Kotak Pencarian

Selasa, 24 Desember 2013

[Gaming] Game Dev Story ; Game tentang Membuat Game (Android)

Ide tentang membuat sebuah game dalam game adalah sangat orisinal, game simulasi managemen seperti Game Dev Story adalah game pertama yang harus dicoba. Bagi yang bercita-cita ingin menjadi pengembang video game seperti gw, memainkan Game Dev Story setidaknya bisa memberikan gambaran dasar bagaimana cara membuat game dan memasarkan produk dalam industri ini.

Game DeV Story dikembangkan oleh Kairosoft pada perangkat Android maupun iOS pada 201, sebenarnya game ini terbilang cukup lama karenanya dulunya dirilis pada PC pada tahun 1997. Tentu saja, grafis bukan sesuatu yang diharapkan dalam game ini, tetapi gameplay-nya yang sederhana namun adiktif. Apa yang membuat seseorang kecanduan memainkan game ini adalah usaha untuk membuat game dalam 10 tahun dengan menggunakan skor penjualan dan juga selain itu menjadikan perusahaan game kita menjadi developer nomor satu.


Overview :

Selama permainan, kita diberikan waktu 14 tahun untuk mengembangkan sebuah perusahaan game yang harus kita kelola dengan membuat video game yang mana kita memperkerjakan karyawan yang terdiri dari Penulis Naskah (Creatifity), Programmer (Fun), Illustrator (Graphic) dan Music Producer (Audio). Keempat elemen diatas merupakan syarat utama untuk mencapai berhasilnya game yang dikembangkan, semakin tinggi poin pembuatan game yang diproduksi, maka kemungkinan hasil penjualan game akan meningkat. Tentu saja untuk membuat sebuah game yang sukses memerlukan uang modal dimana keasyikan bermain game ini adalah bagaimana kita mengatur pengeluaran dalam produksi game, kita dituntut untuk menggunakan uang secara bijak dengan membeli game kit development, mengontrak karyawan, training, dan juga promosi game. 



Menariknya lagi, timeline dalam game ini seperti mengikuti sejarah gaming didunia nyata, seperti diawal-awal kita hanya mampu membeli development kit Nintegro (parody Nintendo NES 8bit) hingga high-end console seperti MSX (parody Playstation) dan juga kita nantinya bisa mengembangkan console game tersendiri jika berhasil mencapai kesuksesan dimana parameter selain high-score, komentar kritikus, memenangkan award, dan promosi massive juga berpengaruh besar selama permainan.

Control :
Untuk game sederhana, kita hanya bisa memberikan perintah selama permainan. Kita tidak dapat mengontrol character dalam game. 

Grafis :

Tampilan dalam game ini terbilang tidak terlalu istimewa, karena lebih berorientasi kepada gameplay ketimbang grafis, tidak terlalu dipermasalahkan untuk sebuah game simulasi.



Sound :

Memainkan Game Dev Story dengan suara atau tanpa suara tidak ada bedanya, untuk menghemat baterai lebih baik mute saja perangkat anda. Sound yang ada didalam game ini hanya terdiri dari loops saja.

Fun :

Sediakan banyak waktu luang untuk memainkan game ini, setidaknya 10 jam jika ingin menyelesaikannya tanpa henti. Apa yang membuat menyenangkan dari Game Dev Story adalah ketika kamu ingin mencapai skor tertinggi dalam tiap penjualan game yang kamu kembangkan. Mungkin baterai 15% atau orang sekitar yang memanggilmu merupakan cara untuk berhenti memainkannya.


Creativity :
Bagi gw, pemain game dituntut harus kreatif apalagi seorang developer game. Game Dev Story memberikan pengalaman lebih untuk berkreativitas.

Replayable : Yes.

Game ENDING :)

Download Link :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.