Kotak Pencarian

Selasa, 24 Februari 2015

[Gaming] Ingress;Berperang di Dunia Nyata dengan GPS (Android)

Salah satu game yang gw masih pertahankan di Android hampir setahun belakangan adalah Ingress, sebuah game interaktif dimana kita harus berinteraksi didunia nyata untuk memainkannya dengan menggunakan fitur GPS dari perangkat Android. Game yang di kembangkan oleh Niantic Lab bekerja sama dengan Google ini merupakan game yang sangat sangat berbeda karena tidak hanya dari segi permainannya yang menarik, tetapi juga sangat berpengaruh kepada pemainnya dalam beraktifitas dan bersosialisasi.
 
Overview



Dalam permainan Ingress, pemain harus memilih salah satu dari dua kubu; The Resistance atau Enlightenment untuk menentukan faksi yang tidak bisa diganti jika sudah dipilih. Ceritanya, setelah muncul adanya energi asing yang tersebar diseluruh bumi telah membuat dua kelompok yang berseberangan dalam memutuskan apakah energi itu harus di hancurkan (The Resistance) ataukan dipertahankan (Enlightenment). 

Karena gw telah memilih faksi Enl, maka tugas gw harus mempertahankan energi murni dari serangan The Resistance. Dalam game ini pemain harus merebut portal yang berupa tempat / gedung publik, monumen, karya seni dan lainnya dari serangan faksi lawan dengan mendatangi portal tersebut dan memasang resonator untuk membuat jaringan antar portal seluruh kota bahkan dunia. 

Dengan menggunakan sistem leveling dan gameplay yang interaktif, pemain harus bergerak menuju objek yang muncul di layar berupa peta visual sebagai penunjuk jalan. Dalam game ini, pemain bisa berkomunikasi dengan pihak lawan ataupun kawan dengan menggunakan komunikator yang otomatis didalam daerah yang sama. 

Control 



Ingress mempunyai sistem interface yang mudah dipahami meskipun perlu waktu untuk terbiasa menggunakannya. Dalam memainkan ini, pemain harus berpindah-pindah mengikuti portal terdekat untuk mengambil alih atau menghancurkan portal lawan. Selain itu, pemain bisa mendapatkan senjata dengan meng-hack portal apa saja yang tersedia. Dalam bermain game ini, kamu bisa berjalan atau menggunakan kendaraan (meskipun sebaiknya bermain dengan berjalan kaki saja) agar sekalian olahraga untuk mencapai portal-portal yang tersedia.
Graphic



Nampaknya, Ingress akan menjadi game yang mempunyai tema futuristik pertama yang memberikan pengaruh bagi game lainnya yang akan muncul dimasa depan. Tampilan Ingress sangat keren dengan dominasi warna birunya. Jika kamu pernah memainkan Watchdog dan GTA, maka bersiaplah kedua elemen game ini diadopsi oleh Ingress dengan diri kamu sendiri sebagai pemainnya. Pada dasarnya, tampilan peta pada Ingress merupakan bentuk lain daripada Google Map. 

Sound



Background musik sangat matching dengan ambience permainan Ingress yang sangat technologic dan futuristic, ditambah dengan voice-over yang memandu kamu dalam mendengarkan progress permainan, serasa mempunyai asisten pribadi pokoknya. Sangat disarankan dalam bermain kamu menggunakan headphone untuk mendengarkan instruksi dan bgm yang sangat mempengaruhi mood bermain, terlebih lagi jika kamu punya playlist sendiri, mute saja musik dan mainkan playlist kamu. Salah satu album yang gw rekomendasikan sebagai musik pengganti bermain Ingress adalah album, The Field - From Here We Go Sublime : Link https://www.youtube.com/playlist?list=PLvV7AzWbml09pW542fBkIMfiOwNzZzOsB

Fun



Hal yang menyenangkan pada game ini adalah ketika kamu bersosialisasi dan berinteraksi dengan pemain lain didunia nyata karena dengan bekerja sama dengan satu faksi maka akan mempermudah kamu untuk memenangkan dan menaikkan level selanjutnya. Selain itu, Ingress bisa menjadi alasan kamu untuk bergerak melihat dunia nyata dan menemukan tempat-tempat (portal) yang mungkin kamu belum pernah lihat di kotamu. 



Salah satu pengalaman menarik gw ketika bermain Ingress adalah pas saat gw menghack sebuah portal di taman kota, ada orang yang datengin gw terus nanyain apa gw lagi leveling (naikin level), ternyata ia seorang pemain Ingress juga dan obrolan kami pun menjadi sangat menarik tentang bagaimana game ini mempengaruhi kami masing-masing. 

Creativity 



Bisa dibilang, konsep game yang disebut sebagai Augmented Reality seperti ini masih jarang dibuat karena memadukan dengan konsep exploring dan real-time battle online. Gw yakin, dimasa depan tentu game bergenre ini akan semakin banyak. Selain sebagai sebuah game yang populer didunia (di Indonesia mungkin kurang populer ketimbang COC atau Get Rich), Ingress mempunyai sisi lain yang menarik dimana pengembangnya sering melakukan event antar negara bahkan dunia untuk merebut object tertentu. Jika kamu search di Youtube tentang Ingress event diluar negeri, maka kamu mungkin akan menjadi bagian dari game ini. Sedangkan di Indonesia, sudah banyak sekali komunitas pemain Ingress antar kota dengan dinaungi komunitas khusus untuk setiap faksi, Englightenment Indonesia : https://plus.google.com/104177985010746584621



Karena gw berdomisili di Banjarmasin, sebagai faksi Enlightenment, gw pun membuat grup khusus untuk pemain ENL Banjarmasin, https://plus.google.com/communities/111647707063998343236

Notable Mention


Gw telah bermain Ingress selama satu tahun belakangan ini, meskipun Banjarmasin masih sangat sedikit pemainnya. Kadang gw merasa asyik bersaing dengan bertarung 3 lawan 1 dimana mungkin gw saat ini satu-satunya yang aktif bermain, kadang-kadang ada pemain luar daerah yang datang ke Banjarmasin. Gw sendiri dalam bermain tidak terlalu mengejar leveling karena misi gw bermain Ingress ingin menunjukkan spot-spot menarik yang ada di Banjarmasin. 

Salah satu fitur Ingress adalah pemain bisa menambahkan portal yang ia temukan dan mensubmitnya keservernya, sayangnya jangka waktu apakah portal yang kita kirim diterima atau ditolak memakan waktu hampir satu tahun lebih, saat ini hampir 60% dari portal yang gw submit telah tersedia beberapa di pusat kota. Tentunya gw sangat senang sih karena portal yang ditemukan atas nama kita sendiri. So, jika gw berhenti main suatu saat atleast, gw meninggalkan jejak. 

Satu hal lagi, kamu bisa menyaksikan langsung real time kondisi situasi portal yang tersedia melalui pc dengan mengakses link berikut : www.ingress.com/intel , sedangkan untuk Banjarmasin sebagai berikut : https://www.ingress.com/intel?ll=-3.307283,114.612838&z=13


Replayable : Yes
Rating : 5/5




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.