Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Sabtu, 01 Agustus 2015

[Monthly Note] Selesainya Skripsi dan Study setelah 5 Tahun Kuliah


Baru saja gw menyelesaikan salah satu tugas terpenting dalam hidup gw; yaitu menyelesaikan skripsi setelah berbulan-bulan menunggu, meneliti, merevisi, mendaftar persyaratan kesana kemari, dan akhirnya disidang dengan persiapan yang matang dalam menjawab pertanyaan dosen penguji dan juga skill yang diperlukan untuk menyampaikan hasil penelitian, kefasihan Bahasa Inggris dan juga ilmu berkomunikasi, in this case meyakinkan lawan bicara terhadap materi yang diujikan dengan percaya diri agar kiranya seperti yang dosen penasehat gw bilang jangan sampai nanti pas sidang dibantai dosen penguji. Dan hal seperti itu tak terjadi terhadap takdir gw.


Adapun skripsi gw membahas tentang kompetensi personal dan sosial dosen yang ada di fakultas gw belajar. Hasil penelitian quantitative memang memuaskan karena hampir semua dosen telah mendapatkan skor yang bagus dari para mahasiswa, tetapi tidak hanya itu gw juga mengumpulkan wawancara dari mahasiswa terhadap kompetensi seorang dosen yang ideal. Bagi gw pribadi, judul skripsi ini sangat aplikatif terhadap gw sendiri karena nantinya mungkin gw akan menjadi seorang guru/pengajar/tutor. Tidak hanya mempunyai kemampuan yang professional dan mampu mengajarkan materi dengan benar (pedagogik), kepribadian dan sosialisasi guru juga sangat penting dan menurut gw lebih penting karena keduanya adalah karakter yang dimiliki oleh semua manusia. 

Anyway, ini foto gw setelah selesai sidang dan para penguji dan teman gw yang hadir. Semua nampak senang dan riang gembira setelah gw membacakan presentasi hampir setengah jam dan juga berdebat dengan dosen penguji. 

Me and the groupies yang hadir.

Bersama dosen-dosen yang gw debat balik... hehe..
Bulan puasa tahun ini sudah gw lalui bersama keluarga sepenuhnya dengan kegiatan kurang lebih berikut, lima belas hari pertama setelah sahur ikut tadarus sekeluarga dua juz dalam sehari. Siangnya gw kadang jalan kekampus buat nyari bahan kuliah tambahan atau juga diam dirumah buat mengerjakan proyek Internet. Sore, berangkat ke warung buat buka disana soalnya ortu jualan lauk pauk berbuka tiap tahunnya. Malamnya, setelah buka shalat tarawih dirumah sama bapak yang jadi imam. Kadang gw bolos karena ikut buka puasa bareng sih.


Tadarus ditemani dengan kucing yang kesurupan...

Lebaran gak kemana-mana, pengennya sih jalan keluar kota tapi karena kemaren gw mendaftarkan sidang skripsi 2 minggu setelah hari raya, tentunya agak rumit juga kalau jalannya keluar kota, karena kadang gw keterusan dan lupa waktu kalau dah jalan. Mungkin beberapa bulan kedepan gw akan jalan lagi. Jadi lebaran kali ini cukup dirumah, nikmatin biskuit khong-guan dan monde sambil menyambut sanak keluarga juga jalan kerumah teman-teman. Sederhana aja.

Saat ini gw merevisi skripsi yang sudah disidang yang mana dalam satu minggu kedepan harus udah selesai. So, setelahnya gw tinggal menunggu wisuda yang katanya nanti diadakan bulan November. Tiga bulan berikut ini adalah saat gw mencari kerjaan sampingan terdahulu, rencananya sih jadi pengajar private Bahasa Inggris bonus mengaji. Selain itu, proyek internet gw juga harus jalan. Apalagi dalam blog dan Youtube, karena keduanya bisa menghasilkan dari paid posting dan juga advertisement video. Anyway, ini gaji pertama gw dari situs Youtube yang baru aja gw terima lewat Paypal. 

Setelah 4 tahun...

Rencananya, gw akan membuat konten secara teratur sampai satu season (25 episode = 5 bulan) dan setelah semuanya selesai, gw akan move on ke project lain yang berhubungan dengan dunia nyata karena gw setidaknya harus punya pekerjaan dimana ilmu yang sudah gw pelajari bisa berguna buat masyarakat. Sederhana aja.

2 komentar:

  1. haha enaknya udah sidang kuliah, pengen cepet nyusul, tapi masih lama. SMA aja belom kelar:3

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar ya dek.... selesaikan masa-masa mudahmu dulu di SMA. Kuliah tidak seenak waktu sma lho... apalagi mengerjakan skripsi.

      Hapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.