Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Sabtu, 11 September 2010

[Komputer] Memulai Belajar Komputer untuk Pemula.

Sekarang ini kemampuan untuk mengoperasikan komputer sangat diperlukan dalam banyak lapangan pekerjaan seperti urusan kantor maupun administrasi. Menggantikan mesin tik, salah satu fungsi komputer yang paling banyak digunakan adalah kemampuannya dalam urusan mengetik.
Selain itu, didukung perkembangan kemajuan internet. Komputer juga menjadi alat komunikasi baru yang membantu kita untuk berkomunikasi dengan jaringan internet seperti chatting ataupun situs jejaring sosial.

Bagi yang ingin belajar komputer, ada beberapa tips agar anda bisa mengenali dan memahami sistem kerja komputer.

Komputer dalam bahasa sederhananya adalah alat untuk memasukkan data-data untuk disimpan dan diperlukan nantinya serta menghubungkan jaringan untuk berkomunikasi dan saling bertukar data.

Beberapa tips yang saya ingin bagikan dalam mempelajari ilmu komputer secara umum.

1.  Kenali perangkat komputer.

Apa saja perangkat komputer? Tentu kita mengenali apa itu layar monitor, cpu, keyboard, mouse dan sebagainya sebagai perangkat komputer, dan ini dikategorikan sebagai perangkat keras (Hardware). Selain perangkat keras, komputer juga memiliki perangkat lunak (Software) ialah aplikasi pendukung dalam memproses data dengan komputer, seperti aplikasi Microsoft Word yang berguna untuk mengetik.

Dengan mengenali perangkat komputer, ini menjadi modal awal untuk menguasai komputer. Disarankan anda juga mengetahui cara perawatan perangkat komputer tersebut sebelumnya. Agar tak kesulitan jika ada masalah dalam menggunakan komputer nantinya.

2. Bersahabatlah dengan istilah-istilah komputer dan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Umumnya, bahasa yang paling sering digunakan dalam komputer adalah Bahasa Inggris. Tentunya, jika anda ingin mudah memahami sesuatu maka pahamilah bahasanya. Dengan mengenali bahasa itu sendiri, kita jadi dimudahkan untuk berkomunikasi dengan komputer nantinya. Komputer tak bisa bicara, tapi dia bisa menuliskan kata-kata. Pahamilah kata-katanya.

Selain bahasa, anda juga harus familiar dengan isitilah-istilah dalam bidang komputer, seperti apa itu Software, Hardware, Cpu, dan lainnya. Untuk itu anda bisa memperlajari istilah ini dibanyak buku-buku komputer.

3. Berani mencoba.

Untuk memperlajari komputer, sebenarnya jika anda belajar secara otodidak (tanpa pengajar). Hal itu bisa saja dilakukan dan saya menganjurkannya. Anda bisa mencoba sendiri bagaimana komputer itu bekerja dengan beberapa batasan dan juga bacaan-bacaan pendukung/referensi. Mencoba bukan berarti langsung bisa, tetapi dengan mencoba kita belajar untuk bisa.

Dalam mencoba menggunakan perangkat komputer, dianjurkan anda mempunyai teman yang mahir komputer dan bisa mengawasi percobaan anda. Tentu saja, tak mesti ia duduk disamping anda. Jadikan sebagai tempat untuk bertanya dan diskusi.

     Itulah beberapa tips bagaimana memulai untuk belajar komputer secara garis besar yang saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat!

Ever posted at Senin, 27 Juni 2010 05.56 AM

1 komentar:

  1. terimakasih untuk tutorialnya, sangat bermanfaat sekali buat saya yang masih baru belajar komputer

    BalasHapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.