Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Selasa, 09 Agustus 2011

[Artikel] Tentang Memelihara Tanaman


 Banyak orang yang tidak menyadari bahwa tanaman adalah merupakan makhluk hidup yang mempunyai perasaan seperti hewan. Meskipun tanaman terlihat selalu diam dan tidak bergerak sama sekali. Pertumbuhan tanaman yang terlihat dari berkembang buah atau bunganya bisa menjadi petunjuk terhadap perasaan sebuah tanaman.


Kali ini kita akan membicarakan tentang tanaman, sebuah makhluk hidup hijau yang tumbuh dimana saja. Lebih spesifik lagi, kita membicarakan tentang tanaman peliharaan. Berbeda dengan binatang peliharaan, memelihara tanaman bisa menjadi lebih menyenangkan dan menantang tetapi tidak membuat banyak kesibukan dalam perawatannya.

Apa yang menyenangkan dari memelihara tanaman? Selain kita bisa melihat tumbuhan kita terus tumbuh setiap harinya, kita bisa bermain-main dengan tanaman kita. Selain hewan, seperti yang saya sebutkan dalam paragraf pertama. Tanaman juga punya perasaan. Dengan mengajaknya sedikit bicara yang bernada positif, pertumbuhan tanaman akan lebih cepat menghasilkan bunga atau buahnya. Sebaliknya, jika kita jika anda memberikan sedikit kata negatif seperti membentak atau mengejek, tanaman juga merasakannya.

Selain mengajak sedikit bicara,*tentunya pembicaraan monolog dan terlihat gila. Memberi makan tanaman tidak membutuhkan biaya banyak, cukup membutuhan air segar yang diberikan 2 kali sehari atau kapan saja anda mau. Yang penting tetap menjaga tanaman tersebut tetap dingin dan segar. Mudah sekali bukan?

Dua tanaman peliharaan saya; 
Terakhir, ada sedikit dialog dari cuplikan dari film yang saya pernah dengar. Seorang anak pernah bertanya kepada orang tua yang selalu membawa tanaman kemana saja. "Kenapa anda memelihara tanaman?" Kata anak itu. "Karena tanaman adalah teman yang tidak pernah mengeluh dengan keadaan anda." Jawabnya, singkat namun memberi sedikit penjelasan tentang postingan blog saya kali ini. Bagaimana dengan anda?

18 komentar:

  1. semoga dua tanaman anda saat ini tidak bernasib sama dengan tanaman anda yang dulu.KERING

    kalo saya mah d rumah punya banyak taneman

    BalasHapus
  2. @Agung"

    Hahaha, kayaknya gak sih, soalnya yang ini potnya kaca, kalau yang kemaren sih dari tanah liat, trus potnya kecil pula, jadi air sulit meresap.

    tanaman yang kamu sering ajak bicara ada?

    BalasHapus
  3. @Qory :
    tanaman yg ku ajak bicara kdd kena disangka orang gila autis

    BalasHapus
  4. @Agung:

    itu mun ikam dihadapan orang, coba pas sunyi... ikam memberi perhatian lawan tanaman gen lwat wajah sudah bisa disebut komunikasi

    BalasHapus
  5. ternyata tanaman juga punya perasaan :D

    perlu di pupuk juga ga sob ?

    BalasHapus
  6. @Rahmat:

    itu cuma perasaan saya kok... , gak perlu kayaknya, masih kecil.. saya tidak kasih makan t*kai, bro, hehe

    BalasHapus
  7. terang aja tanaman gak pernah mengeluh, la wong kitanya yg gak bs dgr keluhan mereka...

    seperti yg km bilang, mreka jg makhluk hidup, so pasti kalo mreka bs brbicara,byk keluhan mungkin akan kita dgr, malah lbh byk lg.
    bayangin aja, planet bumi kita yg dulu hijau, skrg menjadi tandus karna ulah siapa coba?

    BalasHapus
  8. wah, tanaman yg km plihara itu, bunganya cakep tuh sob...
    apalagi kalo tumbuh terhampar luas, bkn di pot sob...dihalaman rumah gitu

    BalasHapus
  9. bagus qor...tanaman juga bisa memberikan kesejukan, dan memberikan hal yg positif...apalagi tanaman yg berbuah..lebih mengasik kan lagi...kalo dia sudah berbuah...Go green!


    eh qor minta nomor nyawa pnk...

    BalasHapus
  10. @Penghuni:

    saya pikir kita bakal medengar keluhan mereka dengan berbagai bencana. tunggu waktunya, jika kita tak memahami keluhan mereka.

    @Science:

    itu bukan halaman rumah, itu loteng, sob. pelihara dua dulu. kemaren berbunga, merajuk dia.

    @Bana:

    tanamanku kada berbuah, tapi brbunga, siapa yang handak memakan kembang?

    minta ja lawan ithay.

    BalasHapus
  11. Posting tentang lingkungan nih yee...

    hehe. Eh Qor gimana perayaan ultah kontra yg ke 4??

    BalasHapus
  12. Tanamanku yg ada di atas lemariku bunga edelwis namax Qor ae, ato yg biasa disebut orang bunga abadi. Biaya perawatanx paling murah sedunia, soalx dy ga butuh apa" bahkan aer sekalipun. Malah kalo dikasi aer dy bisa mati. Cocok bgt sma aq yg mles miara sesuatu tapi pengen pux piaran ahaha.....

    BalasHapus
  13. @Arief:

    bukan, tntang tanaman..
    untuk ultah ya gak terlalu macam-macam, mungkin pnggantian template yang lebih fresh nantinya

    BalasHapus
  14. Baik nanam mangga, kawa dimakan buahnya.

    BalasHapus
  15. @Zian:

    eeh, itu tanaman ku andak diatap rumah, Banjarmasin udah sempit, gak bisa lagi nanam mangga

    BalasHapus
  16. @Qori:
    Bukannya Banjarmasin yang udh sempit, cman sebagian termasuk kawasan rumah km yang begitu.

    BalasHapus
  17. Hahahaha...

    Nah, banostalgia banasan nag kya di Pondok jadinya Qor ai nah, napang Ilham Welle nang pina pandiam cacaringit bnar pinanya, hehe

    BalasHapus
  18. @Ilham:

    Maksudku Banjarmasin daerah pekapuran, haha :) mun daerah ikam kawa ai nanam mangga tuh.

    @Arief:

    apa maksud ikam??? aku kada ngarti?? Oot neh,

    BalasHapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.