Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Sabtu, 10 Desember 2016

[Interview] Belajar dan Sharing Tentang Berlatih Beatbox dengan U-liz

Seni beatbox sangat identik dengan kultur hip hop teknik memainkan musik dengan organ tubuh mulut ini sangat diminati oleh banyak kalangan khususnya anak muda ada banyak tutorial tentang bagaimana teknik berlatih dan mempraktekkan seni yang agak sulit dilakukan ini. Gw sendiri punya teman yang mendalami seni beatbox dan terjun kedalam panggung hiburan lokal selama beberapa tahun belakangan, interview kali ini gw akan melakukan tanya jawab apa saja sih seluk beluk beatbox dan metode latihan yang bagus selain rekomendasi mulai dari mana kita belajar beatbox.

Q : Bagi kamu beatbox itu bisa didefinisikan seperti apa sih? 
A : Kalo saya sih simple, Beatbox adalah seni musik yang dikeluarkan oleh mulut. Pada umumnya beatbox bisa menirukan basic drum seperti kick, snare, dan hi-hat. Basic beatbox biasanya identik disebut dengan BTK yang diartikan adalah kick (B), hi-hat (T), dan snare (K) 

Q : Kenapa kamu mengambil jalur beatbox? bukan hiphop atau DJ? 
A : Karena saya sendiri sebelumnya gak tau apa itu hip hop, apalagi dulu saya gak ngerti Dj, taunya cuma lagu lagu pop indonesia. Untuk beatbox sendiri saya taunya dari teman saya Bana yang bermula bisa menirukan musik Mario Bro's. Disitulah saya mulai mengatakan beatbox itu 'keren', akhirnya saya ingin mencoba belajar beatbox juga. 

Q : Bagaimana kamu memulai belajar beatbox? 
A : Kalo ini sih paling mengesankan banget. Dulu saya belajar cuma dari bana karena tidak punya media hp, kalo pun ke warnet dulu saya gak tau gimana cara bukanya di Youtube ditambah dulu beatbox cuma sedikit yg ada. Jadi saya belajar dengan Bana 1 teknik satu bulan, mengingat bana dulu sedang sekolah di pesantren. Jadi bana pulang ke rumah 1 hari aja dalam sebulan. Nah di sana saya sangat memanfaatkan banget untuk menyita waktu bana agar bisa belajar beatbox kalo sudah pulang.

Q : Bagaimana proses kamu mempelajari beatbox itu sendiri? Hal yang paling sulit? 
A : Kalo prosesnya sih gak nentu, waktunya gak nentu, walaupun sering belajar, atau ber-jam jam bisa jadi juga belum bisa. Biasanya dari pengalaman saya kalo ingin cepat bisa satu tehnik, buka video yang menampakkan mulutnya yg melakukan tehnik ingin dipelajari, terus ulang-ulang kalo bisa sampai bosan. Nah biasanya saya dapat melakukannya dalam waktu cepat. Tapi sekali lagi itu sih cuma trik saya. Setiap personal beatboxing memang bervariasi gimana mereka belajar. Terus bicara tentang bagian sulit bagi setiap beatboxing juga selalu ada dan berbeda beda bagian sulitnya. Kalo saya sendiri mengantisipasinya, menyerah aja dibagian paling tidak bisa, fokus kembangkan yg bisa dilakukan.

Belajar Beatbox dengan Ulis [klik disini]

Q : Teknis seperti apa yang kamu terapkan dalam latihan? 
A : Semua Beatboxing termasuk saya teknik mengembangkan latihan beatbox yakni perbanyak nonton video beatbox terupdate sekarang 

Q : Manfaat apa saja yang kamu ambil dari berlatih beatbox? 
A : Manfaatnya yang pastinya keren, melatih analisis otak, bisa jadi artis walaupun cuma lokal, dapat duit, menghibur diri sendiri, cara supaya cepat dapat pacar, dan lain lain.

Q : Bisa ceritakan tentang salah satu pengalaman kamu bermain live yang paling mengesankan? 
A : Kalo mengesankan sih ingat cuma perfom dengan Sheila on 7, dimana jantung berdebar kencang melihat ribuan menonton 

Perform

Q : Untuk pemula, apakah menurut kamu yang paling utama untuk memulai karir sebagai beatboxer? A : Tergantung sih, kalo pemula gak ada teman sharing dan cuma latihan di rumah yah pastinya untung untungan karirnya, paling mentok mentok awal karirnya perfom di sekolah kalo dia seorang pelajar. Sedangkan jika dia pemula tapi ada tempat sharing dan ada komunitas biasanya karirnya bisa meningkat untuk segi beatbox sama segi famousnya. 

Q : Siapa saja sih pengaruh / influence beatbox favorit kamu? 
A : kalo saya termasuk penggemar idola yang cukup istiqomah, padahal hal ini sangat buruk. Ini bisa memperlambat progress skill sendiri. Makanya jangan ikutin saya hehe, kao bisa ikutin banyak beatbox handal. Dan ngomong soal idola saya sejak awal sampai sekarang urutannya yakni Daichi, Felix Zenger, Robeat, Reeps One, dan Alem, sedikit aja kan. 

Q : Ide gila apa yang ingin kamu lakukan dengan beatbox? 
A : Kalo sejak dulu sih ide yang paling gila nge Beatbox pake mic kaya nempel dipipi terus sambil breakdance Windmill. Mungkin sampai sekarang itu ide gila yang belum pernah ada saya liat. 

Q : Selain beatbox, apa saja sih skill yang harus dipelajari? 
A : Kalo belajar skill sih ada beberapa untuk bidang lain, yakni seperti gitar, nyanyi, rap, dan bahasa inggris. Q : Tips apa saja yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca yang ingin memulai beatbox? A : Kalo tips dari saya sih yang penting gak nyerah belajar dasar beatboxnya (BTK) kalo udah bisa, pasti yang lainnya ngikut juga. Selain itu banyak-banyaklah nonton video beatbox. 

Q : Apa impian kamu dalam berkarir dalam beatboxing? 
A : Impian saya yang penting bisa jadi artis, dan sekarang udah tercapai walaupun lokal dan tidak terlalu terkenal. Tinggal mencari jalan agar bisa meningkatkan impian yang sudah ditangan 



Q : Bagaimana tanggapan kamu tentang masa depan style musik beatbox itu? 
A : Sekarang style musik beatbox perkembang pesat dan gila sekali. Karena sekarang saya udah jarang latihan, melihat perkembangan beatbox sekarang, sepertinya mindset kepala saya harus diubah lagi seperti pemula agar bisa semangat belajar kembali. 

Q : Saran kamu buat blog Qorisme.com ? 
A : Nah sekarang buat Qorisme.com adalah tingkatkan terus postingan-postingan yang bermanfaat. Karena banyak tulisan-tulsan Qorisme.com menarik yang ditunggu orang. Saya sendiri sering liat update dan baca postingannya, isinya unik dan menarik. Karena isinya umum, jadi semua pembaca bisa menikmati bacaannya, entah itu tentang tips, tutorial, review, ataupun tentang pengalaman penulisnya sendiri. Sekian dari saya. Regard, Ulis Arman Sasiwu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.