Kotak Pencarian

Rabu, 09 November 2011

[Artikel] Midi Controller Nanokorg Series 2, Midi Murah Portable

Sebenarnya sudah 3 bulan sudah gw membeli barang idaman gw ini. Adalah Midi controller kecil dari Korg dengan seri bernama Nanokorg, Nanokorg adalah satu set controller yang digunakan untuk membantu kita untuk membuat musik digital lewat pc/laptop. Nanokorg sendiri terdiri dari 3 set yang dijual terpisah, terdiri dari Nanokey (Keyboard controller), Nanopad (Drumpad controller), dan Nanokontrol (Knob dan Fader controller).

Dibandrol 600-700 ribuan persetnya, jadi menurut pengalaman gw yang udah berusaha untuk mengumpulkan duit untuk membeli kontroller ini,  barang ini masih terjangkau bagi mahasiswa yang mau bekerja keras jualan pulsa dan online atau nyisihin uang jajanannya untuk beberapa bulan. *pengalaman pribadi ")

Nanokorg sendiri sebenarnya didesain khusus untuk software Ableton, apalagi pada Nanokontrolnya. Karena gw masih belajar menggunakan Fruity Loop, ada beberapa hal yang membuat gw bingung dalam masalah konfigurasi kontroller dan pad di Fruity Loop.





Tidak seperti yang gw duga sebelumnya, bahan setiap dari kontroller ini adalah plastik seperti mainan sehingga sangat ringan untuk dibawa kemana saja, meskipun begitu, adapun karet yg digunakan pada Nanokey dan Nanopad sangat flexible dan sensitif sehingga kesan mainan dari kontroller ini hilang. Ukurannya pun terbilang ergonomis, ketika gw sandingkan dengan laptop Axioo MNC, ternyata ukurannya pas.



Dengan sistem USB plug and play, cukup mudah untuk langsung menggunakan kontroller ini karena tidak memerlukan driver  tambahan. Tetapi kekurangannya kabel konektor yang terlalu panjang agak mengganggu dalam penggunaan.


Selebihnya pada kontroller ini adalah bahwa kita bisa mendownload software tambahan diwebsite KORG untuk bisa mengkonfigurasi kontroller dan merubah settingannya, selain itu, kita bisa memasukkan nomor kupon diskon pembelian software resmi lisensi Ableton dan Toontrack Ezdrummer melalui software yang kita download tadi karena ternyata disetiap box kontroller ini menyediakan selembar kertas kupon potongan diskon dan lisensi gratis untuk mendapatkan beberapa software musik. Saya sendiri belum menggunakannya karena bingung mau membeli lisensi kedua software diatas nampaknya ribet sekali.


Kesimpulannya: Jika perlu controller yang terjangkau dan mudah dibawa, ambil aja Nanokorg Series, sangat matching dengan ukuran laptop, mudah digunakan, dan kelihatan futuristik.

Video Review On Youtube:

 

Cek Proyekan Musik saya: di http://www.reverbnation.com/qoresynth