Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Jumat, 24 April 2015

[Gaming] Prison Life RPG (Android)

Dalam bermain game rpg (role playing game), biasanya identik dengan cerita bertemakan Fantasy atau Hero yang menyelematkan dunia dari ancaman kekuatan jahat. Tapi tidak dengan game yang gw mainkan akhir akhir ini, dengan mengambil unsur permainan rpg tetapi dengan setting penjara. Prison Life RPG dapat membuktikan bahwa game rpg tidak harus tentang melawan monster dan menaikkan level berjam-jam. Tetapi malah mengatur strategi untuk bertahan dalam permainan yang membutuhkan strategi dan perhitungan dalam menyelesaikan misinya.



Overview


Dalam Prison Life RPG, psmain dapat memilih satu dari puluhan karakter yang tersedia dengan kemampuan dan tujuan (misi) yang berbeda-beda. Pada dasarnya, karakter yang pemain pilih juga harus merencanakan kabur dari penjara atau menunggu masa hukuman berakhir. Tiap karakter diberikan waktu yang berbeda-beda sehingga nantinya jika telah menyelesaikan misi pribadi, maka seterusnya pemain bisa menyelesaikan permainan dengan menyusun strategi untuk kabur.


Tidak seperti game rpg pada umumnya, pemain mempunyai 3 bar indikator yang terdiri dari Happiness (Kebahagiaan), Energy (Tenaga), dan Health (Kesehatan) yang harus dipertahankan semaksimal mungkin. Karena ketiga unsur tersebut akan sering berkurang ketika pemain menjalani aktivitas harian dalam penjara. Kebahagiaan akan berkurang jika pemain di palak oleh penghuni penjara lain, Tenaga akan berkurang jika pemain bekerja (untuk mendapatkan uang), dan kesehatan akan berkurang jika pemain di hajar oleh geng penjara atau menantang mereka berkelahi dan kalah (ketika memalak penghuni penjara lainnya).


Pemain bisa berinteraksi dengan penghuni penjara lainnya, seperti merekrut tim untuk kabur, bergabung dengan 4 geng yang tersedia, dan juga mempelajari skill tambahan. Uang juga merupakan masalah yang harus diperhatikan, karena pemain bisa membeli item yang terdiri dari makanan (energy) tambahan, senjata untuk memalak dan membunuh (jika karakter yang dipilih merupakan karakter tangguh), menyuap sipir (untuk mengganti pekerjaan), berjudi dan bertaruh untuk melipat gandakan penghasilan dan juga membeli skill tambahan. 


Dalam permainan, karakter akan menghabiskan waktunya pada 6 lokasi yang berurutan, di ruang lapangan penjara (pagi), ruang makan siang, dalam gedung (sore), kamar mandi, dan sel pribadi (malam). Tiap lokasi mempunyai fitur yang berbeda, entah itu melakukan misi, membeli item, dan juga mengupgrade skill. Selain lokasi tersebut, ada juga tempat kerja, klinik dan solitary room (ruang pengasingan dimana jika napi melanggar aturan akan dikirim kesini).


Control


Dalam permainan, pemain menggunakan perintah bar sederhana yang tersedia, terdiri dari komunikasi (berbicara dengan penghuni lain), bekerja atau idle (nganggur), memeras dan bullying, melihat item dan misi, dan juga perencanaan untuk kabur. Tiap tindakan akan mengurangi energy dan waktu yang tersedia. Jadi pemain harus memperhitungkan tindakannya sesuai kemampuan karakter masing masing. Setiap berinteraksi, tugas kita hanyalah menekan tombol continue karena unsur game rpg dimana interface menunjukkan grafis angka.

Graphic

Meskipun grafisnya agak terlalu kartun, desain karakternya mempunyai ciri khas yang unik. Game ini nampaknya mengambil ide dari serial tv Prison Break dimana sebagian karakter dan sipirnya mirip dengan karakter serial tv tersebut dengan nama yang diparodikan, bahkan hampir semua karakter napi ada dalam game ini dan mempunyai misi yang sama persis dengan serial tvnya seperti perencanaan kabur dari penjara dengan merayu dokter wanita di klinik, menggunakan cairan kimia, menyabotase, menyuap sipir dan merekrut karakter lain. Tidak hanya sebatas Prison Break, beberapa karakter diambil dari referensi popular culture seperti Batman, Homer Simpson, Terminator, dan lain lain. 


Sound

Untuk sound effect, Prison Life RPG mempunyai sfx yang konsisten dimana text adalah cara untuk berkomunikasi dengan karakter lain dengan sfx sederhana seperti hi, mumbling,  sendawa, dan whaaaat. Setiap kali melakukan tindakan, sound efek sangat fit dengan emosi pemainnya, seperti efek menang dan kalah yang menurut gw memberikan pengaruh dalam mood bermain. Pada musik bgm, nampaknya akan menjadi membosankan jika kalian memainkannya berjam-jam meskipun tiap lokasi mempunyai bgm yang berbeda.

Fun


Hal yang menyenangkan ketika bermain tentu ketika karakter kita dapat mengalahkan tantangan dan juga mempertahankan 3 bar utama agar stabil. Selain itu mendapatkan uang dan membeli item merupakan kesenangan tersendiri ketika karakter yang kita pilih entah itu tipe loser (kemampuan komunikasi, berjudi, mencuri, dan intelegensi) atau tipe killer (kemampuan bully, threaten, dan membunuh) menghasilkan uang dari skill yang kita punya. Selain itu juga karakter bisa menambah skill baru untuk melancarkan aksinya. Last, kepuasan ketika berhasil melakukan rencana kabur yang memerlukan item dan persyaratan tertentu karena meskipun tiap karakter mempunyai kelebihan masing-masing, mereka akan memerlukan karakter lain untuk bekerja sama.


Creativity

Prison Life RPG mungkin merupakan game paling kreatif dalam memadukan rpg sederhana dengan memanfaatkan penasaran dari pemainnya yang termotivasi untuk menyelesaikan misi personal tiap karakternya. Game ini akan memerlukan berhari-hari untuk menyelesaikan semua karakter yang ada. Ketika gw bermain salah satu karakter, gw menghabiskan waktu 5 jam lebih untuk menyelesaikan misinya, sekarang bayangkan seratus karakter kali 5 atau 3 jam. Overall, gw telah menyelesaikan 10 karakter yang tersedia dan ini meninggalkan kesan bahwa game ini sangat recommended bagi penggemar game rpg. 


Rating : 5/5
Replayable : Yes

Menamatkan Michael Scofield

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.