankan fan base pemain. Bermain COC bermanfaat untuk mengatur waktu dan strategi (dalam game). Bagi pemain, adalah sebuah kebanggaan ketika base mereka mempunyai desan yang unik tetapi mempunyai daya tahan yang kuat dari musuh. 

Honorable Mention 


Jika COC merupakan game yang sangat hip ditahun 2014-2015 selain Get Rich, maka dalam satu tahun ini game strategy Android didominasi oleh permainan yang harus memakan waktu yang lebih banyak karena pemain diharuskan untuk menunggu, bagus sih untuk melatih kesabaran. Satu hal yang gw perhatikan, bermain COC sebaiknya dihindari pada jam kerja karena gw perhatikan kebanyakan karyawan lebih memperhatikan dunia virtualnya ketimbang apa yang ada disekitar. Be wise player. K . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.