Ads

Kotak Pencarian

Ads

Rabu, 01 Juli 2015

[Monthly Note] Mendokumentasikan Hidup

Sepanjang yang gw ingat, sampai saat ini hal yang masih gw lakukan selain menulis blog adalah mendokumentasikan hidup baik menulis diary, menyimpan rekaman suara dan juga video. Ketika terlibat di organisasi olahraga kampus gw kebagian jatah sebagai seksi dokumentasi, pas sma dan nyantri gw bertugas di bidang minat bakat yang gak jauh dari pengarsipan kegiatan OSIS, balik lagi pas SD (tahunnya lupa) dulu gw masih ingat bikin jurnal harian tetapi berhenti pas buku gw dibaca salah satu teman sekelas, dia gak terima saat itu pas gw menulis semua kelakuan teman sekelas, padahal buku itu private dan entah kenapa ia bisa sampai baca. Akhirnya gw gak melanjutkan lagi menulis jurnal sampai masuk kepesantren.


Di pesantren ketika tahun tahun pertama, gw sudah lupa tentang membuat jurnal harian. Saat itu yang gw lakukan adalah menulis singkat seperti tweet dibatas pelajaran kitab setelah selesai belajar dikelas seperti "hari ini pulang kerumah", "ustadznya gak ngajar," dan "belajar setengah hari aja". Banyak lagi hal lain, tetapi cuma terbatas disitu aja sih.  Sampai gw aliyah, gw terlibat dalam organisasi sastra ala pesantren, disana karena waktu sangat banyak dan tahun senior merupakan perwujudan dari darah muda, gw berapi-api menulis, entah itu cerpen, puisi (yang pasti cringe worthy), dan juga jurnal harian. Dan tentu saja gw mulai membut blog.

Sayangnya, seperti kondisi blog-blog Indonesia sekarang, banyak menonjolkan berita-berita kopas atau tulisan tulisan klise dan malah bukan komentari atau pendapat pribadi. Blog yang gw tulis saat itu cuma tips dan trik menulis, pendapat nanggung, dan kadang posting hal yang bersifat pengalaman. Tapi meskipun begitu, satupun yang gw tulis bukan karya kopas. Semenjak lulus kuliah dan blog gw kena hack tahun 2010, gw jadi malas menulis dan vakum beberapa bulan. 

Dan sekarang gw masih meneruskan hobi gw satu ini, ada alasan kenapa gw masih menulis blog meskipun sebaiknya gw menulis atau cuma kopas tulisan tulisan bombastis berbumbu agama dan konspirasi buat mengejar traffic agar blog ini menghasilkan uang. Gw gak berpikir kearah sana, bagi gw blog adalah dokumentasi hidup secara online, selain gw dalam beberapa bulan ini menulis lagi jurnal secara offline. Membuat blog merupakan cara gw untuk menyimpan pemikiran dan juga membagi karya yang gw buat dalam satu waktu. Dan itulah kenapa gw merasa tidak perlu menguangkan sekuat tenaga agar blog ini punya nilai komersil, setidaknya ketika ada orang yang membacanya. Baik itu orang lain dan bagi gw sendiri, bisa jadi manfaat. 

Dalam beberapa hari, gw akan mengalami naik level dari 23 menjadi 24. Ritual tahunan untuk merayakan ulang tahun kali ini mungkin berbeda, kali ini gw akan merayakannya dengan dua adik gw, bulan lalu. Gw merayakan hut adik cowok gw yang sudah mapan dan dia meryakannya dengan gw dan adik ceweknya. Karena gw anak tertua yang mempunyai dua adik sih. Gw gak terlalu banyak berekpektasi tahun ini kecuali mendapatkan gelar sarjana dan kerja di bidang yang gw minati. Overall, gw masih bisa produktif pun sudah cukup. 

Ngomong-ngomong masalah gelar sarjana, draft thesis gw akhirnya disetujui dan nantinya akan disidangkan tanggal 27 juli nanti. Ini artinya bulan ini gw bisa santai untuk membuat draft proyek yang lagi gw kerjakan. I am the man who is in project :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.